UNTUK INDONESIA
Tujuh Tips Menurunkan Berat Badan dengan Madu
Madu bukan hanya baik untuk kesehatan tubuh, tetapi bisa menurunkan berat badan tanpa efek samping.
Madu bermanfaat untuk menurunkan berat badan. (Foto: blog.frontiersin.org/Shutterstock)

Jakarta - Madu dipercaya mampu menurunkan berat badan tanpa efek samping. Hal ini disebabkan karena bahan makanan yang satu ini dikenal bebas lemak, kolesterol, dan natrium. 

Kandungan vitamin dan mineral yang ada di dalam madu juga bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Namun, bila ingin mendapatkan hasil yang maksimal, seharusnya mencari tahu cara mengonsumsi madu yang tepat sehingga proses penurunan berat badan bisa dirasakan. 

Berikut Tagar rangkumkan cara mengonsumsi madu untuk menurunkan berat badan.  

1. Pelengkap Roti

Madu bisa digunakan sebagai pelengkap isian roti, yaitu dengan mengoleskan cairan manis itu pada setiap sisinya. Menu ini bisa dijadikan sebagai pilihan di kala makan malam.

Hal ini dikarenakan kandungan kalori pada makanan ini rendah, sehingga membantu menurunkan berat badan. Jadi, tidak ada salahnya jika ingin menurunkan berat badan mengikuti langkah tersebut. 

2. Madu untuk Makanan

Madu bisa ditambahkan pada makanan dan berfungsi sebagai pengganti minyak. Cara ini bisa digunakan bagi siapa saja yang ingin menurunkan berat badan. 

Ketika memanggang makanan dengan pemanis ini, penikmatnya akan merasakan hasilnya yang luar biasa dan menakjubkan. 

3. Air Hangat dan Madu

Mencampur madu dengan air hangat menjadi salah satu cara umum yang juga mampu menurunkan berat badan. Caranya cukup tambahkan satu sendok madu ke dalam satu gelas air hangat, serta dua sendok makan jus lemon.

Racikan ini bisa diminum saat pagi hari guna membantu menurunkan berat badan dengan cepat. Langkah ini tentu tidak akan menimbulkan efek samping yang membahayakan dan cenderung aman jika dilakukan secara rutin. 

4. Tambahkan dengan Susu

Mencampurkan madu ke dalam segelas susu hangat mampu membantu proses penurunan berat badan. Namun, pilihlah susu skim yang tidak mengandung kalori, dan madu akan membantu meningkatkan energi.

Hal itulah yang mengakibatkan sebagian besar ahli olahraga menyarankan masyarakat mengonsumsi susu yang dicampur madu sebelum olahraga supaya memperoleh berat badan yang ideal. 

5. Madu dan Teh Lemon

Memadukan lemon dengan dua hingga tiga sendok makan madu ke dalam teh sangat baik untuk tubuh. Namun, sebaiknya mengonsumsi ramuan ini dua kali sehari untuk membantu membangun energi dalam proses penurunan berat badan.

6. Kayu Manis dan Madu

Semangkuk salad segar bisa ditaburkan dengan bubuk rempah kayu manis,  serta satu sendok makan madu agar memperkaya rasanya. Cara ini bisa dilakukan pada salad buah maupun sayur.

Jangan khawatir, solusi ini justru mampu menurunkan berat badan secara alami dan aman. Bahkan, tidak akan berisiko buruk untuk kesehatan tubuh seseorang. 

7. Oatmeal dan Madu

Jika ingin menurunkan berat badan, sebaiknya mulailah menggantikan cairan manis dengan madu. Apalagi saat hendak konsumsi oatmeal, ada baiknya tidak menggunakan gula untuk menambahkan rasa manis. Hal tersebut lantaran madu memiliki manfaat lebih baik dari gula.

Olahan ini bisa disajikan sebagai pengganti sarapan pada pagi hari. Jadi, mulailah mengubah kebiasaan konsumsi gula dan menggantikannya dengan madu saat ingin mencampurkan ke dalam oatmeal. Hal itu bertujuan untuk mendapatkan hasil yang sempurna ketika ingin mempunyai badan yang ideal. []

Baca juga:

Berita terkait
Tips Menjaga Berat Badan Saat Libur Panjang
Akhir tahun seperti ini adalah waktu yang tepat memanjakan diri dengan kegiatan wisata kuliner hingga terkadang tidak sadar berat badan bertambah.
Dewi Hughes Bagikan Trik Turunkan Berat Badan 90 Kg
Presenter senior Dewi Hughes membeberkan metode diet yang membuatnya berhasil mengurangi berat badan hingga 90 kilogram
Puasa, Momen Tepat Turunkan Berat Badan
Berpuasa menjadi momen yang tepat untuk menurunkan berat badan (diet). Jadwal makan hanya sahur dan buka puasa.
0
Gempa 5,6 SR Guncang Tapanuli Bagian Selatan Sumut
Gempa dengan kekuatan 5,6 Skala Richter mengguncang wilayah Tapanuli Bagian Selatan, Sumatera Utara.