3 Jenis Buah yang Berkhasiat untuk Mengatasi Diare

Beberapa jenis buah dapat membantu sistem pencernaan segera kembali menjadi normal.
Ilustrasi diare. (Foto: Tagar/iStock)

Jakarta - Diare adalah gangguan yang berhubungan dengan buang air besar lebih dari tiga kali atau terlalu encer dalam satu atau beberapa hari. Gangguan ini dapat disebabkan oleh banyak hal dan yang paling umum terjadi adalah pengaruh dari makanan yang dikonsumsi. Meskipun menimbulkan perasaan tidak nyaman dan mengganggu aktivitas, tetapi diare biasanya dapat ditangani di rumah dengan beristirahat, memenuhi cairan tubuh, hingga mengonsumsi beberapa makanan pilihan.

Salah satu makanan yang direkomendasikan untuk dikonsumsi untuk mengobati diare adalah buah-buahan. Beberapa jenis buah dapat membantu sistem pencernaan segera kembali menjadi normal. Meski begitu, ada juga beberapa makanan yang harus dihindari karena dapat memperparah diare. Maka dari itu, kamu harus tahu jenis buah apa saja dapat ampuh untuk obati diare. Dilansir dari Theasianparent, berikut ini beberapa buah tersebut.

1. Pisang

Buah pertama yang dipercaya dapat obati diare saat dikonsumsi adalah pisang. Rasanya yang hambar dan mudah untuk dicerna dapat membantu tubuh untuk mengatasi gangguan sistem pencernaan. Makanan ini juga merupakan sumber potasium, yaitu suatu kandungan elektrolit penting yang dapat hilang saat seseorang mengalami diare. Selain itu, pisang juga kaya akan kandungan pektin yang merupakan serat. Hal tersebut berguna untuk menyerap cairan di usus untuk mengatasi sembelit akibat diare.

2. Apel

Kamu juga disarankan untuk mengonsumsi apel bersama dengan kulitnya yang disebut-sebut buah ini efektif untuk obati diare. Kulit apel kaya akan serat yang tidak mudah larut sehingga dapat mengatasi gangguan pada sistem pencernaan. Selain itu, pilihan yang lebih baik saat mengonsumsi buah ini adalah saat sudah diolah menjadi saus apel. Saat sudah berubah menjadi makanan yang cair, tubuh lebih mudah untuk mencernanya yang membuat gangguan tersebut lebih baik.

3. Kelapa

Jika kamu kesulitan untuk menelan obat atau ingin menghindari ketergantungan akan hal tersebut, cobalah untuk mengonsumsi kelapa untuk mengatasi diare. Di beberapa negara, kelapa memang dikonsumsi untuk mengatasi gangguan pencernaan. Selain itu, air dari kelapa dapat mengatasi dehidrasi yang terjadi. Meski begitu, jika diare sudah terjadi selama beberapa hari, ada baiknya untuk memeriksakan diri ke dokter.

Maka dari itu, pastikan semua makanan yang kamu konsumsi tidak dapat menyebabkan terjadinya diare agar aktivitas harian yang dilakukan tidak terganggu. Namun, saat kamu mengalami diare, ada baiknya untuk memilih pengobatan dengan bahan alami dibandingkan dengan yang mengandung zat kimia. Bahan alami umumnya tidak menimbulkan efek samping, meski sering dikonsumsi. []

Berita terkait
Cara Penanganan Diare pada Anak
diare pada anak juga bisa terjadi karena peradangan pada tubuh, kondisi genetik, gangguan pencernaan, atau penyakit autoimun.
Begini Ciri-Ciri Diare yang Disebabkan Norovirus
Begini ciri-ciri diare yang disebabkan oleh Norovirus yang sudah masuk di Indonesia.
Selain Dongkrak Stamina, Pisang Obat Diare Alami dan Ampuh
Di supermarket atau di mall, buah pisang mudah diperoleh. Selain dapat mendongrak stamina, pisang merupakan obat alami menyembuhkan diare.
0
5 Aturan Diet Makanan Mentah dan Manfaatnya untuk Kesehatan
Metode diet ini diklaim dapat memberikan Anda energi lebih banyak, memperbaiki penampilan dan kesehatan kulit.