UNTUK INDONESIA
Makanan dan Minuman Perusak Gigi
Menjaga kesehatan gigi bukan hanya dengan menggosok gigi saja, tapi harus mengetahui makanan dan minuman yang juga bisa merusak gigi.
Permen asam. (Foto: cafebiz.vn)

Jakarta - Menjaga kesehatan gigi bukan hanya dengan menggosok gigi saja. Tetapi, yang juga tak kalah pentingnya kamu harus mengetahui makanan atau minuman apa saja yang bisa jadi pemicu kerusakan gigi tersebut. 

Berikut Tagar berikan informasi mengenai jenis makanan dan minuman perusak gigi.

1. Permen Asam

Permen AsamPermen asam. (Foto: cafebiz.vn)

Perusak gigi bukan hanya permen yang manis saja. Tetapi permen yang memiliki rasa asam juga bisa jadi pemicu kerusakan gigi. 

Hal itu bisa disebabkan karena kandungan asam yang terlalu tinggi, dapat mengikis enamel lapisan terluar gigi. Namun parahnya, Jika kamu menyikat gigi setelah makan permen asam ternyata tidak bisa mencegah kerusakan dan justru akan memperparah keadaan. 

Bila enamel gigi sudah terlanjur pecah, menyikat gigi malah akan semakin mengikisnya. Permen asam umumnya memiliki tekstur kenyal dan dapat menempel pada gigi tanpa disadari dalam jangka waktu yang lama. 

Sisa permen asam yang menempel itu bisa menyebabkan plak yang lama-kelamaan akan membusuk dan menggerogoti gigi, jika tidak dibersihkan dengan benar.

2. Soda  

SodaMinuman bersoda. (Foto: Pixabay/Free-Photos)

Minuman soda memang memiliki kandungan gula yang sangat tinggi. Sehingga, hal itu bisa jadi faktor penyebab gigi berlubang. 

Sifat sodanya juga membuat mulut kering. Dengan kondisi tersebut, bakteri jahat semakin melancarkan aksinya untuk merusak gigi.

Efek mengonsumsi minuman ini, ternyata juga bisa menyebabkan gigi kusam dan terlihat lebih gelap. 

Disarankan jika kamu sudah minum soda, sebaiknya jangan langsung menggosok gigi karena bisa mempercepat pembusukan. Tetapi, langkah pertama yang harus dilakukan adalah berkumur dan minum banyak air putih untuk membuang sisa-sisa minuman yang masih menempel di gigi.

3.  Es Batu

Es BatuEs Batu. (Foto: alodokter.com)

American Dental Association menyatakan bahwa mengunyah es bisa merusak e-mail gigi, sehingga menjadi lebih sensitif dan mudah patah atau retak.  

Kebiasaan itu selalu saja dilakukan oleh kebanyakan orang, padahal itu bisa memperburuk kesehatan mulut dan gigi. Memaksa mengunyah es batu yang keras juga bisa membuat gigi semakin longgar dan mudah copot. Jadi, jangan sepelekan persoalan ini supaya hal buruk tersebut tidak terjadi. 

4. Alkohol

Minuman beralkoholIlustrasi minuman beralkohol. (Foto: Pixabay)

Alkohol juga bisa menjadi penyebab kerusakan gigi. Itu karena minuman haram tersebut dapat membuat mulut kering dan dehidrasi. Padahal, air liur dibutuhkan mulut untuk membersihkan diri dari sisa-sisa makanan serta melindungi jaringan lunak di mulut dari iritasi dan infeksi.

Mulut yang kering inilah bisa menjadi sumber penyakit karena dapat menyebabkan kuman berkembang cepat. Dengan kondisi yang demikian, hal tersebut bisa menjadi akar masalah kerusakan gigi dan infeksi mulut lainnya, mulai dari penyakit gusi hingga lidah.

5. Air Lemon 

Air LemonAir Lemon. (Foto: Pixabay/rawpixel)

Mungkin banyak orang yang tak menyangka, jika mengonsumsi air lemon bisa menyebabkan kerusakan gigi. Itu karena buah tersebut memiliki kandungan asam yang rentan dapat mengikis enamel gigi.

Hal yang perlu diperhatikan ketika kamu mengonsumsi air lemon, sebaiknya jangan langsung menggosok gigi. Itu karena membuat enamel gigi akan semakin terkikis. 

Anda tidak perlu berhenti mengonsumsi lemon, hanya karena ingin menghindari kerusakan gigi. Karena buah yang satu ini juga baik untuk kesehatan tubuh kamu. 

Namun, sebaiknya kamu jangan lupa untuk minum air putih setelah minum lemon. Air putih bisa membilas asam yang menempel di gigi, sehingga pengikisan bisa dihindari. []  

Baca juga:

Berita terkait
Lima Biji Buah-Buahan yang Bermanfaat Buat Kesehatan
Biji buahan-buahan sering dianggap tidak memiliki manfaat,tapi ternyata punya khasiat yang baik untuk kesehatan.
Enam Khasiat Buah Mengkudu yang Menakjubkan
Mengkudu memiliki bau yang menyengat dan rasa pahit, ternyata menyimpan banyak khasiatnya untuk kesehatan tubuh.
Nanas dan Timun Bikin Miss V Basah, Mitos atau Fakta?
Jangan makan nanas dan timun, nanti suaminya tidak sayang. Inilah yang selalu disampaikan orang tua terutama ibu kepada anak perempuan.
0
Presiden Venezuela Kecam Kudeta Bolivia
Presiden Venezuela Nicolas Maduro mengecam kudeta Bolivia.