UNTUK INDONESIA
Tips Pentingnya Memperhatikan Produk Makanan Sehat
Orang menganggap orang sehat itu adalah orang yang rajin olahraga, tidur yang cukup serta tidaTapi perlu memperhatikan produk makanan.
Ilustrasi. (Foto: Pixabay/Jerzy Gorecki)

Jakarta - Banyak orang menganggap orang sehat itu adalah orang yang rajin olahraga, tidur yang cukup serta tidak stress. Tapi menurut penelitian yang dilakukan Tetra Pak di sejumlah daerah di Indonesia, hal itu tidak cukup. Sangat penting lagi untuk memperhatikan produk makanan.

Menurut Manager Director Tetra Pak Malaysia, Singapura, Filipina dan Indonesia, Gabriella Adriani, berdasarkan penelitian yang dilakukan perusahaan global pada pemrosesan dan pengemasan makanan serta minuman itu, kesehatan konsumen dengan lingkungan memiliki hubungan yang sangat erat.

Untuk itu, kata dia perlu memperhatikan produk-produk yang akan dikonsumsi dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya, menghindari penggunaan plastik saat berbelanja.

"Anggapan konsumen, orang sehat itu rajin olahraga kemudian juga tidurnya cukup dan tidak stress," kata Gabriella di Jakarta pada Kamis, 31 Oktober 2019.

"Sedangkan untuk lingkungan hindari penggunaan plastik dengan menggunakan packaging yang bisa didaur ulang," ujar dia.

Dalam kesempatan itu, Gabriella juga membeberkan hasil penelitian lainnya, yakni lima karakteristik produk yang dinilai sehat untuk tubuh dan baik untuk lingkungan:

1. Gunakan Produk yang menggunakan Bahan Baku Natural

Hasil penelitian yang dilakukan pada Aril 2019 lalu itu menunjukkan bahwa kesadaran masyarakat Indonesia untuk menjaga kesehatan terbilang tinggi.

Sehingga, kini banyak masyarakat yang lebih sadar untuk mengonsumsi produk berbahan natural atau lebih dikenal berbahan homed.

2. Produk Tidak Mengandung Pengawet

Pengawet makanan pada dasarnya dapat dilakukan dengan penggunaan garam atau dengan mengeringkan makanan. Tapi tidak untuk semua jenis makanan.

Jika memang harus mengonsumsi makanan yang menggunakan pengawet, perhatikan zat-zat seperti Rhodamin B dan Sodium Benzoate.

adalah zat pewarna sintetis yang sering digunakan sebagai pengawet makanan dan pewarna pada makanan. Biasanya banyak ditemui pada jajanan pasar dan juga roti selai serta kue basah. Rhodamin B adalah zat pewarna sintetis yang sering digunakan sebagai pengawet makanan dan pewarna pada makanan. Biasanya banyak ditemui pada jajanan pasar dan juga roti selai serta kue basah. 

Untuk membuktikan dalam sebuah makanan terkandung zat tersebut, jika mengonsumsi makanan akan memberikan rasa gatal di bagian tenggorokan.

Sedangkan, Pengawet makanan Sodium Benzoate seringkali digunakan dalam proses produksi berbagai macam produk makanan dan minuman kemasan.

Penggunaan bahan pengawet ini biasanya tercantum pada label kemasan sebagai daftar bahan dasar produk tersebut.

dapat menciptakan zat kimia yang dapat memicu tumbuhnya sel kanker dalam tubuh jika tercampur dengan vitamin C sintetis.Sodium Benzoate dapat menciptakan zat kimia karsinogenik yang dapat memicu tumbuhnya sel kanker dalam tubuh jika tercampur dengan vitamin C sintetis.

Selain itu, bahan pengawet ini juga dapat meningkatkan risiko perilaku hiperaktif.

Oleh karena itu, sangat dianjurkan untuk menghindari makanan atau minuman olahan berbahan Sodium Benzoate, terlebih lagi yang terindikasi memiliki campuran vitamin C buatan di produk tersebut.

3. Produk Yang Organik

Pada dasarnya, produk organik adalah produk yang proses pembuatannya tidak menggunakan pestisida kimia, pupuk sintetis, pengawet buatan, dan bahan kimia lainnya. 

Produk hewani seperti susu dan keju pun harus berasal dari hewan yang tidak mengonsumsi hormon pemacu pertumbuhan untuk bisa dianggap organik.

Intinya, hewan dan tumbuhan yang layak dicap organik tidak boleh mengalami perubahan pertumbuhan secara tidak alami.

4. Gunakan Kemasan Yang Di Daur Ulang

Saat mengonsumsi sesuatu, packaging dari sebuah produk sudah keharusan untuk melihat lebih teliti, apakah masih bisa di daur ulang atau tidak.

Baca juga: Ades X Gojek Fasilitasi Konsumen Kurangi Sampah Plastik

Mengingat perkembangan teknologi, makanan sekarang ini serba kaleng dan dibungkus. Untuk itu, Gabriella menyarankan perlu memilah-milah sampah.

5. Kemasan Bisa Digunakan Kembali

Kata Gabriella, masyarakat Indonesia memiliki kebiasaan mengosumsi air kelapa adalah suatu langkah yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh tanpa berdampak pada lingkungan.

Baca juga: Vikri Rasta Ajak Kurangi Sampah Plastik di Ngacapruk 5

Kenapa tidak? Air kelapa dapat dikomsumsi untuk kesehatan sementara kulit serta batoknya dapat digunakan sebagai pupuk dan alat bahan bakar. []



Berita terkait
Tujuh Tips Merawat Kesehatan Gigi
Gigi memiliki fungsi yang vital untuk mengunyah makanan sebelum kemudian dicerna di dalam usus. Maka, ada baiknya menjaga kesehatan gigi.
Tips Memilih Cover dan Alat Cuci Mobil yang Bermutu
Alat cuci dan cover mobil seringkali dianggap hal biasa dalam perawatan mobil.
Tips Teknik Catok Tanpa Merusak Rambut Sehat
Memakai catokan rambut seakan menjadi tren dalam dunia kecantikan. Tak hanya rambut yang keriting atau ikal.
0
Gigi Hadid Positif Hamil, Ibunda Buka Suara
Ibunda Gigi Hadid, Yolanda Hadid, membenarkan bahwa putrinya itu memang tengah hamil muda.