5 Makanan Sehat yang Harus Dikonsumsi saat Diet Ketogenik

Diet ketogenik biasanya membatasi karbohidrat dari 20 hingga 50 gram per hari.
Ilustrasi. (Foto: Tagar/freepik)

Jakarta - Diet ketogenik adalah pola makan yang membatasi atau sama sekali tidak mengkonsumsi karbohidrat. Diet ini dipercaya dapat memberikan banyak manfaat untuk tubuh, dari mengurangi berat badan hingga menurunkan risiko penyakit seperti diabetes dan jantung.

Diet ketogenik biasanya membatasi karbohidrat dari 20 hingga 50 gram per hari. Meskipun ini mungkin terlihat menantang, banyak makanan bergizi dapat dengan mudah masuk ke dalam cara makan ini. Dilansir dari Helathline, Berikut adalah beberapa makanan sehat untuk dimakan pada diet ketogenik.


1. Seafood

Salmon, sarden, dan ikan berlemak lainnya sangat tinggi lemak omega-3, yang telah ditemukan untuk menurunkan kadar insulin dan meningkatkan sensitivitas insulin pada orang yang kelebihan berat badan dan obesitas. Selain itu, asupan ikan sering dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit dan peningkatan kesehatan kognitif. The American Heart Association merekomendasikan untuk mengonsumsi 1 hingga 2 makanan laut setiap minggu.


2. Sayuran rendah karbohidrat

Sayuran non-tepung rendah kalori dan karbohidrat, tetapi kaya nutrisi, termasuk vitamin C dan beberapa mineral. Jumlah karbohidrat bersih untuk sayuran non-tepung berkisar kurang dari 1gram untuk 1 cangkir bayam mentah hingga 7 gram untuk 1 cangkir kubis Brussel yang dimasak. Sayuran juga mengandung antioksidan yang membantu melindungi dari radikal bebas, yaitu molekul tidak stabil yang dapat menyebabkan kerusakan sel


3. Alpukat

Alpukat kaya akan beberapa vitamin dan mineral, termasuk potasium, mineral penting yang mungkin tidak cukup bagi banyak orang. Terlebih lagi, asupan kalium yang lebih tinggi dapat membuat transisi ke diet ketogenik lebih mudah. Selain itu, alpukat dapat membantu meningkatkan kadar kolesterol dan trigliserida.


4. Telur

Telur adalah salah satu makanan paling sehat dan paling serbaguna di planet ini. Satu telur berukuran besar mengandung kurang dari 1 gram karbohidrat dan sekitar 6 gram protein, menjadikan telur sebagai makanan ideal untuk gaya hidup ketogenik.


5. Kacang-kacangan dan biji-bijian

Kacang-kacangan dan biji-bijian adalah makanan sehat, tinggi lemak, dan rendah karbohidrat. Konsumsi kacang yang sering dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit jantung, kanker tertentu, depresi, dan penyakit kronis lainnya. Selain itu, kacang-kacangan dan biji-bijian mengandung serat yang tinggi, yang dapat membantu Anda merasa kenyang dan menyerap lebih sedikit kalori secara keseluruhan. []

(Ghariza Syifa Riyashi)



Berita terkait
Beberapa Jenis Diet yang Ampuh Menurunkan Berat Badan
Kita harus memilih jenis diet dengan pola yang sesuai dengan kebutuhan sekaligus menjaga kesehatan tubuh.
Manfaat Intermittent Fasting, Diet yang Memperbolehkan Makan Apa Saja
Metode ini mengutamakan waktu makan seseorang dibanding jenis makananya, sehingga berpengaruh pada pola makan seseorang.
5 Menu Sarapan Sehat untuk Bantu Diet Anda
Salah satu kunci keberhasilan diet adalah menu makanan yang terjaga, mengonsumsi makanan yang salah dapat mengakibatkan kenaikan berat badan.
0
5 Makanan Sehat yang Harus Dikonsumsi saat Diet Ketogenik
Diet ketogenik biasanya membatasi karbohidrat dari 20 hingga 50 gram per hari.