UNTUK INDONESIA
Jahe dan Empat Makanan Sehat Cegah Kanker Paru-Paru
Kanker Paru-paru masih menghantui masyarakat hingga sekarang ini, dengan cara sehat alami seperti jahe dapat mencegah risiko penyakit ini.
Jahe. (Foto: Pixabay/Couleur)

Jakarta - Kanker Paru-paru tentu masih menghantui masyarakat hingga sekarang ini. Itu karena penyembuhan terhadap penyakit tersebut sangat sulit. 

Namun, kanker paru-paru ini bisa saja dicegah dengan cara yang alami dan sehat. Berikut makanan sehat yang mampu menghindari risiko dari penyakit ini.

1. Pir

PirPir. (Foto: Pixabay/PIRO4D)

Buah ini memiliki senyawa phytochemical yang bersifat antitumor atau dikenal dengan sebutan phloretin

Phloretin secara nyata dapat menginduksi kematian sel apoptosis pada sel kanker dan meningkatkan efek anti kanker cisplatin seperti obat kemoterapi yang umum digunakan pengidap kanker. 

 2.  Wortel  

wortelWortel. (Foto: Pixabay/jackmac34)

Wortel juga memiliki senyawa phytochemical yang juga dikenal sebagai asam klorogenik. Asam klorogenik ini bisa merusak jalur sinyal pada kanker paru. 

Senyawa ini juga mampu mencegah terjadinya proses bertumbuhnya pembuluh darah baru yang memasok kehidupan ke dalam sel tomor penyebab kanker. Proses pertumbuhan tersebut dikenal dengan sebutan angiogenesis.     

3. Teh Hijau

Teh HijauIlustrasi. (Foto: Pixabay/rawpixel)

Teh hijau merupakan minuman yang disarankan untuk menghindari risiko penyakit kanker paru. Hal itu karena teh hijau memiliki theaflavin dan epigallocatechin-3-gallate (EGCG) yang berefek lebih besar daripada obat kemoterapi.   

Teh hijau juga baik diminum bagi yang sudah mengidap penyakit paru karena bisa memperlambat laju pertumbuhan sel kanker agar tidak menyebar luas.

4. Selada Air 

Selada AirSelada Air. (Foto: pixelproposal)

Selada air mengandung isothiocyanate yang bisa menghambat pertumbuhan tumor dan menggagalkan proses pembelahan sel kanker yang ada di dalam tubuh.  

Dalam sayur ini juga terdapat komponen antioksidan yang berfungsi meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mendetoksifikasi racun di tubuh.

5.  Jahe

JaheJahe. (Foto: Pixabay/Couleur)

Jahe memiliki senyawa 6-shagaol yang berperan dalam mencegah perkembangan kanker paru-paru. Bahkan, mampu mengatasi mual yang diakibatkan dari kemoterapi, dan mengurangi risiko metastasis pada penyakit mematikan ini. 

Efek penghancur kanker yang dilakukan senyawa ini, tidak beracun ataupun merusak  sel-sel normal atau non-kanker pada tubuh. Anda bisa mengaplikasikan dengan keadaan mentah ataupun dimasak, untuk mencegah penyakit ini.

Untuk melakukan pencegahan, anda bisa rajin minum jahe dari sekarang, tidak harus terserang kanker dulu. Tetapi, dengan cara ini, kamu bisa merasakan manfaat sehat dari jahe itu.[] 

Baca juga:

Berita terkait
Tanda-Tanda Seseorang Terkena Kanker Paru-paru
Sutopo Purwo Nugroho meninggal karena kanker paru-paru, sebenarnya bagaimana gejala penyakit mematikan itu?
8 Tanda Kanker Paru, Penyakit yang Merenggut Nyawa Istri Indro Warkop
Nita Octobijanthy istri komedian Indro Warkop, meninggal karena kanker paru-paru. Ini 8 tanda atau gejala awal kanker paru-paru.
Mengidap Kanker Paru, Begini Kondisi IYL
Mengidap kanker paru-paru, mantan Bupati Gowa Ichsan Yasin Limpo (IYL) terbaring lemah di salah satu rumah sakit di Singapura.
0
Samsung Patenkan Layar SAMOLED
Samsung telah mematenkan merek dagang SAMOLED untuk layar ponsel pintar.