UNTUK INDONESIA
Minuman Berkhasiat Menjaga dan Menurunkan Berat Badan
Banyak orang ingin menurunkan berat badan, tetapi tidak memperhatikan minuman yang dikonsumsi. Padahal minuman bisa membuat berat badan naik.
Ilustrasi Smoothies Buah. (Foto: Pixabay/NielsBB)

Jakarta - Banyak orang yang ingin menjaga dan menurunkan berat badannya hanya memperhatikan asupan makanan. Kebanyakan dari mereka nyatanya tak memahami jika minuman juga bisa mempengaruhi berat badan. 

"Memang asupan makanan itu penting jika ingin menurunkan berat badan.Tetapi, jangan salah sangka karena minuman juga sangat berpengaruh terhadap penurunan berat badan," kata dr. Saddam Ismail melalui akun YouTube pribadinya, seperti yang dikutip Tagar, Sabtu, 12 September 2020. 

Dokter Saddam mengatakan minuman yang tinggi kalori bisa membuat berat badan bertambah. Akibatnya, jika tidak diperhatikan asupannya tentu diet yang sudah dilakukan akan selalu gagal.  

"Jadi selain memperhatikan asupan makanan, kita juga harus memperhatikan minuman yang kita minum itu benar-benar tidak bikin gemuk karena kalau salah-salah teman-teman bisa mengonsumsi minuman tinggi kalori yang justru berbahaya untuk program penurunan berat badan ya," ujar dia. 

Ada beberapa jenis minuman tertentu yang bisa membantu Anda menurunkan berat badan. Minuman tersebut berfungsi untuk meningkatkan laju metabolisme dan menahan rasa lapar, sehingga Anda akan dibuat kenyang lebih lama. 

Berikut dokter Saddam akan memberikan penjelasan mengenai minuman yang mampu membantu menurunkan berat badan. 

1. Air Putih

Air PutihIlustrasi Air Putih. (Foto: Pixabay/Siripoom)

Menurut dr. Saddam, air putih bisa mengontrol nafsu makan dan mengurangi keinginan mengonsumsi minuman tinggi kalori dan gula. Bila asupan air putih terpenuhi setiap harinya, pastinya bisa membantu Anda menurunkan berat badan.

"Kalau seandainya teman-teman rutin mengonsumsi 500 ml ataupun 1,5 liter air putih setengah jam sebelum makan, ini bisa ‌meningkatkan kesempatan untuk menurunkan berat badan itu sekitar 40 persen dibandingkan dengan orang yang tidak melakukan hal tersebut," ucap dr. Saddam.

Dia menyarankan bagi yang ingin menurunkan badan untuk selalu mencukupi kebutuhan air putih setiap harinya. "Air putih bisa membantu teman-teman menurunkan berat badan. Kalau seandainya masih malas, diubah ya," tuturnya. 

2. Teh Hijau

Teh HijauIlustrasi Teh Hijau. (Foto: Pixabay/gadost0)

Teh hijau memiliki kandungan nutrisi yaitu katekin. Nutrisi ini yang sangat baik untuk tubuh dan khasiatnya bisa meningkatkan laju metabolisme hingga pembakaran lemak. 

"Kandungan katekin ini akan lebih tinggi di teh hijau yang berbentuk bubuk. Jadi selain bisa menurunkan berat badan, teh hijau sangat bagus untuk kesehatan," ucap dr. Saddam.

Kandungan katekin pada teh hijau juga mampu menurunkan risiko serangan obesitas, diabetes, hipertensi hingga penyakit jantung. "Jadi kalau teman-teman konsumsi teh hijau jangan ditambahkan gula tambahan ya. Sebaiknya seperti itu," katanya.

3. Teh Hitam

Teh HitamIlustrasi Teh Hitam. (Foto: Pixabay/yangjoy999)

Dokter Saddam mengungkapkan teh hitam memiliki banyak kandungan flavonoid yang ampuh menurunkan berat badan. Kandungan nutrisi ini juga sangat baik untuk kesehatan tubuh, mengurai lemak, membantu pertumbuhan bakteri baik di dalam pencernaan, dan mengurangi asupan kalori. 

"Perlu diingat, kalau seandainya sobat diet mengonsumsi teh hitam sebaiknya jangan ditambahkan gula tambahan," ucap dr. Saddam.

4. Smoothies Buah

Smoothies BuahIlustrasi Smoothies Buah. (Foto: Pixabay/NielsBB)

Smoothies buah memiliki kandungan serat yang lebih tinggi dibandingkan dengan jus. Dokter Saddam menyarankan untuk membuat smoothies, pastikan buah yang hendak dikonsumsi ini segar dan Anda bisa mencampurkannya dengan susu skim, susu almond atau yogurt secukupnya. 

"Bahan-bahan tersebut dicampur, kemudian dihaluskan dengan blender atau dengan alat pembuat smoothies yang teman-teman punya. Tingkat kehalusannya itu disesuaikan keinginan masing-masing karena tiap orang berbeda seleranya," tutur dia. 

Anda juga bisa menambahkan smoothies buah itu dengan sayuran yang disukai. Tetapi ingat, buah dan sayuran yang akan digunakan harus segar. 

"Pilihan buah-buahan apa saja, tetapi yang paling sering digunakan itu adalah buah pisang, stroberi, bluberi. Kalau ingin mengonsumsi buah lainnya itu boleh-boleh saja. Silakan dicoba," kata dr. Saddam.

5. Kopi Hitam

Kopi HitamIlustrasi Kopi Hitam. (Foto: Pixabay/skeeze)

Kafein yang terdapat pada kopi hitam bisa membantu Anda menurunkan berat badan. Sebenarnya kafein memiliki kadar lemak yang rendah. Namun sayangnya, kebanyakan orang mengonsumsi kopi ini selalu menambahkan dengan susu, cream, hingga pemanis buatan lainnya. 

"Inilah yang menyebabkan mengapa kopi hitam tersebut menjadi kalorinya tinggi. Jadi, kalau ingin mengonsumsi kopi hitam harus benar-benar kopi hitam murni tanpa adanya campuran atau tambahan bahan tertentu," ucapnya.

Dokter Saddam mengingatkan minuman yang tinggi kalori bisa membuat Anda selalu gagal menurunkan berat badan. "Biasanya minuman tinggi kalori, nutrisinya sedikit bahkan tidak ada sama sekali. Jadi, selain memperhatikan asupan makanan, minuman juga harus diperhatikan," ujarnya. []  

Baca juga:

Berita terkait
Buah yang Berkhasiat Menurunkan Kolesterol Tinggi
Kadar kolesterol yang tinggi sangat membahayakan kesehatan tubuh. Berikut buah-buahan yang ampuh menurunkan kolesterol.
Tujuh Tips Menurunkan Berat Badan dengan Madu
Madu bukan hanya baik untuk kesehatan tubuh, tetapi bisa menurunkan berat badan tanpa efek samping.
Makanan Rendah Lemak Cegah Gemuk Saat WFH
Sejak work from home (WFH) dan physical distancing diberlakukan untuk cegah penyebaran virus Corona masyarakat mengeluhkan berat badan.
0
Minuman Berkhasiat Menjaga dan Menurunkan Berat Badan
Banyak orang ingin menurunkan berat badan, tetapi tidak memperhatikan minuman yang dikonsumsi. Padahal minuman bisa membuat berat badan naik.