UNTUK INDONESIA

Resep dan Cara Mudah Bikin Salmon Mentai Rice yang Lagi Hits

Baru-baru ini, mentai menjadi salah satu makanan yang hits di Indonesia. Ternyata bisa loh, untuk dibuat sendiri di rumah dengan cara yang mudah.
Salmon mentai rice ketika siap untuk disajikan. (Foto : Instagram/mentaibyfarnanis)

Jakarta – Selain ramen dan sushi, masyarakat Indonesia juga dapat mencicipi makanan khas yang berasal dari Negeri Sakura atau Jepang yang bernama mentai. Mentai atau mentaiko ini biasanya memiliki isi berbahan dasar ikan. 

Pada bagian sausnya itu sendiri akan terdapat mayonise. Banyak variasi yang sudah dikembangkan di masyarakat dalam menyajikan mentai.

Baca Juga:

Selain dengan menggunakan ikan, di Indonesia dapat ditemui beberapa penjual memiliki variasi mentai disajikan bersama ayam, salmon, dan stik kepiting. Lalu makanan itu sendiri dapat kita santap bersama nasi yang diletakkan dilapisan paling bawah mentai.

Memasak mentai sendiri cukup mudah jika memiliki oven atau blow torch di rumah. Berikut resep membuat salmon mentai rice untuk 2 porsi yang dikutip oleh Tagar.

Mentai Makanan Khas JepangMentai salah satu makanan khas Jepang yang baru-baru ini hits di Indonesia. (Foto: Instagram/mentainnaja)

Langkah-langkahnya yakni terlebih dahulu menyiapkan nasi sebanyak 250 gram dengan 1 sendok makan bubuk nori, satu sendok teh minyak wijen, dan 2 sendok makan kecap asin. Lalu campur bahan-bahan tersebut dan aduk secara merata.

Jika sudah merata, lanjutkan dengan pengolahan bahan untuk topping ikan salmon. Siapkan 200 gram ikan salmon yang sudah teriris tipis dan 2 sendok makan kecap asin. Lumuri seluruh bagian irisan salmon dengan kecap asin.

Ambil teflon untuk persiapan panggangan. Ikan salmon yang sudah dilumuri kecap asin tadi, tata secara rapih pada teflon untuk dipanggang dengan waktu yang singkat. Hanya dengan menunggu warna salmon pada panggangan berubah, angkat dan pindahkan salmon tersebut dari teflon. Step berikutnya adalah membuat saus mentai.

Sajian MentaiSajian mentai dengan berbagai varian. (Foto : Instagram/mentaibyfarnanis)

Pada saus mentai, bahan yang digunakan adalah 100 gram mayonnaise, 1 sendok makan tobiko (telur ikan), 1 sendok makan saus tomat dan saus sambal sebanyak 2 sendok makan. Campur seluruh bahan untuk saus mentai pada wadah yang sama, lalu aduk secara merata.

Lalu ambil nasi dan tata dalam wadah aluminium foil atau yang pinggirannya tahan panas. Masukkan beberapa irisan ikan salmon yang sudah dipanggang tadi.

Baca Juga:

Setelah itu, tuangkan bahan saus mentai yang sudah dicampurkan tadi sebagai lapisan paling atas untuk menutupi seluruh permukaan ikan salmon. Bisa juga tambahkan potongan nori kecil-kecil berbentuk panjang dan wijen putih sebagai topping diatasnya. Siapkan panggangan blow torch atau oven untuk proses selanjutnya.

Panggang salmon mentai rice tersebut hingga warnanya berubah menjadi kecoklatan. Jika sudah, salmon mentai rice pun siap untuk disajikan dan dapat langsung disantap. (Hafidjah Nuraulia S)

Berita terkait
Rujak Juhi Khas Betawi yang Terinspirasi Kuliner Tiongkok
Beragam rujak di Tanah Air, salah satunya rujak juhi. Makanan ini khas Betawi terinspirasi kuliner Tiongkok. Berikut resep dan cara membuatnya.
Mengenal Black Ramen, Kuliner Khas Kota Toyama Jepang
Ramen merupakan nama makanan yang berupa mi atau soba dan menjadi salah satu kuliner khas Jepang. Tetapi, pernah nggak sih, mendengar ramen hitam?
Resep Es Krim Rumahan Mudah Dibuat dan Murah
Es krim bisa dibuat sendiri di rumah. Penasaran seperti apa resep es krim rumahan? yuk simak berikut ini.
0
Resep dan Cara Mudah Bikin Salmon Mentai Rice yang Lagi Hits
Baru-baru ini, mentai menjadi salah satu makanan yang hits di Indonesia. Ternyata bisa loh, untuk dibuat sendiri di rumah dengan cara yang mudah.