UNTUK INDONESIA
Lima Makanan yang Harus Dihindari Saat Sarapan
Sarapan memang sangat penting dilakukan sebelum memulai aktivitas sehari-sehari.
Sandwich Cepat Saji. (Foto: iStock)

Jakarta - Sarapan memang sangat penting dilakukan sebelum memulai aktivitas kamu sehari-sehari. Hal itu berguna untuk menambah stamina dan menjaga kesehatan tubuh.

Namun, ada beberapa jenis makanan yang harus dihindari saat sarapan. Berikut Tagar berikan ulasannya. 

1. Roti/Makanan Manis

Roti ManisRoti Manis. (Foto: mommyasia.id)

Jika kamu menambahkan toping manis di atas roti atau makanan jenis lainnya, seperti donat dengan cokelat manis, gula cair, dan pancake manis dengan sirup untuk sarapan, hal ini harus dihindari. 

Meski terlihat enak, ternyata menu makan tersebut hanyalah mengandung karbohidrat dan gula saja. Dengan kombinasi itu, tentu tidak tepat dan dapat menyebabkan peningkatan kadar gula darah. 

2. Daging Olahan (Processed Meat)

SosisSosis. (Foto: cekaja.com

Konsumsi daging sosis atau daging olahan dengan bumbu memang tidak cocok untuk di pagi hari, mengingat kandungan natrium dan bahan pengawet yang tinggi pada processed meat.

Menu dari processed meat juga cenderung disajikan dengan cara digoreng, ini justru dapat meningkatkan kadar lemak pada bahan makanan tersebut.  

Ada baiknya kamu hindari mengonsumsi daging olahan itu karena peningkatan natrium dan lemak di pagi hari bisa menganggu metabolisme dan membuat tubuh menjadi lemas.

3. Jus Buah Saja Untuk Sarapan

Jus BuahJus Buah. (Foto: mommyasia.id)

Jika hanya mengonsumsi jus buah atau sayur saja saat sarapan, tentu bukanlah menu yang sehat dan bergizi seimbang. Namun, membuat kebutuhan energi dari karbohidrat dan protein, jadi tidak terpenuhi.

Dengan begitu, membuat tubuh kamu menjadi lemas karena kekurangan energi.

Pilih jus untuk minuman, setelah makan utama pada pagi hari, agar menu yang Anda pilih semakin bergizi lengkap dan seimbang.  Hal itu sering kali terlupakan oleh masyarakat sekarang ini, alih-alih ingin diet, tetapi tidak membuat badan kamu sehat. 

4. Nasi Uduk, Bihun, dan Gorengan

Nasi UdukNasi uduk. (Foto: instazu.com)

Ini memang salah satu menu sarapan yang terkenal di Indonesia. Meski mengenyangkan, ternyata jenis makanan ini dapat berdampak buruk pada kesehatan Anda.

Jika diperhatikan, nasi uduk sudah merupakan sumber karbohidrat, namun bila ditambah dengan bihun atau kentang asupan karbohidrat Anda bertambah berkali-kali lipat. 

Selain itu gorengan yang Anda konsumsi juga biasanya tinggi lemak karena mengandung banyak minyak. Apabila sudah terbiasa mengonsumsi nasi uduk untuk sarapan, kamu mulailah mencoba mengkombinasikannya dengan lauk-pauk yang mengandung protein dan sayur buah, dan kurangi asupan karbohidrat yang terlalu banyak.

5. Sandwich Cepat Saji

SandwichSandwich Cepat Saji. (Foto: iStock)

Kebanyakan orang yang memiliki kesibukan, sering sekali membeli sandwich di toko atau restoran cepat saji. Namun, hal ini sebenarnya sangat membawa pengaruh buruk bagi kesehatan.

Itu karena sandwich yang dibeli di toko atau restoran cepat saji mengandung natrium, pengawet, dan lemak yang tidak sehat. Untuk mengakalinya, kamu bisa membuat roti sandwich sendiri dengan menggunakan roti gandum yang diisi sayuran. []

Baca juga:

Berita terkait
Tips Pentingnya Memperhatikan Produk Makanan Sehat
Orang menganggap orang sehat itu adalah orang yang rajin olahraga, tidur yang cukup serta tidaTapi perlu memperhatikan produk makanan.
Jahe dan Empat Makanan Sehat Cegah Kanker Paru-Paru
Kanker Paru-paru masih menghantui masyarakat hingga sekarang ini, dengan cara sehat alami seperti jahe dapat mencegah risiko penyakit ini.
Makanan Sehat Perlu Dikonsumsi Saat Menstruasi
Wanita mengalami siklus menstruasi kehilangan 20-80 ml darah. Untuk menebus kehilangan darah ini harus mengonsumsi makanan sehat.
0
Presiden Venezuela Kecam Kudeta Bolivia
Presiden Venezuela Nicolas Maduro mengecam kudeta Bolivia.