Ragam Penyakit Tulang yang Harus Diketahui

Secara umum, manusia bisa melakukan pergerakan karena adanya sistem yang disebut muskuloskeletal.
Ilustrasi Tulang Bengkok (Foto: Tagar/Pixabay)

Jakarta - Tubuh manusia terdiri dari 206 tulang dari ujung kepala hingga kaki, tulang-tulang itu lah yang membuat manusia kuzt untuk melakukan aktivitas. Karena fungsi tulang sangat penting bagi manusia, sudah semestinya kita harus menjaga kesehatan tulang kita. Agar terhindar dari penyakit yang membahayakan tulang.

Secara umum, manusia bisa melakukan pergerakan karena adanya sistem yang disebut muskuloskeletal. Sistem ini terdiri dari alat gerak yang saling bersinergi antara satu dengan yang lain. Otot, rangka, dan sendi, merupakan tiga alat gerak penyusun sistem musculoskeletal.

Fungsi lain dari musculoskeletal adalah membentuk postur tubuh, menahan berat badan, serta memberika stabilitas pergerakan tubuh manusia. Tak hanya itu, sistem gerak berfungsi juga sebagai melindungi organ – organ penting yang ada di dalam tubuh manusia, seperti, otak, jantung, paru – paru, dan hati.

Berikut adalah penyakit yang bisa menyerang tulang.

1. Osteoporosis

Penyakit ini merupakan penyakit yang paling banyak menyerang tulang manusia. Dimana tulang mengalami kerapuhan sehingga menyebabkan tulang menjadi sangat lemah dan rapuh. Umumnya terjadi di tulang belakang, dan pergelangan tangan.


2. Penyakit peget

Penyakit ini merupakan penyakit tulang yang meyebabkan tulang tumbuh lebih besar dan tebal di bagian tertentu. Bila tidak segera ditangani, penyakit ini bisa menggangu proses regenerasi pada jaringan tulang baru untuk menggantikan jaringan tulang lama.


3. Osteoarthritis

Ini adalah salah satu penyakit artritis yang paling umum terjadi atau bisa disebut radang sendi. Penyakit ini terjadi ketika bantalan yang ada di antara ujung tulang salintg bergesekan, sehingga menimbulkan rasa sakit, kaku, serta tak jarang menyebabkan bengkak.


4. Skoliosis

Scoliosis merupakan kelainan tulang, kelainan ini juga bisa mempengaruhi sistem gerak pada tubuh manusia. Skoliosis ini membuat susunan tulang yang seharusnya lurus menjadi membentuk S atau C. belum diketahui secara pasti mengapa kelainan ini bisa terjadi pada tulang manusia, tapi ada beberapa hal yang bisa menyebabkan kodisi tersebut, di antaranya cedera tulang belakang, infeksi tulang belakang, hingga bawaan sejak lahir.


5. Tumor tulang

Penyakit tulang yang satu ini, terjadi ketika sel – sel tulang tumbuh secara tidak terkendali, sehingga membentuk sebuah gumpalan jaringan (tumor). Secara umum, tumor tulang dapat diklasifikasikan menjadi dua jenis, yaitu jinak dan ganas. Baik tumor ganas maupun tumor jinak, sebaiknya tidak dianggap sebagai hal sepele, karena keduanya sangat berbahaya bagi tulang.


Cara Mencegah Penyakit pada Tulang

Baik pria maupun wanita, muda ataupun tua, semuanya rentan untuk terserang penyakit tulang. Oleh karena itu, supaya Anda tidak mudah terkena penyakit tersebut, sebaiknya lakukan langkah-langkah pencegahan sejak dini. Beberapa langkah pencegahan yang bisa Anda lakukan, di antaranya:

  • Rutin olahraga secara teratur, setidaknya 3 kali dalam seminggu;
  • Upayakan untuk menjaga berat badan ideal;
  • Penuhi selalu asupan vitamin D dan kalsium;
  • Periksa kepadatan tulang secara berkala;
  • Hindari atau bahkan berhenti merokok dan konsumsi minuman beralkohol.

Supaya tulang Anda semakin sehat dan kuat, lengkapi juga dengan minum Anlene Actifit setiap hari. Anlene Actifit mengandung kalsium yang dua kali lebih banyak dari susu biasa, sehingga sangat baik untuk tulang Anda. 

Selain itu, kandungan vitamin D, zinc, dan magnesium dalam Anlene Actifit juga berguna untuk membantu mengoptimalkan pembentukan struktur tulang agar tetap kuat.[]

(Erlangga)

Baca Juga:

Berita terkait
Berbagai Jenis Cuka dan Manfaatnya untuk Kesehatan
Sebaiknya, cuka dikonsumsi dalam porsi kecil atau setelah diencerkan dalam air
7 Jenis Teh Herbal untuk Mengobati Sembelit, Mudah Dibuat
Teh herbal dapat dibuat dari kombinasi jamu atau campuran daun, biji, akar berbagai tanaman dan air panas.
9 Jenis Tanaman Keladi Tercantik, Perawatannya Mudah
Keladi cocok dijadikan sebagai tanaman hias di rumah untuk menambah kesan asri.
0
Ragam Penyakit Tulang yang Harus Diketahui
Secara umum, manusia bisa melakukan pergerakan karena adanya sistem yang disebut muskuloskeletal.