UNTUK INDONESIA
Makanan Tingkatkan Daya Tahan Tubuh Saat Pancaroba
Musim pancaroba dapat mempengaruhi daya tahan tubuh, sehingga perlu memperhatikan jenis makanan yang akan dikonsumsi.
Bawang Putih. (Foto: Pixabay/stevepb)

Jakarta - Musim pancaroba tentu dapat mempengaruhi daya tahan tubuh. Namun, untuk menghindari penyakit datang, sebaiknya mulai memperhatikan makanan yang akan dikonsumsi. 

Memang saat musim itu tiba, temperatur dan cuaca berubah-ubah, sehingga membuat virus dan bakteri cepat berkembang. Tubuh pun juga harus dipaksa untuk menyesuaikan keadaan, akibat perubahan musim kemarau menuju penghujan tersebut. 

Berikut Tagar lansir dari healthline.com mengenai jenis makanan sehat yang mampu memperkuat sistem kekebalan tubuh saat musim pancaroba datang. 

1. Buah-buahan mengandung vitamin C

JerukJeruk. (Foto: Pixabay/pixel2013)

Vitamin C berfungsi untuk membangun sistem kekebalan tubuh dan meningkatkan produksi sel darah putih. Ada pun buah yang bisa kamu konsumsi, yaitu jeruk, lemon, jeruk nipis, jeruk bali, kiwi, mangga, pepaya, dan nanas. 

Namun, untuk melengkapi kandungan vitamin C di dalam tubuh, kamu juga bisa mengonsumsi suplemen vitamin C, dengan dosis yang tepat sesuai anjuran dokter atau sesuai aturan pakai yang tertera pada kemasan produk. 

2. Bayam

BayamKlorofil bayam bertanggung jawab untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. (Foto: pixabay)

Bayam mengandung vitamin C, antioksidan, serta beta carotene yang berfungsi memperkuat kekebalan tubuh jika dimasak dengan benar.

Sayuran yang memiliki serat tinggi ini, ternyata juga memiliki kandungan vitamin dan mineral lainnya, yaitu A, B, K, zat besi, asam folat, kalsium, potasium, dan sodium.

Dengan kandungan tersebut, bayam memiliki banyak sekali manfaat seperti menjaga kesehatan mata, tulang, kulit, menurunkan risiko penyakit kardiovaskular, kanker, dan lain sebagainya. 

3. Yogurt

Yogurt BuahYogurt Buah. (Foto: Pixabay/ponce_photography)

Kandungan vitamin D yang terdapat pada Yogurt bisa membantu memperkuat kekebalan tubuh, dan mampu mengusir penyakit secara alami. Selain itu juga bermanfaat untuk kesehatan tulang. 

Yogurt juga membantu meremajakan kulit karena kandungan protein yang ada di dalamnya mendorong produksi kolagen, yang berpengaruh pada elastisitas kulit.

Bukan hanya itu saja, ternyata dengan konsumsi yogurt kamu dapat menjaga kesehatan kulit dan rambut. Kandungan asam laktat dalam yogurt juga dapat membantu untuk eksfoliasi dan mengangkat residu di kulit kepala. Sementara kandungan vitaminnya mencegah dan mengatasi beragam masalah rambut.

4. Bawang putih

Bawang PutihBawang Putih. (Foto: Pixabay/stevepb)

Menurut National Center for Complementary and Integrative Health, bawang putih mampu menurunkan tekanan darah dan memperkuat sistem imun karena mengandung sulfur seperti allicin 

Dengan kandungan antioksidan yang ada dalam bawang putih, juga mampu melawan kuman. Makanan yang kerap digunakan sebagai bumbu dapur ini, membantu menjaga sistem kekebalan tubuh. 

Jadi, dengan kandungan nutrisi yang ada, bumbu dapur yang satu bisa disebut sebagai obat ajaib untuk menjaga daya tahan tubuh kamu. 

5. Kacang almond

Kacang AlmondKacang Almond. (Foto: wall.alphacoders)

Kacang almond mengandung vitamin E yang bisa memperkuat kekebalan tubuh. Bahkan dengan kandungan riboflavin dan niacin, serta vitamin B yang dimiliki, ternyata bermanfaat untuk menurunkan gejala stres. 

Almond memiliki kandungan fosfor yang tinggi, sehingga mampu memperkuat gigi dan tulang.  Bahkan, dengan L-Carnitine dan riboflavin yang ada juga dapat meningkatkan perkembangan otak. []

Baca juga:

Berita terkait
Hilangkan Mata Panda dengan Tiga Sayuran Ini
Ada beberapa faktor yang menyebabkan mata panda, seperti kebiasaan begadang, mengonsumsi alkohol hingga kurangnya jam tidur.
Sayuran Super Sehat Itu Bernama Kale
Kale juga dikenal kubis daun adalah sayuran super yang memiliki banyak manfaat kesehatan.
Waspada! Empat Sayuran Ini Mengandung Nikotin Seperti Rokok
Waspada! Empat sayuran ini mengandung nikotin seperti rokok. Berikut beberapa sayuran yang mengandung nikotin yang berhasil Tagar rangkum dari berbagai sumber.
0
Viral, Puisi Terakhir Mahasiswi UIN Makassar Sebelum Dibunuh Pacar
Asmaul Husna, 24 tahun, mahasiswi UIN Alauddin Makassar tewas dibunuh kekasihnya. Sebelum dibunuh, ia menulis puisi kepada ibunya.