Mentega vs Ghee, Mana yang Lebih Sehat?

Profil nutrisi ghee dan mentega hampir sama, Keduanya punya keunggulan masing-masing dengan sedikit kerugian.
Ilustrasi mentega dan minyak samin. (Foto: Tagar/iStock)

Jakarta - Metega (butter) dan minyak samin (ghee) telah digunakan di dapur selama berabad-abad. Mentega atau yang dikenal juga dengan butter merupakan lemak yang berasal dari susu sapi. Untuk mendapatkan mentega, susu sapi diproses sedemikian rupa hingga memisahkan antara whey dengan lapisan lemak yang digunakan menjadi mentega. Minyak samin adalah mentega dari lemak hewani yang dimurnikan, biasa digunakan dalam masakan India dan Timur Tengah, ritual keagamaan, dan obat-obatan tradisional. 

Ghee dan mentega berbeda dalam banyak hal seperti rasa, pemrosesan, dan tekstur. Banyak orang menganggap ghee sebagai makanan super karena mengandung lemak baik yang menyehatkan bagi usus dan kulit sedangkan mentega dianggap lebih sehat karena kandungan kalorinya yang rendah. Karena itulah, penting untuk mengetahui perbedaan antara ghee dan mentega, sehingga kita bisa memilih mana yang terbaik untuk kesehatan. Dilansir dari Boldsky, inilah perbedaannya.


1. Nilai Gizi

3 g ghee mengandung 0,24 g air dan energi 876 kkal. Ini juga mengandung 0,28 g protein, 4 mg kalsium, 3 mg fosfor, 22,3 mg kolin, 840 mcg vitamin A, 824 mcg retinol (vitamin A1), 2,8 mg vitamin E, 8,6 mcg vitamin K, 193 mcg karoten (beta) bersama dengan vitamin B12, vitamin B6 dan vitamin B3. Konstituen penting dalam ghee adalah asam lemak yang membantu meningkatkan metabolisme tubuh.

Sedangkan, 100 g mentega asin mengandung 16,17 g air dan energi 717 kkal bersama dengan 0,85 g protein, 24 mg kalsium, 24 mg fosfor, 684 mcg vitamin A, 671 mcg retinol, 158 mcg karoten (beta) bersama dengan beberapa jumlah asam lemak.


2. Pengolahan

Ghee dan mentega berasal dari susu sapi. Ghee dapat dengan mudah disiapkan di rumah dari malai (krim gumpalan diperoleh setelah susu direbus). Aduk malai yang lama pada suhu rendah untuk memisahkan bagian padat (lemak mentega) dan bagian cair (buttermilk).

Ghee juga bisa dibuat dari mentega tawar tersedia di pasaran. Lelehkan mentega pada suhu rendah dan angkat bagian padat dari permukaan. Biarkan matang hingga cairannya terpisah dan keluar sementara susu padat berkumpul di bagian bawah. Tunggu sampai padatan susu berubah kecokelatan saat memberikan warna dan rasa untuk ghee.

Mentega dibuat dengan terlebih dahulu mengubah susu sapi menjadi krim dengan proses yang disebut sentrifugasi (diputar dengan kecepatan tinggi di dalam mesin). Krim yang dihasilkan mengalami proses pengadukan yaitu dikocok agar kental. Bagian cair (buttermilk) krim dipisahkan, sedangkan bagian padatnya adalah mentega. Bagian padat sebenarnya adalah partikel lemak pecah yang bergabung bersama untuk membuat konsistensi yang kental, seperti yang dibutuhkan mentega.


3. Reaksi alergi

Ghee tidak mengandung susu padat karena benar-benar dikeluarkan selama persiapan. Tanpa protein susu, ghee dianggap terbaik untuk orang yang memiliki intoleransi laktosa. Sedangkan, protein susu (kasein) pada mentega dapat memicu reaksi alergi terhadap orang dengan intoleransi laktosa dan menyebabkan gejala seperti ruam, gatal, dan gejala asma.


4. Rasa

Karena ghee dan mentega disiapkan dengan cara berbeda, maka rasanya juga berbeda satu sama lain. Ghee sedikit terasa lebih manis, dipanggang, dan memiliki rasa seperti kacang. Titik asap ghee yang tinggi, 250 derajat Celcius membuatnya cocok untuk menggoreng makanan. Sedangkan, titik asap mentega adalah 150 derajat Celcius, itulah sebabnya mentega merupakan pilihan tepat untuk menumis dan memasak daging dan sayuran dengan cepat. Mentega rasanya agak asam, asam tajam dan keju. Sebagian besar Ghee dan mentega tidak memiliki rasa sendiri tetapi menambah rasa makanan yang digunakan.


Manfaat Kesehatan Dari Ghee

1. Mencegah Kanker

Ghee mengandung vitamin E, salah satu antioksidan paling kuat yang membantu mengurangi stres oksidatif dalam tubuh. Selain itu, pada suhu tinggi, banyak minyak yang cenderung terurai dan melepaskan radikal bebas karsinogenik. Karena ghee memiliki titik asap yang tinggi, ghee tidak dapat dengan mudah dipecah menjadi radikal bebas sehingga melindungi kita dari risiko kanker.

2. Rendah Laktosa

Ghee dibuat sedemikian rupa sehingga bagian susu terlepas darinya yang lebih tinggi senyawa gula yang disebut laktosa. Ini membuatnya memenuhi syarat untuk orang yang memiliki intoleransi laktosa. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa ghee memiliki kadar laktosa yang hampir dapat diabaikan

3. Baik Untuk Hati

Menurut American Heart Association, konsumsi ghee yang terbatas (kurang dari 7%) dapat membantu mencegah penyakit kardiovaskular. Studi tersebut juga mengatakan bahwa hingga 10% ghee makanan membantu menurunkan kadar kolesterol dan lipoprotein.


Manfaat Kesehatan Mentega

1. Meningkatkan Fungsi Gastrointestinal

Mentega mengandung asam lemak khusus (glycosphingolipids) yang membantu melindungi sistem gastrointestinal dari infeksi bakteri dan gangguan terkait lainnya.

2. Meningkatkan Kesehatan Tiroid Banyak orang menghadapi masalah terkait tiroid karena kekurangan vitamin A dalam tubuh. Mentega kaya vitamin A yang membantu berfungsinya dan sekresi hormon oleh kelenjar tiroid.

3. Mencegah Arthritis

Mentega mengandung senyawa khusus yang disebut Faktor Wulzen, juga dikenal sebagai faktor anti-kaku. Senyawa ini membalikkan gejala kalsifikasi dan melindungi tulang dari arthritis, bahkan katarak dan kalsifikasi kelenjar pineal.


Berita terkait
Cara Memasak Ayam Goreng Mentega, Cocok untuk Makan Siang
Cara memasak ayam goreng mentega yang baik dan benar. Makanan ini cocok untuk dihidangkan pada jam makan siang.
Manfaat Mentega untuk Mempercantik Diri
Selain digunakan sebagai bahan makanan, mentega ternyata bermanfaat untuk mempercantik diri. Berikut sejumlah khasiat mentega yang menakjubkan.
Manfaat Konsumsi Minyak Zaitun Dalam Diet Mediterania
Minyak zaitun yang umum digunakan dalam diet Mediterania memiliki sifat antiinflamasi dan dapat menurunkan risiko penyakit kronis.
0
Mentega vs Ghee, Mana yang Lebih Sehat?
Profil nutrisi ghee dan mentega hampir sama, Keduanya punya keunggulan masing-masing dengan sedikit kerugian.