Pemerintah Kota Makassar

Ragam Manfaat Ikan Salmon untuk Bayi

Di masa emas pertumbuhannya, bayi perlu mendapatkan nutrisi secara lengkap lewat menu makanan yang beragam.
Ilustrasi Ikan Salmon. (Foto: Pixabay/robsonmelo)

Jakarta - Ikan merupakan salah satu makanan yang memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan tubuh, khususnya bagi bayi. Selain rasanya yang memang nikmat, nyatanya ikan memiliki banyak sekali kandungan yang dibutuhkan oleh bayi untuk perkembangannya.

Tak hanya untuk orang dewasa, manfaat ikan salmon rupanya juga bisa dirasakan oleh bayi. Kandungan menyehatkan yang ada di dalamnya, ditambah rasanya yang cenderung ringan dan tidak amis, membuat ikan ini sangat cocok dijadikan salah satu bahan MPASI.

Banyak kandungan yang terdapat dalam ikan salmon, seperti kalium, selenium, dan vitamin B12. Tidak hanya itu saja, asam lemak omega-3 dan asam lemak esensial alami lainnya yang terkandung dalam salmon nyatanya dapat membantu menjaga kesehatan bayi.

Berkut adalah manfaat ika salmon untuk kesehatan bayi.


Mencegah Penyakit

Kandungan nutrisi yang ada pada ikan salmon nyatanya mampu membuat tubuh bayi lebih kuat melawan berbagai macam penyakit. Asam amino yang terkandung dalam ikan salmon nyatanya dapat menjaga kesehatan dari saluran pencernaan. 

Tidak hanya itu, memberikan ikan salmon kepada bayi nyatanya juga dapat menjaga kesehatan jantung bayi agar terhindar dari beberapa penyakit, seperti radang sendi, kardiovaskular, dan juga diabetes.


Baik untuk perkembangan otak

DHA, yang merupakan bagian dari asam lemak Omega-3, sangat baik untuk perkembangan otak bayi, terutama dalam hal kemampuan kognitifnya.Dengan mendapatkan DHA yang cukup, maka koordinasi, kemampuan untuk fokus, keterampilan, kecerdasan sosial maupun akademis bayi di masa pertumbuhannya akan berkembang dengan baik.


Mengoptimalkan Penglihatan Bayi

Tidak hanya baik untuk perkembangan otak bayi saja, nyatanya kandungan DHA dan AHA dalam ikan salmon juga memiliki manfaat untuk mengoptimalkan penglihatan dan saraf lainnya pada bayi. Berikan ikan salmon saat bayi memasuki usia MPASI. Perhatikan cara pembuatan ikan salmon agar manfaatnya tidak berkurang ketika dimasak. 

Cara yang terbaik adalah dengan mengukus daging ikan salmon. Kemudian, campurkan dengan menu MPASI yang lainnya. Ibu tidak perlu khawatir dengan pencernaan anak. Ikan salmon merupakan salah satu ikan yang sangat aman dikonsumsi oleh bayi.


Membantu penyerapan nutrisi di tubuh

Di masa emas pertumbuhannya, bayi perlu mendapatkan nutrisi secara lengkap lewat menu makanan yang beragam. Dengan begitu, risiko bayi mengalami kondisi seperti malnutrisi atupun stunting, juga akan berkurang.

Selain bisa memberikan manfaat untuk perkembangan otak, jantung, dan mata, asam lemak Omega-3 juga akan membantu tubuh menyerap nutrisi-nutrisi yang masuk secara optimal.[]


(Erlangga)

Baca Juga:

Berita terkait
Kak Seto Kecam Kasus Viral Balita Dijadikan Manusia Silver
Tangsel diketahui merupakan kota layak anak. Predikat positif itu bisa tercoreng dengan adanya kejadian tersebut.
Ratusan Balita di Karawang Terpapar Covid-19
Fitra Hergyana, mengatakan sebanyak 384 anak usia di bawah lima tahun di Kabupaten Karawang telah terpapar Covid-19.
18 Jenis Makanan Terbaik untuk Bayi dan Balita
Berikut Tagar rangkumkan 18 jenis makanan dengan gizi terbaik untuk bayi dan balita.
0
Ragam Manfaat Ikan Salmon untuk Bayi
Di masa emas pertumbuhannya, bayi perlu mendapatkan nutrisi secara lengkap lewat menu makanan yang beragam.