5 Manfaat Mengonsumsi Ikan Lele Bagi Kesehatan

Lele adalah jenis ikan air tawar yang mampu menjadi sumber protein hewani cukup tinggi.
Ilustrasi hidangan Lele. (Foto: Tagar/Ist)

Jakarta - Ikan lele sangat lezat untuk dikonsumsi. Kelebihan lainnya, lele adalah jenis ikan air tawar yang mampu menjadi sumber protein hewani cukup tinggi. Umumnya ikan lele banyak dibudidayakan dengan metode ternak.

Satu porsi atau sekitar 100 gram ikan lele segar mengandung 105 kalori dan beragam nutrisi sebagai berikut:

18 gram protein

3 gram lemak

50 gram natrium

237 miligram asam lemak omega-3

337 miligram asam lemak omega-6

Ikan lele juga mengandung vitamin B12 dan beragamm mineral, seperti selenium, fosfor, dan kalium.

Berikut manfaat kandungan nutrisi yang ada dalam ikan lele juga baik untuk kesehatan.


1. Menjaga kesehatan jantung

Selain bagus untuk kesehatan otak, kandungan asam lemak omega-3 dalam ikan lele juga bagus untuk kesehatan jantung dan mengurangi risiko terjadinya penyakit jantung koroner. Bukan itu saja, jenis asam lemak sehat ini juga dapat mengurangi tekanan darah.

Asam lemak omega-3 tidak bisa diproduksi sendiri oleh tubuh. Oleh sebab itu, untuk mendapat banyak manfaat tersebut, Anda dapat mengonsumsi makanan kaya akan asam lemak omega-3, termasuk ikan lele.


2. Kaya kandungan lisin

Lisin merupakan salah satu dari 9 asam amino esensial yang diperlukan untuk pertumbuhan dan perbaikan jaringan. Lisin tergolong asam amino yang sangat penting dan dibutuhkan sekali dalam pertumbuhan dan perkembangan anak.


3. Mencegah anemia

Ikan lele adalah salah satu sumber makanan kaya vitamin B12 yang bermanfaat untuk mencegah anemia. Tak hanya menghambat, ikan lele juga bisa menjadi pilihan menu sehat untuk penderita anemia.


4. Menurunkan berat badan

Ikan lele merupakan sumber protein padat nutrisi yang bagus untuk menurunkan berat badan. Nutrisi ini bisa memicu Anda menjadi kenyang lebih lama, sehingga bisa mengurangi niat untuk makan berlebih atau mengonsumsi camilan yang bisa menambah berat badan.


5. Menjaga kesehatan otak

Asam lemak omega-3 dalam ikan lele baik untuk menjaga kesehatan otak juga dapat mencegah pikun, depresi, dan gangguan kognitif. Kendati demikian, manfaat ikan lele untuk menjaga kesehatan otak masih memerlukan penelitian lebih lanjut. []


Baca Juga:

Berita terkait
3 Makanan Pengganti Nasi yang Cocok untuk Diet
Indeks glikemik yang tinggi membuat nasi putih mudah dan cepat untuk terpecah menjadi gula yang akan terserap oleh tubuh.
Hari Vegan Sedunia 1 November, Ini Manfaat Kesehatan Pola Makan Vegan
Banyak penelitian mengatakan bahwa pola makan vegan juga membantu menurunkan berat badan.
6 Kombinasi Makanan yang Bisa Menimbukan Penyakit hingga Kematian
Beberapa jenis makanan akan sangat berbahaya apabila dikonsumsi bersamaan.