2 Kesalahan saat Tidur Menggunakan Ear Plug dan Risikonya

Ear plug dapat mengurangi jumlah suara yang masuk ke telinga, yang dapat membantu kita tidur nyenyak di lingkungan berisik.
Ilustrasi ear plug. (Foto: Tagar/Pixabay)

Jakarta - Ear plug pada umumnya aman digunakan saat tidur. Namun, jika terlalu sering digunakan dapat menyebabkan beberapa masalah kecil dalam jangka panjang, seperti penumpukan caira kuning (earwax).

Terkadang suara dari luar kamarmu mengganggu tidur. Seperti kamar yang menghadap jalanan atau ketika mencoba tidur di lingkungan berbeda, seperti pesawat. Ear plug dapat mengurangi jumlah suara yang masuk ke telinga, yang dapat membantu kamu tidur nyenyak di lingkungan berisik.

Penelitian pada 2017 yang dipublikasikan di Journal of Sleep Research, menemukan bahwa ear plug memiliki efek positif pada kualitas tidur pasien yang sedang menjalani perawatan di ICU. Penggunaan ear plug sebenarnya aman, tetapi jika telinga kamu mengalami rasa sakit setelah menggunakan ear plug, mungkin kamu melakukan kesalahan berikut ini.

1. Memasukannya terlalu dalam

Jika ear plug bergesekan dengan tulang saluran telinga, bisa mengakibatkan telinga berair. Saluran telinga alaminya untuk mengeluarkan kotoran yang ada di telinga. Jika ear plug dimasukkan terlalu dalam akan sulit kotoran telinga untuk keluar dan akan menyebabkan impaksi.

2. Ditarik dengan cepat

Melepas ear plug dari telinga dengan cepat bisa mengakibatkan robekan di sekitar lubang telinga, yang menyebabkan pendarahan dan rasa nyeri. Pastikan kamu melepas ear plug secara perlahan agar peristiwa tadi tidak terjadi.

Penggunaan ear plug ini bisa meningkatkan kualitas dan durasi tidur kamu. Mendapatkan tidur yang cukup atau berkualitas ini memiliki beberapa manfaat untuk kesehatan. Sebaliknya, kurang tidur bisa meningkatkan resiko kesehatan.

Akan tetapi ear plug memiliki beberapa resiko untuk penggunanya. Jika terlalu sering menggunakan ear plug bisa menyumbat kotoran telinga yang menyebabkan kotoran telinga menumpuk. Penumpukan kotoran telinga ini bisa menyebabkan ; gatal dan telinga terasa tidak nyaman, telinga berdengung, kesulitan mendengar, batuk, dusing


(Ghariza Syifa Riyashi)

Berita terkait
Hiindari 6 Kesalahan Ini Saat Meminyaki Rambut
Perawatan ini juga menambah kilau, kekuatan dan kesehatan pada rambut.
Cara Memasak Telur yang Benar, Hindari 7 Kesalahan Ini
Meskipun memasak telur itu sederhana, ternyata ada hal-hal kecil yang membuat hasilnya tak sempurna.
7 Kesalahan yang Biasa Dilakukan Saat Memasak Nasi
Memasak beras memang terlihat mudah dan sepele, padahal tak semua jenis beras bisa dimasak dengan cara yang sama.
0
5 Aturan Diet Makanan Mentah dan Manfaatnya untuk Kesehatan
Metode diet ini diklaim dapat memberikan Anda energi lebih banyak, memperbaiki penampilan dan kesehatan kulit.