Penyebab Perut Buncit Susah Hilang Biarpun Sudah Diet

Lemak di perut, selain tak enak dipandang ternyata juga berbahaya bagi organ-organ tubuh seperti jantung dan hati.
Ilustrasi perut buncit. (Foto: Tagar/iStock)

Jakarta - Jumlah lemak perut berlebih bisa menjadi penyebab sejumlah penyakit, mulai dari gangguan pencernaan, bahkan dapat menyebabkan masalah serius seperti kolesterol tinggi, tekanan darah tinggi, stroke dan penyakit jantung

Bahkan para ilmuwan di Cina belum lama ini menemukan bahwa akumulasi lemak perut berlebih pada perempuan bisa dikaitkan dengan penyebab kanker payudara pada perempuan. Sedangkan pada pria, gumpalan lemak di perut bisa menyebabkan berkembangnya kanker pankreas dan kanker usus.

Sayangnya, tidak mudah menyingkirkan perut buncit berlemak. Mungkin kita telah melakukan segala upaya diet untuk mencapai hasil yang diinginkan, tapi tidak mendapatakan hasilnya,

Dilansir dari BrightSide, ada 6 faktor yang menyebabkan perut buncit yang berlemak susah hilang.


1. Salah memilih program diet

Jika kita kesulitan mengurangi lemak perut, maka salah satunya alasannya karena mungkin saja kita salah memilih program diet untuk perutmu.

Maka penting untuk mengetahui tinggi tubuh, berat badan, indeks massa tubuh, dan komposisi lemak di tubuh untuk menentukan diet yang tepat. Hubungi dokter atau ahli gizi untuk merencanakan penurunan berat badan.

Baca Juga10 Tips Mudah Meratakan Perut Buncit Tanpa Olahraga

2. Terobsesi dengan berat badan

Kebiasaan menimbang berat badan dan terlalu terobsesi dengan angka tertentu di dalam timbangan itu, hal ini justru dapat memperlambat proses penurunan berat badan.

Setiap kali angka timbangan tidak sesuai dengan yang diinginkan, ini justru bisa menyebabkan pikiran negatif dan merusak suasana hati.

Lebih baik timbanglah badan setidaknya seminggu sekali, atau sesuai anjuran dokter, dan tidak perlu cemas melihat angka-angkanya.

Baca JugaLima Buah Cegah Perut Buncit, Semangka Salah Satunya

3. Cara makan yang salah

Tubuh kita membutuhkan banyak vitamin, karbohidrat, dan bahkan lemak itu sendiri. Jika kita mengecualikan beberapa komponen tersebut, maka malah kerugian yang mungkin didapat. Contohnya, hanya makan sayur dan buah-buahan atau makanan cepat saji, gula, dan garam bisa membuat kita sulit menurunkan berat badan.

Karena itu penting untuk mengonsumsi gizi seimbang yang meliputi magnesium, vitamin, lemak sehat dan gizi lainnya.


4. Hanya mengandalkan satu jenis latihan olahraga

Olahraga teratur adalah cara yang tepat untuk mengurangi perut buncit berlemak. Tapi penting untuk tidak lupa bahwa latihan harus beragam. Setiap jenis latihan memengaruhi tubuh dengan cara tertentu.

Misalnya memadukan latihan kardio denga latihan beban. Tambahkan latihan intensitas tinggi, seperti lari atau berenang untuk cepat mengecilkan perut. Tak harus di tempat gym, di rumah pun kita masih bisa melakukan beberapa work out.

Baca Juga : Cara Kecilkan Perut Buncit dengan Bersepeda

5. Stres yang tidak diatasi

Pikiran yang stres sangat buruk bagi tubuh, khususnya untuk berat badan. Ini akan memengaruhi diet dan konsidi emosional serta fisik. Selain itu kadar hormon stres (kortisol) yang tinggi justru meningkatkan pembentukan perut buncit berlemak. Cobalah mengurangi stres, lebih santai dan jangan bekerja melebihi batas waktu normal.

Baca Juga 10 Buah Bikin Perut Langsing

6. Tingkat androgen yang tinggi

Ini menjadi faktor paling serius, sindrom ovarium polikistik (PCOS). Ini berarti tingginya tingkat hormon pria dalam tubuh wanita. Hal ini memengaruhi banyak fungsi organisme, misalnya gangguan menstruasi, masalah hamil, risiko diabetes. Selain itu, PCOS memengaruhi kenaikan berat badan. Untuk hal ini, tentunya kita perlu berkonsultasi dengan dokter. []

Berita terkait
8 Cara Mengecilkan Perut Buncit Tanpa Olahraga dan Diet
Perut buncit juga harus diiwaspadai karena merupakan salah satu tanda yang mengarah pada masalah kegemukan atau obesitas.
Perut Buncit? Berikut Olahraga untuk Mengecilkan Perut
Timbunan lemak di perut akan mengakibatkan munculnya beragam penyakit, sehingga harus dilakukan olahraga untuk membakar lemak perut.
Cara Menghilangkan Sakit Perut Akibat Makan Pedas
Rasa sakit pada perut setelah makan pedas umumnya dipicu oleh senyawa kimia yang disebut capsaicin. Berikut cara mengatasinya dengan mudah.
0
Pelaksanaan PTM Tak Perlu Menunggu Vaksinasi Pelajar Selesai
Vaksinasi pelajar memang tidak menjadi kriteria untuk sekolah menerapkan PTM. Tapi, vaksinasi guru menjadi kriteria untuk melaksanakan PTM.