Cara Merawat Kulit Agar Tetap Sehat dan Bersih

Maka dari itu kita harus memperhatikan kulit tubuh, yuk simak cara-cara merawat kulit agar tetap sehat.
Ilustrasi merawat kulit (Foto:Tagar/ pexels)

Jakarta - Selain kulit wajah, kulit tubuh juga merupakan hal yang harus diperhatikan. Karena memiliki kulit tubuh yang halus dan bersih dapat meningkatkan kepercayaan diri. Selain menjadi indra perasa, kulit juga melindungi tubuh, mengatur suhu dan masih banyak lagi.

Kulit merupan organ tubuh yang cukup kompleks Karena keseluruhan kulit yang dimiliki tiap orang dewasa adalah sekitar dua meter persegi dengan berat sekitar 3,6 kg. Pada sepetak area kulit dengan luas 6,4 cm persegi rata-rata mengandung 650 kelenjar keringat, 20 pembuluh darah, dan lebih dari 1.000 ujung saraf.

Kulit manusia juga bisa berbeda-beda, mulai dari yang memiliki warna terang hingga gelap. Hal ini disebabkan oleh pigmen atau zat warna kulit yang disebut melanin. Selain itu, warna kulit juga ditimbulkan dari jaringan ikat di bawah kulit dan hemoglobin atau sel darah merah di dalam pembuluh darah kulit.

Maka dari itu kita harus memperhatikan kulit tubuh, yuk simak cara-cara merawat kulit agar tetap sehat.


1. Hindari mandi menggunakan air panas

Penggunaan air hangat cukup dapat membuka pori-pori pada kulit. Apabila kamu mengingkan kulit yang bersih dan berkilau, kamu bisa mandi dengan air dingin. Karena air dingin dapat mempersempit pembuluh darah sementara pada kulit. Sehingga dapat mengurangi kemerahan dan memperkecil pori-pori.

Pori-pori yang menutup jga dapat mencegah kotoran tidak mudah masuk. Karena ketika kotoran masuk akan membuat kulit terlihat kusam.


2. Melakukan eksfoliasi kulit

Pada umumnya kulit akan melakukan regenerasi dan lapisan atas akan diisi oleh sel-sel sehat. Kulit secara alami dapat melepaskan sel-sel kulit mati untuk member ruang bagi sel-sel baru setiap 28 hari atau lebih.

Namun terkadang sel-sel mati tidak dapat terlepas sepenuhnya, sehingga membuat kulit menjadi kering, bersisik, dan pori-pori tersumbat. Proses eksfoliasi ialah membantu mengangkat lapisan sel kulit mati dan mencegah berbagai macam permasalahan kulit.


3. Menggunakan body lotion

Penggunaan bodylotion memiliki banyak manfaat, serta kandungan dari setiap lotion berbeda. Kita dapat menentukan lotion sesuai dengan kebutuhan kulit. Salah satunya lotion dapat melembutkan area kulit yang lebih kasar dan tebal, seperti lutut dan siku.


4. Penggunaan sunscreen

Banyak alasan yang memuat kamu untuk tidak lupa menggunakan sunscreen. Karena penggunaan sunscreen yang tepat dapat menjaga kesehatan kulit. Pasalnya semua jenis radiasi UV memiliki potensi merusak kulit.

Sinar UVA menyumbang 95% radiasi yang menyebabkan kerutan, penuaan dini, sun spot dan lainnya. Sementara sina UVB dapat menyebabkan kanker kulit dan kulit terbakar.

Jika kamu menginginkan kulit yang sehat hingga usia lanjut, maka sunscreen merupakan rangkaian yang harus kamu gunakan tanpa terlewatkan.


5. Makan makanan yang sehat

Selain menjaga dari luar, kita juga harus merawat kulit dari dalam dengan memperbanyak makan sayur dan buah-buahan dan tak lupa untuk minum air putih yang cukup agar kulit tidak dehidrasi.

Mengingat fungsi kulit yang penting bagi tubuh, merawat kulit agar tetap sehat dan bersih merupakan investasi dimasa mendatang juga. Karena dengan kulit merupakan pertahanan tubuh terluar terhadap kuman maupun mikroorganisme yang dapat menyerang tubuh.[]


(Fiona Renatami)

Baca Juga:

Berita terkait
Cara Merawat Kulit Agar Tetap Lembab
Perlunya beragam cara yang dilakukan Agar kulit tetap terasa lembab dan sehat agar dapat menunjang penampilan
5 Pahala Melimpah Jika Kita Merawat Kucing
Barangsiapa menyayangi meskipun terhadap hewan sembelihan, niscaya Allah akan merahmatinya pada hari kiamat.
10 Cara Mudah Merawat Tumit Pecah-Pecah
Perawatan tumit bisa dilakukan dengan menggunkan bahan-bahan yang ada dirumah.
0
Cara Merawat Kulit Agar Tetap Sehat dan Bersih
Maka dari itu kita harus memperhatikan kulit tubuh, yuk simak cara-cara merawat kulit agar tetap sehat.