UNTUK INDONESIA
Pengganti Kapolri Jika Tito Karnavian Diangkat Menteri
Mabes Polri tengah mempersiapkan Wakapolri Komjen Ari Dono untuk menjadi pengganti atau Plt Kapolri jika Tito Karnavian diangkat menteri.
Presiden Joko Widodo (kanan) didampingi Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian meninjau penanganan kebakaran lahan di Desa Merbau, Kecamatan Bunut, Pelalawan, Riau, Selasa, 17 September 2019. (Foto: Antara/ Puspa Perwitasari)

Jakarta - Ketua Presidium Indonesian Police Watch (IPW), Neta S Pane, mengatakan pihaknya telah mendapat informasi saat ini Mabes Polri tengah mempersiapkan Wakapolri Komjen Ari Dono untuk menjadi Pelaksana Tugas (Plt) Kapolri, menyusul isu diangkatnya Tito Karnavian menjadi salah satu menteri di kabinet kedua Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Menurut Pane, jika Kapolri Tito Karnavian benar diangkat menjadi menteri dalam kabinet Jokowi pada Rabu pagi, bisa dipastikan Ari Dono akan menjadi Plt Kapolri.

Diketahui, Tito sempat datang ke Istana Kepresidenan pada Senin siang, 21 Oktober 2019 di sela-sela pemanggilan sejumlah tokoh yang rencananya bakal diangkat menteri.

"IPW mendapat informasi bahwa surat Plt Kapolri sedang diproses Mabes Polri dan akan diminta persetujuan Presiden dan DPR," kata Pane melalui keterangan yag diterima Tagar, Selasa, 22 Oktober 2019.

"Nama yang diusulkan sebagai Plt Kapolri adalah Wakapolri Komjen Ari Dono," kata dia.

Pane mengatakan, gerbong mutasi di tubuh Polri pun akan bergerak jika semuanya berjalan lancar. Kabareskrim Komjen Idam Azis diperkirakan akan menduduki posisi Wakapolri menggantikan Ari Dono.

Baca juga: Nadiem Makarim Menteri Jokowi Trending Topic di Twitter

Sementara posisi Kabareskrim yang ditinggalkan Idam Azis diperkirakan akan diisi Irjen Gatot Edi yang kini menjadi Kapolda Metro Jaya. Sedangkan posisi Kapolda Metro Jaya ada dua calon kuat, yakni Kapolda Jabar Irjen Rudi dan Kapolda Lampung.

Posisi Plt Kapolri diperkirakan akan dipegang Ari Dono hingga masa pensiunnya Desember mendatang. Untuk kemudian posisi Kapolri nantinya akan dipegang Gatot Edi.

IPW memperkirakan penetapan Plt Kapolri akan berjalan lancar tanpa hambatan apapun.

Jurnalis Tagar mencoba mengklarifikasi kabar ini kepada Karopenmas Polri Brigjen Dedi Prasetyo dan Kabid Humas Polri M. Iqbal, namun hingga berita ini diterbitkan, yang bersangkutan belum bisa dihubungi.

Tito Karnavian Dipanggil ke Istana

Sebelumnya, Nama Tito Karnavian dikabarkan menjadi salah satu kandidat kuat terpilih untuk membantu pemerintahan Presiden Joko Widodo - Wapres Ma'ruf Amin, menjadi salah satu anggota di Kabinet Jokowi-Ma'ruf periode 2019-2024.

Hal itu terendus awak media kala Lulusan Akpol 1987 itu merapat ke Istana Kepresidenan Jakarta pada Senin, 21 Oktober 2019. Tito yang biasa datang dan pergi melalui pintu belakang Istana, baru kali ini menyambangi Istana melalui pintu depan.

"Saya kan polisi, barusan ini dipanggil," kata Tito menjawab awak media soal alasan Tito tidak mengenakan kemeja warna putih seperti para calon menteri lainnya saat menghadap Presiden Jokowi. []

Berita terkait
Tito Karnavian Sosok Keenam Penuhi Undangan Jokowi
Kapolri Jenderal Tito Karnavian memenuhi undangan Presiden Jokowi di Istana Kepresidenan, Jakarta.
Jokowi Minta Kapolri Tambah Pengamanan Pejabat Negara
Presiden Jokowi meminta Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian menambah pengamanan para pejabat negara seusai penusukan Menko Polhukam Wiranto.
13 Perusahaan Bos Gojek Nadiem Makarim
Berikut Tagar rangkumkan deretan perusahaan dan layanan di bawah unit usaha raksasa Gojek besutan Nadiem Makariem.
0
Dampak dan Cara Menyaksikan Gerhana Matahari Cincin
Sebagian wilayah Indonesia akan mengalami gerhana matahari cincin. Berikut BMKG menjelaskan dampak dan cara tepat mengamati fenomena langit itu.