UNTUK INDONESIA
Tujuh Manfaat Sehat Genjer, Nomor Dua Bikin Kaget
Sayur Genjer memiliki khasiat yang baik bagi tubuh, salah satunya mengatasi anemia.
Sayur Genjer. (Foto: Instagram/@yusiardhikakuliner)

Jakarta - Mendengar genjer tentu sudah tak asing lagi di telinga masyarakat Indonesia. Sejenis sayuran  ini memang sudah populer sejak di zaman penjajahan Jepang. 

Sayur genjer ini juga pernah jadi inspirasi Muhammad Arief untuk menciptakan lagu berjudul 'Gendjer-gendjer' hingga terkenal pada masa Orde Lama. Bahkan karya ciptaannya ini diisukan sebagai citra PKI

Memang bagi orang yang tinggal di kota, nama sayuran ini masih terlihat asing. Mungkin karena sayuran ini biasa tumbuh di persawahan, sehingga membuat genjer jadi terlupakan. 

Meski namanya tak familier, siapa sangka sayur tersebut memiliki khasiat yang luar biasa untuk tubuh Anda. Berikut Tagar rangkumkan sejumlah manfaat genjer bagi kesehatan tubuh.

1. Mengatasi Anemia 

Genjer mengandung zat besi tinggi yang sangat berperan penting dalam pembentukan sel-sel darah merah. Itu sebabnya, sayuran ini menjadi salah satu makanan sehat yang mampu mengatasi anemia dan kekurangan darah. 

Zat besi dalam sayur genjer juga bermanfaat untuk memperbaiki sel-sel darah merah sehingga aliran darah pun menjadi lebih lancar dan terhindar dari berbagai penyakit.  

2. Meremajakan Sel-sel Tubuh 

Genjer mengandung protein yang tinggi yang berfungsi meremajakan sel-sel tubuh yang rusak dan tidak berfungsi. Apabila sel-sel tubuh rusak, tentu akan terjadi ketidakseimbangan dalam tubuh karena ada bagian-bagian tertentu yang tidak berjalan. 

Jika hal itu sudah terjadi, pastinya akan membuat tubuh rentan terkena penyakit. Untuk menghindarinya, mulailah mengonsumsi sayuran tersebut secara rutin. 

3. Menyehatkan Gigi, tulang, dan Osteoporosis

Daun genjer mengandung kalsium dan fosfor alami yang sangat baik untuk kesehatan gigi dan tulang. Dalam kaitannya dengan kesehatan tulang, genjer juga bisa membantu mencegah osteoporosis secara dini.

Dalam 100 gram penyajian sayur genjer, terkandung 62 mg kalsium yang baik untuk tubuh. Sehingga dengan persoalan itu, tidak ada salahnya kamu mulai mencoba mencicipinya. 

4. Menurunkan Kadar Gula Darah

Genjer mengandung vitamin C tinggi yang dapat mengikat lemak berbahaya atau lemak jenuh. Kandungan gizi dalam sayuran itu, ternyata bisa berkhasiat menurunkan kadar darah tubuh. 

Bagi penderita hiperglikemia atau kondisi dimana kadar gula darah melebihi batas normal, kamu bisa segera mengonsumsi sayur ini. 

5. Menyembuhkan Luka

Kandungan besi yang ada dalam sayur genjer, memiliki khasiat membantu mempercepat proses penyembuhan luka. 

Untuk mengaplikasikannya, kamu dapat membalurkan daun genjer yang sudah ditumbuk halus ke bagian tubuh yang terluka, dan sudah dicuci bersih sebelumnya. Namun jika luka Anda tidak kunjung membaik setelah beberapa hari, Anda perlu berkonsultasi pada dokter. 

6. Berperan Sebagai Antibiotik

Genjer juga memiliki manfaat sebagai antibiotik bagi tubuh.  Antibiotik ini sangat berguna untuk melawan berbagai kuman dan bakteri penyebab penyakit yang membahayakan tubuh.

Dengan kandungan flovanoid dan vitamin C tinggi dalam genjer, membuat sayuran ini memiliki kemampuan sebagai antibiotik alami. Dengan begitu, kamu terhindar dari berbagai bakteri jahat yang mengancam kesehatan.

7. Menambah Selera Makan

Dengan banyaknya nutrisi yang terkandung dalam genjer, seperti vitamin B, zat besi, fosfor, lemak, karbohidrat, dan zat gizi lainnya, ternyata mampu menambah selera makan kamu.

Genjer bisa dijadikan lalapan atau dijadikan tumisan bersama oncom dan leunca, ditambah nasi panas, akan semakin meningkatkan kenikmatan yang tak akan pernah terlupakan.[]

Baca juga:

Berita terkait
Diabetes dan 9 Gangguan Kesehatan Akibat Duduk
Aktivitas duduk terlalu lama dapat menyebabkan berbagai gangguan kesehatan seperti diabetes, bahkan juga psikologis.
Lima Olahraga untuk Kesehatan Jantung
Karena dengan jantung sehat dan kuat, manusia akan bertahan hidup lebih lama lagi. Berikut Tagar merangkum lima olahraga untuk kesehatan jantung
Tips Menjaga Mata Selalu Sehat
Mempunyai mata sehat merupakan sebuah keinginan setiap manusia. Berikut ini Tagar merangkum tips menjaga agar selalu tetap sehat.
0
Jenis Olahraga yang Aman Selama Puasa
Namun, saat menjalani puasa Ramadan banyak orang yang malas berolahraga karena takut kelelahan, dan batal puasanya.