UNTUK INDONESIA
Buah yang Berkhasiat Menurunkan Kolesterol Tinggi
Kadar kolesterol yang tinggi sangat membahayakan kesehatan tubuh. Berikut buah-buahan yang ampuh menurunkan kolesterol.
Ilustrasi Jambu Biji. (Foto: Pixabay/6437364)

Jakarta - Kadar kolesterol yang tinggi sangat membahayakan kesehatan tubuh karena dapat meningkatkan risiko serangan diabetes, stroke, hingga jantung. Dengan menjaga makanan rendah lemak, seperti buah-buahan tentu mampu menurunkan kolesterol secara alami.  

Berikut Tagar rangkum dari berbagai sumber mengenai sejumlah buah-buahan yang berkhasiat menurunkan kolesterol tinggi. 

1. Pepaya

PepayaIlustrasi Pepaya. (Foto: Pixabay/Meelimello)

Pepaya memiliki beragam nutrisi yang sangat baik untuk kesehatan tubuh seperti Vitamin C, E, likopen, dan memiliki sifat antioksidan. Kandungan nutrisi tersebut ampuh menurunkan kadar kolesterol. 

Vitamin C dan E yang dimiliki buah tersebut nantinya akan menyatu dengan enzim atau yang sering disebut paraxomase yang bisa menghalangi terjadinya oksidasi  di dalam darah. 

2. Jeruk

Ilustrasi JerukIlustrasi Jeruk. (Foto: Pixabay/Daria-Yakovleva)

Jeruk memiliki vitamin C yang tinggi sehingga dapat mencegah adanya penumpukan kadar kolesterol Low-density lipoprotein (LDL) atau kolesterol jahat dan mengurangi risiko serangan kardiovaskuler. 

Selain vitamin C, buah ini juga mengandung d-limonene yang ampuh melarutkan kolesterol dan menghambat perkembangan sel kanker usus dan payudara. Sebaiknya, Anda konsumsi jeruk secara rutin sebanyak dua hingga tiga porsi sehari untuk dapat menurunkan kadar kolesterol. 

3. Anggur

Ilustrasi AnggurIlustrasi Anggur. (Foto: Pixabay/Pexels)

Kandungan serat larut air yang dimiliki anggur ternyata bermanfaat untuk mengikat kolesterol yang terserap di usus halus. Berdasarkan berbagai penelitian menyebutkan anggur merah memiliki antioksidan yang tinggi. Antioksidan ini dapat meningkatkan kolesterol baik atau High Density Lipoprotein (HDL) dan menurunkan kolesterol jahat (LDL), serta tringliserida dalam darah. 

4. Apel

Ilustrasi ApelIlustrasi Apel. (Foto: Pixabay/Oldiefan)

Berdasarkan riset menyebutkan buah apel yang dikonsumsi dengan rutin dapat membantu menurunkan kolesterol dalam darah. Namun, sebaiknya buah apel tersebut harus dikonsumsi berbarengan dengan kulitnya karena antioksidan fenolik yang ada pada buah ini ternyata berkhasiat untuk melancarkan peredaran darah. 

5. Jambu Biji


Ilustrasi Jambu BijiIlustrasi Jambu Biji. (Foto: Pixabay/6437364)

Kandungan vitamin dan antioksidan yang ada pada jambu biji dapat melindungi jantung. Sedangkan serat larut air dan kalium dalam buah tersebut mampu menurunkan tekanan darah dan kolesterol. 

Penelitian menunjukkan konsumsi jambu biji sebanyak 400 gram setiap harinya, berkhasiat meningkatkan kolesterol baik (HDL) dalam darah dan antioksidan dalam darah. []

Baca juga:

Berita terkait
6 Makanan Sehat Peningkat Kekebalan Tubuh Lansia
Biasanya lansia, sistem kekebalan tubuhnya akan mulai mengalami penurunan, sehingga rentan terserang penyakit. Ini makanan yang harus dikonsumsi.
Lima Makanan Sehat Ampuh Mencegah DBD
Ada lima makanan yang disinyalir ampuh menangkal seseorang terjangkit virus dengue akibat gigitan nyamuk.
Makanan Sehat untuk Anak Terhindar dari Corona
Makanan sehat sangat berperan penting untuk meningkatkan daya tahan tubuh anak agar tidak mudah terserang virus Corona
0
Buah yang Berkhasiat Menurunkan Kolesterol Tinggi
Kadar kolesterol yang tinggi sangat membahayakan kesehatan tubuh. Berikut buah-buahan yang ampuh menurunkan kolesterol.