Lemon dan Empat Makanan Sehat Pelancar Buang Air Besar

Susah buang air besar (BAB) kerap menjadi permasalahan bagi setiap orang.
Lemon. (Foto: Antara/Shutterstock)

Jakarta - Susah buang air besar (BAB) kerap menjadi permasalahan bagi setiap orang. Keluhan ini tentu bisa menjadi beban pikiran bagi mereka yang pernah mengalaminya. 

Masalah seperti ini tentu berkaitan dengan pencernaan yang tidak lancar. Namun, mengatasi hal tersebut sudah seharusnya kamu mengubah pola makan dengan cara mengonsumsi makanan yang sehat. 

Berikut Tagar rangkumkan beberapa jenis makanan yang terbukti dapat melancarkan BAB. 

1. Apel

ApelBuah Apel. (Foto: pixabay/pasja1000)

Kandungan vitamin A, C, Kalium, folat, dan mineral yang dimiliki oleh buah yang satu ini, ternyata baik untuk melancarkan buang air besar. Jika kamu mengalami persoalan susah BAB, sudah seharusnya mulai dari sekarang rutin mengonsumsi apel.

Apel juga mengandung pectin yang dipercaya dapat menambah jumlah bakteri baik, sehingga sisa-sisa makanan dapat segera diubah menjadi feses dan dikeluarkan dalam bentuk kotoran melalui saluran pencernaan.

2. Asparagus

AsparagusAsparagus. (Foto: Pixabay/Couleur)

Asparagus atau yang lebih dikenal dengan rebung mengandung prebiotik yang tinggi. Di dalam kandungan itu, terdapat serat yang jumlahnya besar. 

Jadi, jangan heran kalau asparagus sering dikonsumsi untuk melancarkan BAB. Untuk mendapatkan khasiatnya, kamu dapat mencampurkan asparagus dengan sayur sawi putih dan disiram dengan santan kelapa.

3. Lemon

LemonLemon. (Foto: Antara/Shutterstock)

Kandungan vitamin C pada lemon ternyata mampu memecah dan mengubah sisa-sisa makanan menjadi feses, yang nantinya akan dikeluarkan melalui saluran pencernaan.

Untuk mendapatkan khasiat dari lemon, kamu bisa meminum perasan buah tersebut di pagi hari sebelum sarapan agar sisa-sisa makanan kemarin dapat dikeluarkan. Dengan begitu, usus menjadi lebih bersih.

4. Bayam

BayamKlorofil bayam bertanggung jawab untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. (Foto: pixabay)

Bayam memang sudah terbukti memiliki serat yang tinggi di setiap helai daunnya. Kandungan vitamin di dalam bayam ini juga baik untuk kesehatan tubuh. 

Sayuran ini juga mengandung magnesium dan mineral yang berfungsi mengendalikan usus besar untuk lebih aktif dan produktif untuk mengelola makanan yang sudah dikonsumsi.

5. Air Kelapa 

Air KelapaAir kelapa. (Foto: klikhijau.com)

Air kelapa memang cocok untuk menghilangkan dahaga. Bukan hanya itu saja, kesegaran rasa airnya dan daging buahnya yang legit, ternyata juga mampu melancarkan pencernaan. 

Kandungan elektrolit dalam air kelapa menjadi zat pelancar sembelit dan susah buang air besar. Jika kamu sudah merasakan persoalan yang demikian, cobalah mengonsumsi satu gelas air kelapa muda dan tunggu sampai saluran pencernaan memberi sinyal untuk mengeluarkan feses. []

Baca juga:

Berita terkait
Manfaat Lima Macam Daun Buah-Buahan untuk Kesehatan
Daun buah-buahan ternyata memiliki kandungan nutrisi yang menyehatkan tubuh.
Peach dan Empat Buah Cocok Dimakan Saat Musim Hujan
Musim hujan harus memperbanyak makan buah untuk menjaga kesehatan dan tidak rentan terserang penyakit.
Pisang dan Empat Jenis Makanan Buat Badan Gemuk
Menaikkan berat badan tentu bagi sebagian orang sangat sulit untuk mewujudkannya, tetapi dengan mengonsumsi makanan ini tentu bisa menjadi solusi.
0
Sejarah Ulang Tahun Jakarta yang Diperingati Setiap 22 Juni
Dalam sejarah Hari Ulang Tahun Jakarta 2022 jatuh pada Rabu, 22 Juni 2022. Tahun ini, Jakarta berusia 495 tahun. Simak sejarah singkatnya.