UNTUK INDONESIA
Hewan Jijik Obat Mujarab Sembuhkan Penyakit
Hewan yang terkenal menjijikkan, ternyata menjadi obat mujarab untuk menyembuhkan penyakit, apa sajakah itu?
Bekicot. (Foto: www.boombastis.com)

Jakarta - Siapa sangka hewan yang terkenal menjijikkan, ternyata menjadi obat mujarab untuk menyembuhkan penyakit. Terlihat bergidik memang mendengarnya, tetapi banyak penyakit yang sembuh hanya dengan mengonsumsinya.

Berikut Tagar berikan ulasannya mengenai sejumlah hewan menjijikkan yang dijadikan obat mujarab menyembuhkan penyakit. 

1. Cacing Tanah

Cacing TanahCacing Tanah. (Foto: mediatani.co)

Cacing tanah memang sudah sangat dikenal memiliki banyak khasiat dalam menyembuhkan penyakit. Apalagi sekarang ini telah ada kapsul berisikan ekstrak cacing tanah yang beredar di pasaran. 

Hewan yang satu ini memang sudah terbukti mampu mengobati berbagai infeksi saluran pencernaan seperti typus, disentri dan diare. 

Selain itu, mujarab menyembuhkan mengobati penyakit infeksi saluran pernafasan, menurunkan kadar kolesterol, menurunkan tekanan darah pada penderita hipertensi, dan penyakit lainnya.

2.  Lintah

LintahLintah. (Foto: Pixabay/Stones)

Mendengar nama hewan ini saja sudah menggelikan dan menjijikkan. Tetapi, tak terbayangkan ternyata lintah memiliki manfaat menyembuhkan penyakit, yaitu dengan terapi lintah. 

Mengenai terapi lintah tersebut memang sudah banyak dikenal masyarakat. Dahulu terapi tersebut diklaim dapat mencegah kelainan sistem saraf, masalah gigi dan kulit, meringankan nyeri, mengobati peradangan, serta infeksi. 

Jangan salah mengira, ternyata lintah yang digunakan untuk terapi hanya sejenis tertentu seperti Hirudo medicinalis, Hirudo troctina, Hirudo nipponia, Hirudo quinquestriata, Poecilobdella granulosa, Hirudinaria javanica, Hirudinaria manillensis, Haementeria officinalis, Hirudo orientalis, dan Haementeria depressadan, yang dikembangkan dalam lingkungan khusus. 

Lintah khusus digunakan untuk pengobatan, umumnya mengeluarkan air liur yang mengandung lebih dari 100 jenis protein saat mengisap darah. 

Protein inilah yang memberikan efek medis, seperti memperlancar peredaran darah, meredakan nyeri, hingga efek antiperadangan dan antimikroba.

3. Kecoak

KecoakKecoak. (Foto: boombastis.com)

Hewan yang satu ini memang terkenal kotor dan jorok. Jadi kebanyakan orang pasti membenci keberadaan binatang berjenis serangga tersebut. 

Namun, tak banyak yang mengetahui jika kecoak memiliki manfaat untuk mengobati penyakit.  Seorang peneliti Pasca Sarjana dari University of Nottingham, Inggris bernama Simon Lee menyebutkan binatang tersebut memiliki sifat antibiotik yang kuat. 

Melansir dari  Dr Health Benefit, kecoak mampu membunuh bakteri karena senyawa kimia beracun yang dimilikinya itu. Namun yang menjadi perhatian sekarang ini, pemanfaatan kecoak harus dilakukan ditangan para profesional mulai sejak diproses mentah dan tidak dimakan secara langsung.

Manfaat lainnya adalah mengobati luka bakar, dan mencegah diare. Jika tidak diolah dengan benar, kecoak akan membahayakan kesehatan seperti memicu gejala untuk penderita alergi. 

Sebuah penelitian dari University of Nottingham menemukan kecoak memiliki zat di otak yang dapat membunuh bakteri Escherichia Coli. Bakteri inilah dapat menyebabkan diare pada tingkat tertentu dan biasanya ditemukan di usus.

4. Bekicot

BekicotBekicot. (Foto: www.boombastis.com)

Hewan menjijikkan lainnya yaitu bekicot, yang ternyata memiliki manfaat mulai dari daging, lendir sampai kulitnya. Meski sering dianggap sebagai hama, binatang ini bisa mengobati penyakit seperti abortus, sakit waktu menstruasi, radang selaput mata, sakit gigi, gatal-gatal, jantung dan lain-lain. 

Sedangkan kulit bekicot sangat mujarab untuk penyakit tumor. Sebuah penelitian  yang dimuat dalam Jurnal Ilmiah Kedokteran menyebutkan potensi lendir bekicot dinilai efektif sebagai penyembuh luka sayat pada kulit. 

Namun, di negara Eropa khususnya di Prancis, sangat menyukai olahan bekicot yang lebih akrab disebut escargot.. 

Escargot ini memiliki kandungan nutrisi yang tinggi, dibuktikan dalam Data Komposisi Pangan Indonesia milik Kementerian Kesehatan RI, setiap 100 gram (gr) daging bekicot mengandung 441 kalori (kal), 48,7 gr protein, 20,3 gr lemak, dan 15,8 gr karbohidrat. Escargot juga diperkaya dengan beragam mineral dan vitamin di dalamnya.

5. Ular

UlarUlar. (Foto: Pixabay/Steve001)

Ular memang dikenal sebagai hewan yang membahayakan kehidupan manusia karena bisa menyebabkan kematian. Tetapi, tak ada yang menyangka, hewan melata ini memiliki manfaat untuk meningkatkan gairah seksual. 

Hewan menjijikkan ini juga mampu menyembuhkan beberapa jenis penyakit seperti alergi berat, tekanan darah tinggi dan strok. Tak hanya itu, ternyata kulit ular juga sering digunakan untuk dunia fashion dan bahkan dijual mahal di pasaran. []

Baca juga:

Berita terkait
Lima Makanan Sehat Bisa Redamkan Amarah
Ada makanan sehat yang mampu meredamkan atau mencegah emarah, salah satunya pisang.
Peach dan Empat Buah Cocok Dimakan Saat Musim Hujan
Musim hujan harus memperbanyak makan buah untuk menjaga kesehatan dan tidak rentan terserang penyakit.
Waspada! Empat Sayuran Ini Mengandung Nikotin Seperti Rokok
Waspada! Empat sayuran ini mengandung nikotin seperti rokok. Berikut beberapa sayuran yang mengandung nikotin yang berhasil Tagar rangkum dari berbagai sumber.
0
Banjir Meluas di Aceh Singkil, Terjang Rumah Warga
Akibat terjangan banjir, bangunan rumah dan kamar mandi di halaman rumahnya sudah roboh dihantam derasnya air.