UNTUK INDONESIA
Lima Manfaat Kecantikan Bunga Saffron untuk Kulit
Bunga Saffron selain bermanfaat untuk kesehatan ternyata memiliki khasiat untuk merawat kulit agar selalu cantik.
Lima Manfaat Kecantikan Bunga Saffron untuk Kulit. (Foto: Istimewa)

Jakarta - Bunga Saffron memiliki manfaat untuk mempercantik kulit wajah, karena mengandung vitamin dan antioksidan. Tanaman bernama latin Crocus Sativus ini memberikan khasiat anti-inflamasi dan anti-jamur, mampu mengurangi kemerahan pada kulit serta menghilangkan jerawat yang timbul.

Jadi, selain bermanfaat meredakan batuk, pilek, pendarahan rahim, jantung, dan insomnia, bunga saffron dapat digunakan sebagai suplemen kecantikan.

Berikut Tagar berikan ulasan mengenai manfaat bunga saffron untuk mempercantik wajah.

1. Mengurangi Jerawat

Sifat anti-jamur yang terkandung di dalam bunga saffron mampu membantu mengatasi dan menghilangkan noda bekas jerawat di wajah.

Biasanya bunga saffron digunakan sebagai masker untuk mempercantik wajah. Cara mengolahnya mudah, tumbuk beberapa helai bunga dan campurkan dengan daun kemangi, lalu tumbuk lagi sampai halus, kemudian oleskan pada wajah dan diamkan selama 15 menit.

2. Membuat Wajah Berkilau

Bunga saffron memiliki kemampuan untuk mengangkat sel-sel mati dan membuat wajah tampak lebih bercahaya.

Cara mengolahnya dnegan merendam beberapa helai bunga saffron dengan satu sendok teh air, tambahkan sedikit garam dan minyak zaitun atau minyak kelapa. Kemudian oleskan pada wajah pada keesokan harinya, diamkan selama 15 menit lalu bilas dengan air bersih. Perubahan pada wajah akan terlihat nantinya.

3. Memutihkan Wajah

Khasiat lain dari bunga saffron yaitu mencerahkan serta memutihkan wajah. Cara melakukan yaitu dengan merendam beberapa helai bunga ini ke dalam susu, lalu oleskan di wajah serta leher dan diamkan beberapa menit, kemudian bilas hingga bersih. 

Selain itu, ramuan bunga saffron dapat juga diolah menjadi minuman yang bisa diminum setiap hari.

4. Menghidrasi Kulit

Bunga saffron dikenal sebagai bahan pelembab yang baik. Cukup memadukan beberapa helai saffron ke dalam air lemon, lalu oleskan pada wajah.

Air lemon membantu membersihkan kulit, sementara saffron itu sendiri akan melembabkan kulit agar tampak segar serta bercahaya.

5. Meningkatkan Tekstur Kulit

Terakhir, saffron mampu meningkatkan tekstur kulit menjadi lebih lembut dan halus. Cukup mencampurkannya ke dalam setengah cangkir air yang mendidih dan empat sendok teh susu bubuk. Padukan semua bahan tersebut sampai menjadi pasta yang kental. Oleskan di wajah dan diamkan selama 10 sampai 15 menit agar mendapatkan hasil yang memuaskan. []

Berita terkait
Tips Membersihkan Wajah dengan Baik agar Tetap Sehat
Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin Dokter Eddy Karta membagikan tips membersihkan wajah dengan benar dan tetap sehat. Berikut ulasannya.
5 Tips Perawatan Wajah Cantik Tanpa Menguras Kantong
Perawatan wajah cantik tidak mesti dengan produk mahal yang bisa menguras isi kantong. Berikut tips perawatan wajah yang murah dan berkhasiat.
Manfaat Buah Naga Buat Kulit Wajah Cantik Berseri
Buah naga bukan hanya bermanfaat untuk kesehatan tubuh saja. Tetapi juga berkhasiat untuk kecantikan kulit. Berikut ulasannya.
0
Relaksasi Kredit, Bank di Daerah Masih Saja Menagih
Presiden Jokowi membuat kebijakan relaksasi kredit saat pandemi Covid-19, praktiknya petugas bank milik negara masih ada yang menagih bunga kredit.