UNTUK INDONESIA
Kunyit dan Empat Rempah Redakan Flu Saat Musim Hujan
Musim hujan cenderung membuat seseorang rentan terhadap penyakit flu, obat herbal apa yang cocok menyembuhkan penyakit tersebut?
Kunyit. (Foto: Pixabay)

Jakarta - Musim hujan cenderung membuat seseorang rentan terhadap penyakit. Pada situasi seperti itu, biasanya flu paling sering terjadi hingga akhirnya membuat kamu malas dalam beraktivitas.

Salah satu cara untuk mencegah flu hingga masuk angin atau penyakit lainnya, kamu bisa mengonsumsi minuman herbal yang terbuat dari rempah-rempah. 

Berikut Tagar rangkum dari berbagai sumber terkait jenis rempah-rempah yang bisa Anda konsumsi di kala cuaca dingin tiba.

1. Kunyit

KunyitKunyit. (Foto: Pixabay)

Kunyit memang dianggap sebagai antibiotik alami yang dapat menghangatkan tubuh dan mengurangi sakit tenggorokan. 

Untuk mengobati batuk dan flu, kamu bisa menghancurkan sepotong kunyit kecil. Lalu masukkan ke segelas susu hangat dan tambahkan satu sendok teh gula untuk minuman sehat ini.

Namun yang harus diingat, jangan minum air putih sesaat setelah minum susu kunyit hangat ini. Karena, air dapat menghambat aktivitas senyawa dari kunyit.

2. Jahe

JaheJahe. (Foto: Pixabay/Couleur)

Orang Indonesia biasanya meminum jahe yang telah dibuat menjadi jamu. Kandungan antiperadangan pada jahe dapat membantu melawan sakit tenggorokan dan infeksi pernapasan.

Jahe memang sangat manjur menyembuhkan penyakit yang satu ini tanpa ada efek samping. Hal itu karena obat herbal tersebut memiliki sifat antibakteri dan antivirus alami yang membantu melawan virus flu.

Bukan hanya itu saja, kandungan senyawa shagoals dan gingerol yang ada dalam jahe juga dapat merangsang sekresi cairan pencernaan yang menetralkan asam lambung. 

Bagaimana mengolah jahe menjadi obat herbal untuk mengatasi flu?Mudah saja. Pertama, kupas kulit jahe dan cuci bersih. Kemudian, kunyah hingga semua sarinya keluar.

Cara lain, coba campur 1/4 buah lemon dengan jahe yang sudah diparut dan madu. Lalu aduk hingga rata. Saat akan diminum, ambil 1 sendok makan (sdm) campuran tersebut dan masukkan ke dalam air hangat.

Aduk rata dan minum air yang telah ditambahkan 1 sdm campuran tadi. Simpan sisa campuran lemon, jahe dan madu di dalam kulkas, maka akan tahan hingga 3 bulan.  

3. Kapulaga

KapulagaKapulaga. (Foto: Pixabay/PDPics)

Kapulaga merupakan bahan alami yang kaya dengan fitonutrien, vitamin dan minyak esensial yang berperan sebagai antioksidan kuat. Obat herbal ini sangat baik dalam menyembuhkan penyakit dan menetralisir efek buruk radikal bebas.  

Memiliki sifat antibakteri dan antibiotik, kapulaga juga efektif dalam meredakan tenggorokan, hidung tersumbat dan penyebab lain akibat flu. Cukup dengan merebusnya kapulaga sebanyak satu sendok makan selama paling tidak 10 menit dan minum selagi hangat.

Rempah yang  memiliki ukuran kecil ini juga memiliki sifat diuretik, atau memperlancar pembuangan air seni. Bahkan Kapulaga juga bisa membuang racun dari dalam tubuh. 

4. Cengkeh

CengkehCengkeh. (Foto: Pixabay/abuyotam)

Cengkeh dapat digunakan untuk mengobati masalah pernapasan, mengatur suhu tubuh, dan flu. 

Antioksidan cengkeh membantu membangun sistem kekebalan yang kuat. Kandungan zat yang ada dalam cengkeh bekerja sebagai ekspektoran, sehingga melonggarkan lendir di tenggorokan.  

Cara ampuh untuk menyembuhkan penyakit yang disebabkan oleh flu ini adalah dengan menambahkan dua atau tiga cengkeh ke dalam sup, teh, atau kari. Selain itu, mengunyah cengkeh dapat mengatasi radang tenggorokan dan menghilangkan bau badan

5. Kayu Manis

Kayu ManisKayu Manis. (Foto: Pixabay/Daria-Yakovleva)

Kayu manis dipercaya dapat merangsang sirkulasi darah, sehingga badan terasa lebih hangat. Bahkan juga dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh di cuaca yang sedang tidak menentu ini.

Salah satu caranya, kamu dapat menyediakan satu sendok makan bubuk kayu manis dan madu yang dicampur dengan air hangat. Langkah ini memberikan manfaat yang sangat baik untuk menyegarkan kondisi tubuh. 

Rempah yang memiliki aroma khas ini juga dapat dicampur dengan jahe untuk mengatasi masuk angin. 

Jadi, manfaatkan obat alami ini untuk mengembalikan kesehatan tubuh kamu agar tak rentan terhadap penyakit yang disebabkan oleh musim hujan yang akan datang sewaktu-waktu. []

Baca juga:

Berita terkait
Cegah Dehidrasi Agar Tetap Sehat dan Fokus
Kekurangan cairan dalam tubuh atau dehidrasi jadi salah satu faktor yang mempengaruhi kerja otak dan otot sehingga bisa mengantuk dan tidak fokus
Lima Langkah Memelihara Kesehatan Mental Saat Bekerja
Memelihara kesehatan mental saat bekerja dapat menjaga produktivitas kerja dan menurunkan beban stres.
Sekarang Gizi Seimbang Bukan (Lagi) 4 Sehat 5 Sempurna
Pola kuliner yang selama ini disebut '4 sehat 5 sempurna' ternyata tidak mendukung kebutuhan gizi, maka sekarang disebut 'gizi seimbang'
0
Bukan Mental Tetapi Fisik yang Jadi Problem Timnas
Timnas Indonesia dihadapkan pada problem fisik ketimbang mental menjelang laga melawabn Vietnam di kualifikasi Piala Dunia 2022 di Bali.