UNTUK INDONESIA
Makanan Harus Dihindari Saat Usia 30-an
Menginjak usia 30 tahun, sudah sebaiknya mengontroljenis makanan yang akan dikonsumsi untuk menjaga kesehatan.
Yogurt. (Foto: Pixabay/kaboompics)

Jakarta- Memang berapa pun usia seseorang, menjaga pola makan sangatlah penting. Namun, saat sudah meninggalkan usia anak-anak, terutama memasuki kepala tiga, sebaiknya mengontrol makanan yang akan dikonsumsi. 

Berikut Tagar rangkumkan sejumlah makanan yang harus dihindari, ketika kamu sudah menginjak usia 30 tahun. 

1. Yogurt Dengan Varian Rasa.

YogurtYogurt. (Foto: Pixabay/kaboompics)

Yogurt memang memiliki kandungan yang cukup baik untuk kesehatan kulit. Pada usia 30-an, produksi kolagen sudah mulai berkurang secara drastis. 

Begitu juga dengan elastin dan protein yang menjaga kekencangan kulit ternyata mulai rusak, sehingga dapat menyebabkan terbentuknya garis-garis halus.

Meski tidak bisa menghentikan penuaan, tetapi kamu bisa memperlambat proses tersebut. Salah satu caranya dengan mengurangi gula, nutrisi yang dapat mempercepat terbentuknya kerutan dan kendur pada kulit.

Sumber penghasil gula terbanyak itu terdapat pada permen, kue, roti, saus tomat dan yogurt rasa. Bagi kamu yang menyukai manis, mulai sekarang sudah mengontrol dan tidak boleh mengonsumsinya dalam jumlah banyak. 

Jika kamu penggemar minuman ini, sebaiknya konsumsi yogurt tanpa rasa untuk menjaga kesehatan kulit. 

2. Minuman Bersoda

Minuman BersodaMinuman Bersoda. (Foto: Pixabay/stevepb)

Saat di usia 30-an, sebaiknya kamu sudah mulai memikirkan menghindari minuman bersoda karena dapat berpotensi menyebabkan kanker

Kandungan gula yang terdapat dalam minuman bersoda juga berdampak negatif terhadap ovulasi dan motilitas sperma yang lebih buruk.

3. Koktail dan Bir

Minuman BeralkoholMinuman Beralkohol. (Foto: Pixabay/MichaelGaida)

Menurut  seorang peneliti dari Amerika Serikat Martha McKittrick, mengonsumsi alkohol dalam jumlah banyak pada usia yang sudah menginjak 30-an tentu akan mengganggu waktu tidur. Sehingga menyebabkan keinginan kamu memakan makanan yang mengandung banyak karbohidrat dan gula.

Inilah yang menjadi penyebab alkohol itu bisa berdampak pada kegemukan. Tak disangka, minuman beralkohol juga dapat menyerap kelembaban kulit dan membuat garis-garis halus lebih terlihat, serta kerutan di wajah akan semakin terbentuk. 

4. Pop Corn Mentega

Pop Corn MentegaPop Corn Mentega. (Foto: pixabay/pixel1)

Makanan ini memang menjadi salah satu camilan favorit bagi siapa pun, baik pada usia anak-anak hingga dewasa. Dikenal dengan makanan yang memiliki rasa gurih dan lezat, ternyata dapat membahayakan tubuh. 

Menurut penelitian, tiga gram lemak trans yang ada di dalam popcorn dapat menyumbat pembuluh darah. Lemak trans ini menjadi kandungan yang berbahaya yang harus dihindari, bagi kamu yang berusia 30an, sebab rentan terhadap penyakit jantung

5. Daging Asap

Daging AsapDaging Asap. (Foto: Pixabay/Gaertringen)

Makan daging asap sangat berbahaya bagi kamu yang berada di usia 30an. Itu karena berdasarkan penelitian, 68 persen kalori daging asap berasal dari lemak jenuh.

Akibatnya, bisa berdampak pada penambahan berat badan dan berisiko terhadap penyakit jantung serta strok. Lemak jenuh juga menyebabkan peradangan yang dapat mempercepat penuaan kulit. 

Menurut jurnal European Cytokine Network, daging asap dan daging olahan lainnya dapat meningkatkan stres oksidatif. Dengan begitu, bisa berdampak pada perubahan struktural pada kolagen dan elastin dan kerutan dini. []

Baca juga

Berita terkait
Lima Makanan Sehat Bisa Redamkan Amarah
Ada makanan sehat yang mampu meredamkan atau mencegah emarah, salah satunya pisang.
Tips Pentingnya Memperhatikan Produk Makanan Sehat
Orang menganggap orang sehat itu adalah orang yang rajin olahraga, tidur yang cukup serta tidaTapi perlu memperhatikan produk makanan.
Jahe dan Empat Makanan Sehat Cegah Kanker Paru-Paru
Kanker Paru-paru masih menghantui masyarakat hingga sekarang ini, dengan cara sehat alami seperti jahe dapat mencegah risiko penyakit ini.
0
Ratusan Onthelis Ramaikan Kota Toea Indramayoe
Ratusan onthelis lintas kota memeriahkan Festival Kota Toea Indramayoe, Jawa Barat. Mereka keliling kota mempromosikan wisata Indramayu.