UNTUK INDONESIA
Daftar 33 Calon Menteri Jokowi Jilid Dua
Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan nama-nama menteri kabinet kerja jilid dua telah selesai disusun.
Ilustrasi menunggu telepon Jokowi untuk jadi menteri. (Foto: Instagram/Presiden Joko Widodo)

Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan nama-nama menteri kabinet kerja jilid dua telah selesai disusun. Presiden berjanji bakal mulai memperkenalkan nama-nama tersebut pada Senin dan Selasa, 21-22 Oktober 2019 dan mengumumkan secara resmi susunan kabinet pada Rabu, 23 Oktober 2019.

Senin pagi, satu persatu tokoh yang diprediksi bakal diangkat menteri oleh Jokowi, mulai berdatangan ke Istana Kepresidenan Jakarta. Berikut Tagar rangkumkan nama-nama para tokoh dan prediksi pos kementerian berdasar latar belakangnya.


Mahfud MDAnggota Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Mahfud MD melambaikan tangannya saat berjalan memasuki Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin, 21 Oktober 2019. (Foto: Antara/Wahyu Putro A)

1. Mahfud MD

Tokoh yang pertama kali datang ke kawasan Istana Kepresidenan pada Senin, 21 Oktober 2019 adalah mantan Ketua Mahkamah Konstitusi Mohammad Mahfud MD. Pria kelahiran Sampang, Madura itu tiba di halaman istana sekitar pukul 09.34 WIB.

"Saya dipanggil, tidak tahu acara apa," kata Mahfud saat memasuki Kompleks Istana kepresidenan, Jakarta, Senin, 21 Oktober 2019.

"Saya enggak tahu, enggak tahu," ucapnya.

Mahfud MD merupakan politikus, akademisi dan hakim yang pernah menjabat sebagai Ketua Mahkamah Konstitusi periode 2008-2013 dan Hakim Konstitusi periode 2008-2013. Sebelumnya, ia juga pernah menjadi anggota DPR.

Ia juga sempat menjabat Menteri Pertahanan dan Menteri Kehakiman dan Hak Asasi Manusia Indonesia pada Kabinet Persatuan era Presiden Gusdur. Selain itu, peraih gelar Doktor Ilmu Hukum Tata Negara, Universitas Gadjah Mada itu juga dikenal aktif mengajar di UII Yogyakarta.

Menilik rekam jejak pengalamannya, Mahfud MD diprediksi bakal mengisi pos Kementerian Hukum dan Ham di Kabinet Kerja jilid dua periode 2019-2024, atau menjabat sebagai Jaksa Agung.

Nadiem MakarimSalah satu pendiri yang juga CEO Gojek Nadiem Makarim melambaikan tangannya saat berjalan memasuki Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin, 21 Oktober 2019. (Foto: Antara/Wahyu Putro A)

2. Nadiem Makarim

Tokoh kedua yang datang ke kawasan Istana Kepresidenan pada Senin, 21 Oktober 2019 adalah Nadiem Makarim. Sosok berlatar belakang profesional ini tiba di halaman istana sekitar pukul 10.20 WIB.

"Sudah pasti posisi saya di Gojek sudah mundur," ucap Nadiem di Kompleks Istana Kepresidenan, Senin, 21 Oktober 2019.

"Terhitung hari ini, sudah sama sekali tidak ada posisi maupun kewenangan, kekuasaan apapun di Gojek," tuturnya.

Nadiem Anwar Makarim merupakan tokoh pengusaha sukses asal Indonesia pendiri Gojek, sebuah perusahaan layanan transportasi daring yang telah beroperasi setidaknya di empat negara, yakni Indonesia, Singapura, Thailand dan Vietnam.

Hingga saat ini, Gojek telah memiliki setidaknya 17 anak perusahaan, baik yang didirikan sendiri maupun yang mereka akuisisi. Perusahaan dengan nilai valuasi $ 9,5 miliar itu diketahui juga memiliki setidaknya 17 layanan yang tertanam di aplikasinya.

Melihat rekam jejak pengalaman dan kemampuannya, Nadiem Makarim diprediksi bakal mengisi satu pos kementerian baru, yakni Kementerian Ekonomi Digital di Kabinet Kerja jilid dua periode 2019-2024, atau menjabat Kepala Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf).

WishnutamaPendiri NET TV Wishnutama melambaikan tangannya saat berjalan memasuki Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin, 21 Oktober 2019. (Foto: Antara/Wahyu Putro A)

3. Wishnutama

Tokoh ketiga yang datang memenuhi panggilan Presiden Jokowi ke Istana Kepresidenan pada Senin, 21 Oktober 2019 adalah Komisaris Utama NET Mediatama Televisi Wishnutama

Seusai bertemu presiden, Wishnu mengaku ditawari Jokowi untuk mengisi salah satu pos kementerian di kabinet kerja jilid dua.

"Saya kebetulan tadi bapak menyampaikan saya diminta membantu beliau. Kira-kira untuk meningkatkan kemampuan kreativitas di Indonesia. Lalu juga meningkatkan devisa" kata dia di Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin, 21 Oktober 2019.

Baca juga: Tito Karnavian Diberhentikan Jokowi untuk Jadi Menteri?

Wishnutama Kusubandio dikenal sebagai sosok dibalik layar industri pertelevisian nasional. Memiliki rekam jejak mentereng di industri media tanah air, pada tahun 2013 lalu ia mengambil keputusan besar untuk mendirikan sendiri perusahaan televisi NET Mediatama dan duduk sebagai komisaris utama.

Kemampuan tersebut juga dibuktikan kala lulusan Emerson College, Boston, Amerika Serikat itu didaulat Presiden Jokowi untuk memegang jabatan Direktur Kreatif Opening dan Closing Ceremony Asian Games 2018.

Melihat rekam jejak pengalaman dan kemampuannya, Wishnutama diprediksi bakal mengisi pos Kementerian Pemuda dan Olahraga di Kabinet Kerja jilid dua periode 2019-2024, atau menjabat Kepala Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf).


Erick ThohirPengusaha Erick Thohir melambaikan tangannya saat berjalan memasuki Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin, 21 Oktober 2019. (Foto: Antara/Wahyu Putro A)

4. Erick Thohir

Pengusaha pendiri Mahaka Group Erick Thohir, menjadi tokoh keempat yang menyambangi Istana Kepresidenan Jakarta, pada Senin, 21 Oktober 2019. Mantan Ketua Tim Kampenye Nasional (TKN) Jokowi- Amin itu tiba di halaman istana sekitar pukul 11.14 WIB.

"Dengan segala kerendahan hati, background saya swasta, sama seperti Nadiem Makarim dan Wishnutama, tidak pernah berkecimpung di pemerintahan," kata Erick Thohir seusai bertemu Presiden Jokowi di Istana Kepresidenan Jakarta, dikutip dari Antara, Senin, 21 Oktober 2019.

"Tapi beliau (Presiden Jokowi) memaparkan pemikiran beliau yang saya rasa kita semua wajib membantu dan ini sesuai pidato kemarin, ini buat rakyatlah," kata Erick.

Erick Thohir dikenal sebagai pengusaha pemilik dan pendiri Mahaka Group, sebuah perusahaan induk yang memiliki fokus pada bisnis media dan entertainment.

Nama Erick mulai dikenal publik saat mengakuisi klub sepak bola dan Klub Italia yang berlaga di seri A yakni F.C. Internazionale Milano (Inter Milano) pada November 2013. Dia bahkan dipercaya sebagai presiden klub ke 21 dalam 106 tahun sejarah klub tersebut.

Bersamaan dengan itu, ia juga memiliki klub sepak bola Amerika, D.C. United dan juga pernah sebagai pemilik klub bola basket NBA Philadelphia 76ers.

Kedekatan Erick dengan penguasa bermula sewaktu dirinya didaulat Presiden Jokowi untuk menjabat Ketua Panitia Pelaksana Asian Games 2018 (INASGOC). Sukses besar mengharumkan nama Indonesia sebagai tuan rumah ajang olahraga se-Asia itu, Thohir kembali dipercaya untuk memimpin Tim Pemenangan Nasional Joko Widodo-Ma'ruf Amin pada Pemilu 2019 lalu.

Menilik rekam jejak prestasi dan kemampuannya, Erick Thohir diprediksi banyak orang bakal mengisi pos Kementerian Pemuda dan Olahraga atau Kementerian BUMN. Beberapa pihak juga menganggap ia lebih cocok menjabat Kepala Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf).

Airlangga HartartoKetua Umum Partai Golkar yang juga mantan Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto melambaikan tangan saat meninggalkan Kompleks Istana Kepresidenan di Jakarta, Senin, 21 Oktober 2019. (Foto: Antara/Wahyu Putro A)

5. Airlangga Hartarto

Sosok Airlangga Hartanto menjadi tokoh berikutnya yang mendapat undangan Presiden Jokowi dan mendapat tawaran kursi menteri. Kepada awak media, secara terang-terangan Ketua Umum Partai Golkar itu menyebut mendapat tawaran untuk mengisi pos kementerian di bidang perekonomian.

"Di sektor perekonomian," kata dia di Istana Kepresidenan Jakarta, Senin, 21 Oktober 2019.

Airlangga menuturkan banyak ditanya Presiden Jokowi tentang permasalahan ekonomi, termasuk hilirisasi industri dan masalah defisit neraca perdagangan.

Airlangga Hartarto merupakan politisi berlatar belakang pengusaha yang dipercaya menjabat sebagai Menteri Perindustrian menggantikan Saleh Husin pada perombakan Kabinet Kerja jilid pertama Joko Widodo.

Sebelumnya, ia juga pernah menjabat sebagai Ketua Asosiasi Emiten Indonesia periode 2011-2014. Dalam struktur partai, Airlangga pernah menjabat Ketua Komisi VII DPR RI (2006-2009) membidangi energi, lingkungan hidup dan ristek dari Fraksi Partai Golkar.

Pada tahun 2017, pemegang gelar MBA dari Monash University Australia tahun 1996 dan Master of Management Technology (MMT) dari University of Melbourne, Australia, tahun 1997 kemudian terpilih menjadi Ketua Umum Partai Golkar menggantikan Setya Novanto yang tersandung kasus korupsi.

Berdasarkan rekam jejak dan pengalamannya, Airlangga Hartanto diprediksi bakal tetap mengisi jabatan lamanya di pos Kementerian Perindustrian. Namun, beberapa orang juga menyebutnya bakal duduk di kursi Menteri Perdagangan atau Menteri Ekonomi.

Tito KarnavianKapolri Jenderal Tito Karnavian. (Foto: Tagar/Poppy)

6. Tito Karnavian

Kapolri Jenderal Tito Karnavian dikabarkan menjadi salah satu kandidat kuat terpilih untuk membantu pemerintahan Presiden Joko Widodo - Wapres Ma'ruf Amin, menjadi salah satu anggota di Kabinet Jokowi-Ma'ruf periode 2019-2024.

Hal itu terendus awak media kala Lulusan Akpol 1987 itu merapat ke Istana Kepresidenan Jakarta pada Senin, 21 Oktober 2019, sekitar pukul 12.10 WIB dengan menggunakan seragam kepolisian. Tito yang biasa datang dan pergi melalui pintu belakang Istana, baru kali ini menyambangi Istana melalui pintu depan.

"Saya kan polisi, barusan ini dipanggil," kata Tito menjawab awak media soal alasan Tito tidak mengenakan kemeja warna putih seperti para calon menteri lainnya saat menghadap Presiden Jokowi.

Dipanggil presiden, tapi saya kira ini mengenai situasi kamtibmas. Kemarin pelantikan, pengamanan pelantikan," kata Tito yang datang didampingi oleh Kadiv Humas Polri Irjen Muhammad Iqbal serta ajudannya.

Baca juga: Pengganti Kapolri Jika Tito Karnavian Diangkat Menteri

Belakangan, ia resmi diberhentikan dari jabatannya sebagai Kapolri. Surat permintaan persetujuan pemberhentian dikirimkan Presiden Jokowi kepada DPR dan dibacakan Ketua DPR RI Puan Maharani dalam Rapat Paripurna di Gedung Parlemen, Selasa, 22 Oktober 2019.

"Tiga, nomor R51 tanggal 21 Oktober 2019. Hal: permintaan persetujuan pemberhentian Kapolri," kata Puan.

Tito Karnavian dikenal sebagai salah satu perwira berprestasi di Korps Bhayangkara. Jauh sebelum duduk di pucuk pimpinan tertinggi, sederet kasus besar tercatat diselesaikannya dengan baik. Termasuk pemberantasan terorisme dan gerakan separatis di Papua.

Memiliki karier mentereng saat memimpin institusi kepolisian, Tito Karnavian diprediksi bakal duduk di pos Kementerian Dalam Negeri pada Kabinet Kerja jilid dua periode 2019-2024.

PratiknoMenteri Sekretaris Negara Pratikno periode 2014-2019. (Foto: Instagram/@kemensetneg.ri)

7. Pratikno

Menteri Sekretaris Negara periode 2014-2019 Pratikno tiba di halaman Istana Kepresidenan pada Senin, 21 Oktober 2019 sekitar pukul 14.09 WIB. Ia datang memenuhi panggilang Presiden Jokowi bersamaan dengan Staf Khususnya, Nico Harjanto dan Komisaris Utama PT Adhi Karya, Fadjroel Rachman.

Meski Pratikno enggan merespons pertanyaan wartawan soal kedatangannya ke Istana, banyak pihak menilai sosok berlatar belakang akademisi itu bakal dipertahankan di periode kedua kepemimpinan Jokowi sebagai Menteri Sekretaris Negara.

Pratikno berkarier di dunia pendidikan nyaris selama 28 tahun. Pada 2003, dia menjabat sebagai direktur program Pascasarjana Prodi Ilmu Politik Universitas Gadjah Mada (UGM) yang berkonsen pada Politik Lokal dan otonomi daerah.

Di sana, dia juga sekaligus menjabat sebagai Wakil Dekan bidang akademik FISIP UGM hingga 2004. Pratikno diangkat menjadi Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Politik UGM pada 2008 hingga 2012 dan menjabat Dekan UGM periode 2012-2017 sebelum akhirnya didaulat Jokowi untuk duduk di Kementerian Sekretaris Negara.

Nico HarjantoNico Harjanto. (Foto: Twitter/@sy_haris)

8. Nico Harjanto

Kedatangan Nico Harjanto bersama Mensesneg Pratikno dan Komisaris Utama PT Adhi Karya, Fadjroel Rachman ke Istana Kepresidenan menjadi sorotan tersendiri oleh masyarakat. Diketahui, selain menjadi pembantu Jokowi di Kantor Staf Presiden, Nico merupakan seorang akademisi dan peneliti. Dia sempat menjadi ketua Yayasan Populi Center, dan ketua Perhimpunan Survei Opini Publik (Persepi).

Menilik rekam jejak dan pengalamannya, Nico diprediksi bakal duduk sebagai Kepala Staf Kepresidenan pada pemenrintahan Presiden Joko Widodo periode kedua, menggantikan Moeldoko.

Fadjroel RachmanKomisaris Utama Adhi Karya Fadjroel Rachman meninggalkan Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin, 21 Oktober 2019. (Foto: Antara/Wahyu Putro A)

9. Fadjroel Rachman

Kedatangan Komisaris Utama PT Adhi Karya, Fadjroel Rachman ke Istana Presidenan juga menuai sorotan. Meski begitu, mantan aktivis mahasiswa era 98 itu mengaku hanya mendampingi Mensesneg Pratikno bersama Nico Harjanto.

Seusai kedatanganya ke Istana Kepresidenan, Fadjroel Rachman resmi ditunjuk Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebagai Staf Khusus Presiden bidang Komunikasi atau Juru Bicara Presiden dan mulai aktif bertugas pada 21 Oktober 2019.

PrabowoKetua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto berjalan memasuki kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin, 21 Oktober 2019. (Foto: Antara/Wahyu Putro A)

10. Prabowo Subianto

Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto dan Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Edhy Prabowo datang ke Istana Kepresidenan pada Senin sore, 21 Oktober 2019 sekitar pukul 16.13. Kedatangan mereka untuk memenuhi undangan Presiden Jokowi.

Kepada awak media, mantan Danjen Kopassus itu mengungkapkan bahwa dia diminta Jokowi untuk duduk di kursi Kabinet Kerja jilid II periode 2019-2024.

"Saya diminta dibantu beliau di bidang pertahanan," ucap Prabowo di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin, 21 Oktober 2019.

Prabowo Subianto merupakan pensiunan tentara, pengusaha dan politikus pemimpin partai Gerindra. Ditengok dari rekam jejak dan pengalamannya di dunia militer, ia diprediksi bakal diplot untuk duduk sebagai Menteri Pertahanan.

Prabowo SubiantoKetua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto (kanan) didampingi Wakil Ketua Umum Edhy Prabowo memberikan keterangan seusai bertemu Presiden Joko Widodo di kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin, 21 Oktober 2019. (Foto: Antara/Wahyu Putro A)

11. Edhy Prabowo

Datang bersama Ketua Umum Gerindra, Prabowo Subianto, Waketum Gerindra Edhy Prabowo kompak mengenakan setelan kemeja putih dan celana cokelat. Menanggapi pertanyaan wartawan, Prabowo Subianto mengatakan mereka berdua diminta oleh Presiden Jokowi untuk membantu pemerintahan dan duduk sebagai menteri di Kabinet Kerja jilid dua.

"Saya bersama saudara Edhy Prabowo, kami diminta untuk memperkuat kabinet dan saya sudah sampaikan bahwa keputusan kami dari Partai Gerindra apabila kami siap membantu. Hari ini resmi diminta dan kami sanggupi untuk membantu," ujarnya.

Sama seperti Prabowo Subianto, Edhy Prabowo merupakan politikus berlatar belakang militer. Ia memulai karier politiknya pada 2005 dengan aktif berorganisasi di Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) dan menjabat sebagai Ketua Bidang Pendidikan dan Pelatihan HKTI.

Dia diprediksi bakal duduk sebagai Menteri Pertanian di Kabinet Kerja jilid dua periode 2019-1024.

Sri MulyaniMantan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati meninggalkan Kompleks Istana Kepresidenan di Jakarta, Selasa, 22 Oktober 2019. (Foto: Antara/Puspa Perwitasari)

12. Sri Mulyani

Sri Mulyani, Menteri Keuangan periode 2019-2024 menjadi orang pertama yang tiba di Istana Negara, Jakarta, Selasa, 22 Oktober 2019. Kepada awak media, ia mengatakan telah dipercaya Presiden Jokowi untuk tetap duduk di posisi Menteri Keuangan.

Diketahui, Sri Mulyani memiliki latar belakang karier cemerlang di bidang perekonomian. Dia merupakan orang Indonesia pertama menjabat sebagai Direktur Pelaksana Bank Dunia. Dia pernah pula dinobatkan sebagai Menteri Keuangan terbaik Asia pada 2006 dan terpilih sebagai wanita paling berpengaruh nomor 23 di dunia pada 2007 versi Forbes.


Syahrul Yasin LimpoPolitisi Partai Nasdem Syahrul Yasin Limpo tiba di Kompleks Istana Kepresidenan di Jakarta, Selasa, 22 Oktober 2019. (Foto: Antara/Puspa Perwitasari)

13. Syahrul Yasin Limpo

Mantan Gubernur Sulawesi Selatan Syahrul Yasin Limpo mengaku diminta Presiden Joko Widodo untuk mengurus kebutuhan di bidang pertanian. Ia tiba di Istana Kepresidenan pada Selasa pagi, 22 Oktober 2019.

"Saya tidak disampaikan menteri apa, yang banyak beliau tanyakan saya bagaimana membuat agar 267 juta jiwa (rakyat Indonesia) itu kita bisa jamin agar mereka besok kehidupan lebih baik lebih damai tenteram teratur dan terpenuhi kebutuhan dasarnya lebih khusus di bidang pertanian, perkebunan, perikanan dan lain sebagainya," kata Syahrul di lingkungan Istana Kepresidenan Jakarta.

Syahrul diketahui pernah menjadi Bupati Gowa pada 1994–2002, Wakil Gubernur Sulawesi Selatan 2003–2008 dan Gubernur Sulawesi Selatan 2008–2018. Dari rekam jejak dan pengalamannya, ia diprediksi bakal didaulat menjadi Menteri Pertanian.

Agus GumiwangPolitisi partai Golkar yang juga mantan Menteri Sosial Agus Gumiwang melambaikan tangan saat tiba di Kompleks Istana Kepresidenan di Jakarta, Selasa, 22 Oktober 2019. (Foto: Antara/Puspa Perwitasari)

14. Agus Gumiwang Kartasasmita

Menteri Sosial Kabinet Kerja Agus Gumiwang Kartasasmita memenuhi panggilan Presiden Joko Widodo (Jokowi) ke Istana Kepresidenan Jakarta pada Selasa pagi, 22 Oktober 2019 sekitar pukul 10.00 WIB.

"Saya diminta datang tadi malam. Saya belum tahu, belum tahu dipanggil untuk apa," kata dia.

Diketahui, Agus pernah menjadi Anggota DPR RI dari Fraksi Golkar sebelum akhirnya dipercaya menjadi Menteri Sosial (Mensos) Kabinet Kerja menggantikan Khofifah Indar Parawansa yang terpilih menjadi Gubernur Jawa Timur.

Melihat rekam jejaknya selama menjabat Mensos, ia diprediksi bakal tetap duduk di posisi tersebut untuk Kabinet Kerja jiid dua periode 2019-2024.

Juliari BatubarPolitisi PDIP Juliari Batubara tiba di Kompleks Istana Kepresidenan di Jakarta, Selasa, 22 Oktober 2019. (Foto: Antara/Puspa Perwitasari)

15. Ari Batubara

Politikus dari PDIP Juliari Batubara diminta Presiden Jokowi untuk membantu pemerintahan Jokowi-Ma'ruf periode 2019-2024. Ia tiba di kawasan Istana Kepresidenan pada Selasa, 22 Oktober 2019.

"Presiden menyampaikan beberapa poin penting pada pertemuan khususnya beberapa program pengentasan kemiskinan juga bagaimana kita bisa menekan angka kemiskinan. Juga respons lebih cepat dan lebih komprehensif dan antisipatif terhadap kemungkinan bencana alam," kata dia.

Menilik latar belakang Ari yang merupakan Anggota Komisi XI yang membidangi keuangan dan perbankan. Ia diprediksi bakal duduk sebagai Menteri Koordinator (Menko) Perekonomian, atau pos kementerian baru, yakni Kementerian Pengentasan Kemiskinan.

Siti NurbayaPolitisi partai Nasdem yang juga mantan Menteri Kehutanan dan Lingkungan Hidup Siti Nurbaya melambaikan tangan saat tiba di Kompleks Istana Kepresidenan di Jakarta, Selasa, 22 Oktober 2019. (Foto: Antara/Puspa Perwitasari)

16. Siti Nurbaya

Menteri Kehutanan dan Lingkungan Hidup (KLHK) d Kabinet Kerja 2014-2019, Siti Nurbaya Bakar, datang ke Istana Kepresidenan Jakarta pada Selasa pagi, 22 Oktober 2019.

Kepada awak media, ia mengatakan bakal kembali menjabat sebagai Menteri KLHK periode 2019-2024. Ia mengatakan diberikan perintah oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) melanjutkan tugas yang perlu diselesaikan.

Ada kewajiban penugasan melanjutkan tugas-tugas yang diselesaikan dalam kaitan dengan KPI (key performance indicators)," kata dia.

"Secara khusus disebutkan perhutanan sosial yang sebetulnya sudah berjalan, tapi butuh percepatan sambil diselesaikan aksesnya," ujar dia.

Suharso MonoarfaPlt Ketum PPP Suharso Monoarfa tiba di Kompleks Istana Kepresidenan di Jakarta, Selasa, 22 Oktober 2019. (Foto: Antara/Puspa Perwitasari)

17. Suharso Monoarfa

Pelaksana Tugas (Plt) Ketua Umum (Ketum) Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Suharso Monoarfa memenuhi panggilan Presiden Jokowi. Ia tiba di Istana Presiden, Selasa, 22 Oktober 2019 sekitar pukul 11.10 WIB.

"Presiden meminta saya untuk menyiapkan road map bahkan waktu dekat mempresentasikan dalam sidang kabinet perdana dan untuk menjelaskan kepada kabinet mengenai hal itu," kata Suharso usai bertemu Jokowi.

Suharso merupakan politikus berlatar belakang pengusaha. Ia sempat menjabat sebagai Anggota Watimpres dan sempat menjadi Menteri Perumahan Rakyat pada Kabinet Indonesia Bersatu jilid dua di bawah kepemimpinan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Menilik latar belakang dan pengalamannya, Suharso diprediksi bakal didaulat menjadi menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. Namun, sebagian lain menyebut ia lebih cocok untuk menjabat kementerian berportofolio ekonomi.

Basuki HadimuljonoMenteri PUPR 2014-2019 Basuki Hadimuljono tiba di Kompleks Istana Kepresidenan di Jakarta, Selasa, 22 Oktober 2019. (Foto: Antara/Puspa Perwitasari)

18. Basuki Hadimulyono

Basuki Hadimuljono masuk kembali ke pemerintahan 2019-2024. Dia diproyeksikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali mengurusi infrastruktur dan pembangunan di Kabinet Jokowi jilid II. Basuki merapat ke Istana Kepresidenan pada Selasa, 22 Oktober 2019.

"Diminta untuk melanjutkan pembangunan infrastruktur dan pembangunan," ucap Basuki di Istana Negara, Jakarta Pusat, pada Selasa 22 Oktober 2019.

Basuki tak menjelaskan lebih rinci terkait kursi menteri apa yang bakal ditempatinya 2019-2024 setelah sebelumnya menjadi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) pada 2014-2019. Namun, ia diprediksi bakal kembali duduk di Kementerian tersebut.

Fachrul RaziMantan Wakil Panglima TNI Jenderal TNI (Purn) Fachrul Razi tiba di Kompleks Istana Kepresidenan di Jakarta, Selasa, 22 Oktober 2019. (Foto: Antara/Puspa Perwitasari)

19. Fachrul Razi

Ketua Tim Bravo 5 Jenderal (purn) Fachrul Razi menyanggupi permintaan Presiden Jokowi masuk ke dalam jajaran menteri Kabinet Kerja jilid II. Banyak hal disampaikan presiden kepada Fachrul, salah satunya terkait keamanan.

"Yang jelas dia minta saya bercerita soal keamanan, lalu pembangunan SDM," kata Fachrul usai keluar dari dalam Istana.

Fachrul Razi merupakan tokoh militer yang pernah menduduki sejumlah jabatan mentereng di tubuh institusi TNI. Jabatan tertingginya adalah Wakil Panglima TNI pada periode 1999-2000. Melihat rekam jejak dan pengalamannya, ia diprediksi bakal mengisi pos Menteri Pertahanan atau Menteri Koordinator Politik dan Keamanan.

Ida FauziahPolitisi PKB Ida Fauziah tiba di Kompleks Istana Kepresidenan di Jakarta, Selasa, 22 Oktober 2019. (Foto: Antara/Puspa Perwitasari)

20. Ida Fauziyah

Politikus Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Ida Fauziyah memenuhi undangan dari Presiden Jokowi di istana. Seusai pertemuan, Ida mengaku diminta untuk membenahi sektor ketenagakerjaan.

"Tentang penciptaan lapangan kerja, tentang implementasi kartu kerja, seputar itu," kata dia.

Koordinator Nasional Relawan Suara Perempuan Untuk Jokowi atau Super Jokowi atau Super Jokowi itu diprediksi bakal mengisi pos Kementerian Ketenagakerjaan.

Bahlil LahadiliaMantan Ketua HIPMI Bahlil Lahadilia tiba di Kompleks Istana Kepresidenan di Jakarta, Selasa, 22 Oktober 2019. (Foto: Antara/Puspa Perwitasari)

21. Bahlil Lahadalia

Ketua Umum Badan Pengurus Pusat (BPP) Himpunan Pengusaha Muda Indonesia ( Hipmi) periode 2015-2019, Bahlil Lahadalia, memenuhi undangan Presiden Jokowi ke Istana kepresidenan, Selasa, 22 Oktober 2019. Dia mengaku mendapat telepon dari pihak protokoler kepresidenan secara mendadak baru tadi malam.

"Semalam, oleh protokol," ungkap Bahlil sambil melambaikan tangan, dikutip dari Antara, Selasa, 22 Oktober 2019.

Pengusaha muda ini diprediksi bakal diplot oleh Jokowi sebagai Menteri Pemuda dan Olahraga, di Kabinet Kerja jilid dua periode 2019-2024.

Zainudin AmaliPolitikus Partai Golkar Zainudin Amali ketika berada di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat pada Selasa 22 Oktober 2019. (Foto: Tagar/Popy)

22. Zainudin Amali

Politikus Partai Golkar Zainudin Amali mengaku melakukan pembahasan mengenai Pekan Olahraga Naional (PON) bersama Presiden Jokowi sewaktu memenuhi undangan di Istana Kepresidenan, Selasa, 22 Oktober 2019.

Selain itu, pria asal Gorontalo tersebut juga mengatakan membahas pengembangan sumber daya manusia (SDM) dalam bidang olahraga.

"Membahas untuk menghadapi PON 2020, Serta peningkatan prestasi di bidang keolahragaan," kata dia, usai bertemu dengan presiden.

Lantaran itu, politikus berlatar belakang pengusaha itu diproyeksikan menjadi Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Kabinet Jokowi-Ma'ruf Amin.

Yasonna LaolyMantan Menkumham Yasonna Laoly tiba di Kompleks Istana Kepresidenan di Jakarta, Selasa, 22 Oktober 2019. (Foto: Antara/Puspa Perwitasari)

23. Yasonna Laoly

Kader Partai PDI Perjuangan, Yasonna Hamonangan Laoly, kembali dipercaya Presiden Jokowi menjadi menteri di kabinet kerja jilid II. Lantaran itu, ia mengaku siap mengundurkan diri dari posisinya sebagai Anggota DPR RI.

"Bapak presiden meminta saya membantu kembali," kata Laoly usai memenuhi undangan Jokowi di Istana Kepresidenan, Jakarta, pada Selasa, 22 Oktober 2019.

Diprediksi, ia bakal kembali menempati jabatan lamaya sebagai Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham).

Budi Karya SumadiMantan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi tiba Kompleks Istana Kepresidenan di Jakarta, Selasa, 22 Oktober 2019. (Foto: Antara/Wahyu Putro A)

24. Budi Karya Sumadi

Budi Karya Sumadi, Menteri Perhubungan periode 2014-2019 mengatakan telah diberi mandat oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk kembali mengemban jabatan sebagai Menteri Perhubungan di Kabinet Kerja jilid II periode 2019-2024.

"Pak Presiden memberikan amanah kepada saya. Jadi saya mendapat tugas melanjutkan menjadi Menteri Perhubungan," kata Budi seusai bertemu Jokowi, di Istana Negara, Jakarta, Selasa, 22 Oktober 2019.

MoeldokoMantan Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko tiba di Kompleks Istana Kepresidenan, di Jakarta, Selasa, 22 Oktober 2019. (Foto: Antara/Puspa Perwitasari)

25. Moeldoko

Kepala Staf Presiden (KSP) periode 2014-2019, Moeldoko menyambangi Istana Kepresidenan pada Selasa sore, 22 Oktober 2019. Meski mengaku hanya ingin ingin main-main ke kantor lama, banyak yang menduga pensiunan Jenderal TNI itu bakal kembali menjabat KSP.

Sofyan DjalilMantan Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Sofyan Djalil tiba di Kompleks Istana Kepresidenan di Jakarta, Selasa, 22 Oktober 2019. (Foto: Antara/Puspa Perwitasari)

26. Sofyan Djalil

Sofyan Djalil mengaku diminta Presiden Jokowi untuk melanjutkan jabatannya sebagai Menteri Agraria dan Tata Ruang di Kabinet Kerja jilid dua. Hal itu diungkapkan usai bertemu presiden di Istana, Selasa sore, 22 Oktober 2019.

"Rasanya sih melanjutkan pekerjaan yang belum selesai masalah agraria, masalah redistribusi, masalah reforma agraria," kata dia.

Tjahjo KumoloMendagri periode 2014-2019 Tjahjo Kumolo tiba di Kompleks Istana Kepresidenan, di Jakarta, Selasa, 22 Oktober 2019. (Foto: Antara/Puspa Perwitasari)

27. Tjahjo Kumolo

Datang dengan waktu hampir bersamaan dengan Moeldoko dan Sofyan Djalil, Tjahjo Kumolo mengaku diminta Jokowi kembali menjabat sebagai menteri kembali di Kabinet Kerja jilid dua. Namun, ia enggan mengungkapkan di mana Jokowi akan menempatkannya di periode kedua pemerintahannya.

"Saya dipanggil Bapak Presiden, secara prinsip saya tetap diminta untuk membantu beliau dalam Kabinet Kerja," kata dia di Istana Kepresidenan.

Diprediksi, Tjahjo bakal melanjutkan jabatannya sebagai Menteri Dalam Negeri, atau berpindah ke pos kementerian lain seperti, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi.

Bambang BrodjonegoroMantan Menteri PPN/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro tiba Kompleks Istana Kepresidenan di Jakarta, Selasa, 22 Oktober 2019. (Foto: Antara/Puspa Perwitasari)

28. Bambang Brodjonegoro

Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro mengatakan bakal menempati posisi baru di jajaran pemerintahan kabinet Presiden Jokowi di periode kedua. Hal itu ia ungkapkan usai memenuhi undangan ke Istana Kepresidenan, Selasa, 22 Oktober 2019.

"Kalau posisi tunggu besok. Yang pasti buat saya, ini adalah penugasan baru," kata Bambang.

Diprediksi, Bambang bakal duduk di posisi Menteri Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, yang sebelumnya ditempati Puan Maharani.


Johnny G. PlatePolitisi Partai Nasdem Johnny G. Plate tiba di Kompleks Istana Kepresidenan di Jakarta, Selasa, 22 Oktober 2019. (Foto: Antara/Wahyu Putro A)

29. Johny G Plate

Sekjen Partai NasDem Johnny G Plate menyambangi Istana Kepresidenan pada Selasa, 22 Oktober 2019 untuk memenuhi undangan Presiden Jokowi.

Meski tidak secara gamblang menyebut kementerian apa yang ditawarkan Jokowi, Johnny menjelaskan dalam pertemuan itu, mereka membahas pengembangan bisnis startup, unicorn, decacorn, dan regulasi perlindungan data pribadi.

Diprediksi, Johny bakal menjadi kandidat kuat untuk duduk sebagai Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo).

Abdul HalimPolitisi PKB Abdul Halim Iskandar tiba di Kompleks Istana Kepresidenan di Jakarta, Selasa, 22 Oktober 2019. (Foto: Antara/Puspa Perwitasari)

30. Abdul Halim Iskandar

Politikus PKB, Abdul Halim Iskandar menyambangi Istana Kepresidenan, Jakarta, pada Selasa 22 Oktober 2019. Kakak kandung dari Muhaimin Iskandar itu disebut-sebut bakal mengisi posisi Menteri Agama.

Agus SuparmantoKetum PB Ikatan Anggar seluruh Indonesia Agus Suparmanto tiba Kompleks Istana Kepresidenan di Jakarta, Selasa, 22 Oktober 2019. (Foto: Antara/Puspa Perwitasari)

31. Agus Suparmanto

Politikus PKB Agus Suparmanto mengatakan telah melakukan pembahasan terkait posisi menteri yang bakal diembannya di Kabinet Kerja jilid dua, saat menghadap Presiden Jokowi di Istana Kepresidenan, Selasa, 22 Oktober 2019.

"Setelah dapat arahan Presiden, ditugaskan Pak Presiden ada unsur ekonomi. Mungkin besok saja pengumumannya. Jadi berkaitan komoditas dalam negeri, luar negeri," kata dia.

Meski enggan membocorkan lebih jauh terkait pos kementerian yang akan dipimpinnya, ia diprediksi bakal menjabat Menteri Perdagangan (Mendag).

Terawan Agus PutrantoKepala RSPAD dr Terawan Agus Putranto tiba di Kompleks Istana Kepresidenan di Jakarta, Selasa, 22 Oktober 2019. (Foto: Antara/Wahyu Putro A)

32. dr. Terawan

Kepala RSPAD dr Terawan merapat ke Istana di hari kedua pengenalan calon menteri Presiden Jokowi, pada Selasa, 22 Oktober 2019. Ia diprediksi bakal mengisi pos Kementerian Kesehatan.

Teten MasdukiMantan Koordinator Staf Khusus Presiden, Teten Masduki tiba di Kompleks Istana Kepresidenan, di Jakarta, Selasa, 22 Oktober 2019. (Foto: Antara/Wahyu Putro A)

33. Teten Masduki

Mantan Kepala Staf Kepresidenan era Jokowi, Teten Masduki, mendatangi Istana Kepresidenan pada Selasa, 22 Oktober 2019. Bersama presiden, ia mengatakan melakukan pembahasan mengenai bidang perekonomian.

Presiden Jokowi diakui Teten menaruh perhatian terhadap perekonomian rakyat. Bahkan, ia disebut cocok mengisi pos tersebut. "Ya beliau punya concern memajukan perekonomian rakyat dan saya dianggap yang serius," kata dia.

Diprediksi, pria kelahiran Garut itu bakal menjabat Menteri Koperasi.[]

Berita terkait
Tito Karnavian Diberhentikan Jokowi untuk Jadi Menteri?
Presiden Jokowi resmi memberhentikan Kapolri Jenderal Tito Karnavian dari jabatannya. Ia diprediksi bakal didaulat mengisi pos sebagai Mendagri.
NU Surabaya Keberatan Tri Rismaharini Jadi Menteri
NU Surabaya merasa keberatan jika Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini ditunjuk menjadi menteri di Kabinet Kerja Jilid II.
0
Albania Vs Prancis, Penantian Panjang Griezmann
Prancis mengakhiri pertarungan di kualifikasi EURO 2020 dengan hasil memuaskan. Striker Antoine Griezmann membawa Prancis menang 2-0 atas Albania.