Dampak Bahaya Tidur Siang Terlalu Lama Bagi Kesehatan

Apakah Anda memiliki kebiasaan tidur siang? Ternyata tidur siang dalam waktu lama bisa berdampak buruk bagi kesehatan.
Ilustrasi tidur siang. (Foto: Tagar/Unsplash)

Jakarta – Aktivitas tidur siang merupakan hal biasa di seluruh dunia dan umumnya dianggap sebagai kebiasaan yang sehat. Terkadang beberapa orang sering merasa mengantuk selepas jam makan siang hingga akhirnya melepas kantuknya dengan tidur siang. Namun, baru-baru ini penelitian menyebutkan bahwa terlalu lama tidur siang bisa berdampak buruk bagi kesehatan.

Penelitian yang dilakukan oleh para peneliti dari University of Tokyo menemukan bahwa terlalu lama tidur siang memiliki hubungan dengan meningkatnya risiko kematian dan penyakit kardiovaskular. Penyakit kardiovaskular merupakan gangguan pada jantung dan pembuluh darah.

Hal tersebut terbukti dengan adanya penelitian yang dilakukan oleh Dr. Zhe Pan, penulis studi dari Universitas Kedokteran Guangzhou, China.

"Dalam penelitian kami, tidur siang yang lama lebih dari 60 menit dikaitkan dengan risiko penyebab kematian sebesar 30% dan kemungkinan 34% lebih tinggi terkena penyakit kardiovaskular dibandingkan dengan yang tidak tidur siang. Risiko kematian ini dikaitkan dengan tidur siang yang lama pada mereka yang tidur lebih dari enam jam per malam." katanya.

Pan dan timnya menganalisis penelitian yang ada untuk melihat hubungan antara tidur siang terlalu lama dan risiko kematian, termasuk khususnya penyakit kardiovaskular. Mereka menganalisis 20 penelitian yang melibatkan total 313.651 orang. Dalam penelitian itu, 39% partisipan mengatakan mereka tidur siang.

Dibuktikan melalui penelitian yang dipresentasikan di American College of Cardiology’s 65th Annual Scientific Session. Menurut hasil penelitian itu, para peneliti menemukan bahwa tidur siang singkat kurang dari satu jam tampaknya tidak menyebabkan risiko terkena penyakit kardiovaskular.

Mengutip dari laman Tree Hugger, Dr. Pan mengatakan masih belum jelas mengapa tidur siang ini bisa memengaruhi tubuh. Ada penelitian yang bertentangan tentang tidur siang, ada juga beberapa penelitian yang mengatakan bahwa tidur siang memiliki berbagai manfaat mulai dari peningkatan memori hingga kewaspadaan.

"Ada beberapa mekanisme di balik hubungan antara tidur siang dan semua penyebab kematian dan penyakit kardiovaskular. Durasi tidur siang yang lama dianggap terkait negatif dengan indikator fisik seperti tingkat depresi yang lebih tinggi, usia yang lebih tua, aktivitas fisik yang lebih sedikit, dan status kesehatan mental yang buruk, yang semuanya itu. prediktor penting dari semua penyebab kematian," ucapnya.

Hasil penelitian menyebutkan bahwa waktu tidur siang yang paling aman sebaiknya adalah dibawah satu jam. Namun penelitian ini masih membutuhkan riset lebih lanjut mengenai informasi terkait, para peneliti menganjurkan bahwa penelitian selanjutnya harus difokuskan untuk mencari tahu apakah ada keuntungan pada kesehatan jantung bila tidur siang dalam jangka waktu sebentar. 

Selain itu, perlu juga dilakukan penelitian untuk melihat bagaimana mekanisme antara terlalu lama tidur siang, dengan sistem metabolis tubuh bisa berhubungan satu sama lain.

(Viona Bono Valvinka)

Berita terkait
10 Makanan Bikin Mata Mudah Terpejam Tidur Jadi Pulas
Masih banyak orang sulit membuat mata terpejam hingga tertidur pulas pada waktu yang diinginkan. Coba konsumsi makanan ini ya!
Manfaat Tidur Siang di Tengah Pandemi Corona
Tak ada yang menyangka tidur siang memiliki banyak manfaat, apalagi di tengah masa pandemi Corona. Berikut ulasannya.
Sedang Hamil & Susah Tidur? Begini Cara Mengatasinya
Ketika mengandung, seorang ibu selalu mengalami susah tidur dan keluhan lainnya. Ibu hamil disarankan untuk menghindari olahraga sebelum tidur.
0
Densus 88 Kembali Tangkap Terduga Teroris Merauke Jaringan JAD
Densus 88 Kembali mengamankan 1 orang terduga teroris di Merauke, Papua sehingga total 11 Orang diamankan terkait Jaringan Ansharut Daulah (JAD).