UNTUK INDONESIA
Menakjubkan, Tujuh Khasiat Minyak Ikan untuk Anak
Minyak ikan memiliki banyak manfaat, terutama pada anak. Kandungan omega-3 yang dimiliki ternyata penting untuk nutrisi anak.
Minyak Ikan Berkhasiat untuk Anak. (Foto: vox.com/shutterstock)

Jakarta - Minyak ikan memiliki banyak khasiat, khususnya untuk anak. Salah satu manfaatnya, yaitu meningkatkan fungsi otak. Sebab, memiliki kandungan omega-3 yang penting untuk nutrisi anak. 

Omega-3, seperti ALA, EPA, dan DHA dinyatakan sebagai asam amino penting, karena tidak bisa diproduksi sendiri oleh tubuh manusia.

Berikut Tagar berikan ulasan mengenai khasiat minyak ikan untuk anak.

1. Meningkatkan Kesehatan Otak

Konsumsi minyak ikan sangat baik untuk meningkatkan kesehatan otak. Kandungan omega-3 yang tersimpan memang mampu meningkatkan suasana hati serta fungsi otak anak.

Cairan minyak ikan tersebut akan membantu meningkatkan perkembangan otak, memori, dan pembelajaran. Bahkan, juga bisa meningkatkan pembelajaran verbal, kontrol impuls, kemampuan untuk membuat perencanaan, dan atensi pada anak.

2. Mengatasi gejala ADHD

ADHD merupakan kondisi anak kesulitan untuk fokus, impulsif, dan hiperaktif. Memberikan minyak ikan pada anak mampu mengurangi gejala yang akan ditimbulkan ADHD (attention deficit hyperactivity disorder).

Contohnya seperti meningkatkan memori, atensi, dan pembelajaran. Minyak ikan juga mengurangi impulsivitas dan hiperaktivitas yang dialami anak.

3. Membuat Tidur Lebih Baik

Omega-3 yang dikandung minyak ikan mampu mengurangi risiko gangguan tidur yang dialami anak serta terbangun saat sedang tidur. Jadi, ketika anak mengalami masalah kesulitan tidur, pemberian minyak ikan menjadi salah satu cara yang efektif.

4. Meredakan Depresi

Minyak ikan berpotensi untuk mengurangi atau meredakan gejala depresi yang dialami anak. Sebab, dengan mengonsumsi minyak ikan akan mampu  meningkatkan suasana hati menjadi lebih baik. Tetapi, masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut mengenai keyakinan tersebut.

5. Mengurangi Asma

Pemberian minyak ikan pada anak yang telah mengalami dampak asma, khususnya disebabkan polusi udara di dalam ruangan, solusi ini menjadi salah satu cara efektif. Sebab, minyak ikan mengandung kombinasi DHA dan EPA.

Minyak ikan dipercaya mampu menurunkan risiko anak mengalami gangguan asma. Namun, khasiat tersebut juga masih perlu dibutuhkan riset lebih lanjut untuk membuktikannya.

6. Mengurangi Peluang Terkena Diabetes

Memberikan minyak ikan pada anak dipercaya mampu mengurangi peluang anak terjangkit diabetes tipe 2. Tetapi, khasiat ini juga masih memerlukan studi lebih lanjut.

7. Menurunkan Risiko Antisosial dan Perilaku Agresif

Kandungan omega-3 yang disimpan dalam minyak ikan mampu mengurangi masalah perilaku agresif dan antisosial pada anak. Efek tersebut mampu bertahan lama dan mempengaruhi perkembangan saraf. []

Baca juga:

Berita terkait
Lima Manfaat Kecantikan Bunga Saffron untuk Kulit
Bunga Saffron selain bermanfaat untuk kesehatan ternyata memiliki khasiat untuk merawat kulit agar selalu cantik.
Manfaat Minyak Zaitun Bagi Kesehatan
Minyak zaitun punya banyak khasiat bagi kesehatan dan kecantikan. Kali ini kita membahas minyak ini dari aspek kesehatan.
Lemon dan Empat Makanan Sehat Pelancar Buang Air Besar
Susah buang air besar (BAB) kerap menjadi permasalahan bagi setiap orang.
0
Gara-Gara Corona, Tarif Listrik Tak Naik 3 Bulan
Kementerian ESDM memutuskan tidak akan menaikan tarif listrik (tariff adjustment) dalam tiga bulan ke depan lantaran virus corona.