Tips Turunkan Berat Badan Tanpa Diet dan Olahraga

Kebanyakan orang melakukan berbagai cara untuk menurunkan berat badan, mulai dari diet ketat hingga olahraga. Berikut cara menurunkan berat badan.
Ilustrasi Berat Badan Naik. (Foto: Meetdoctor.com)

Jakarta - Kebanyakan orang melakukan berbagai cara untuk menurunkan berat badan, mulai dari diet ketat hingga olahraga. Hal ini dilakukan agar mendapatkan berat badan yang ideal. 

Meski sudah melakukan banyak cara menurunkan berat badan, nyata masih banyak yang gagal mencapai berat badan ideal hingga akhirnya menyerah begitu saja. 

Jangan khawatir masih banyak solusi untuk mendapatkan berat badan yang proporsional. Berikut Tagar telah merangkum dari berbagai sumber mengenai tips menurunkan berat badan tanpa olahraga dan diet ketat. 

1. Jaga Pola Tidur dan Hindari Stres

Bila Anda tidak bisa menjaga pola tidur, pastinya hormon leptin (hormon yang merangsang rasa lapar) dan hormon ghrelin akan terganggu. Bahkan, produksi hormon kortisol akan semakin meningkat. Akibatnya, kadar stres akan memuncak. Apabila kondisi ini terjadi, tentu akan mempengaruhi sistem kerja hormon lainnya. Jika sudah terganggu, rasa lapar semakin meningkat. 

2. Minum Air Putih Secukupnya

Meski tanpa olahraga dan diet ketat, Anda masih dapat menurunkan berat badan dengan cara yang mudah, yaitu minum air putih sebanyak 1,8 liter atau 8 hingga 10 gelas setiap hari. Disarankan hindari minuman yang manis agar Anda mudah menurunkan berat badan. 

Konsumsi air putih sangat bermanfaat untuk membuang racun dalam tubuh, meningkatkan sistem kerja ginjal, membuat kulit berseri, dan sebagainya. 

3. Memperbanyak Konsumsi Buah dan Sayuran

Dengan banyak makan buah dan sayuran setiap hari, Anda bisa menurunkan berat badan. Sebab, kedua jenis makanan ini memiliki kandungan serat yang tinggi sehingga dapat mengatasi permasalahan berat badan. Kandungan serat inilah yang nantinya akan membantu Anda merasa kenyang lebih lama. 

4. Menghindari Pola Makan dan Mengemil di Malam Hari

Dengan Anda menghindari pola makan dan mengemil di malam hari, tentunya dapat menurunkan berat badan. Kondisi saat ini, banyak orang mengabaikan sarapan. Padahal sarapan bisa menjadi solusi menjaga berat badan selalu stabil. 

Sarapan ini yang nantinya akan menjadi cadangan energi selama seharian penuh, sembari menunggu makan siang tiba. Bila sudah siang hari, porsi makan harusnya lebih sedikit dari porsi sarapan. Pada malam harinya, disarankan tidak mengonsumsi makanan berat karena tidak lagi melakukan aktivitas, sehingga tidak memerlukan banyak energi. 

Untuk mengganti makanan berat tersebut, Anda bisa mengonsumsi buah-buahan. Bila Anda tetap ingin makan malam, alangkah baiknya tidak langsung tidur dan tunggu sekitar 2 hingga 3 jam. Setelah itu, Anda bisa segera beristirahat. 

5. Mengunyah Makanan Pelan-pelan

Mengunyah makanan pelan-pelan tentu meningkatkan rasa kenyang. Bahkan, makanan yang sudah dikonsumsi tersebut dapat dicerna dengan baik oleh enzim di dalam mulut. Sehingga kalori yang masuk juga lebih sedikit. 

Dari 23 observasi penelitian yang dikutip Authority Nutrition, menemukan orang yang makan cepat lebih mudah berat badannya naik dan ini tentu berbeda dengan pemakan santai. []

Baca juga:

Berita terkait
Buah yang Berkhasiat Menurunkan Kolesterol Tinggi
Kadar kolesterol yang tinggi sangat membahayakan kesehatan tubuh. Berikut buah-buahan yang ampuh menurunkan kolesterol.
Tujuh Tips Menurunkan Berat Badan dengan Madu
Madu bukan hanya baik untuk kesehatan tubuh, tetapi bisa menurunkan berat badan tanpa efek samping.
Minum Air Es Bikin Gemuk, Ahli: Tidak Ada Hubungannya
Kebanyakan orang sekarang ini masih mempercayai minum air es bisa membuat badan menjadi gemuk. Padahal itu mitos. Ini penjelasan dari para ahli.
0
Aguero Berharap Bisa Bermain Dengan Messi di Barcelona
Sergio Aguero jadi rekrutan musim panas pertama Barcelona pada musim 2021/2022 dengan transfer bebas dari Manchester City