UNTUK INDONESIA
Tips Pengobatan Alami Mengurangi Mata Silinder
Jangan menganggap remeh dengan mata silinder, karena jika tidak diobati justru akan memperburuk kondisi mata.
Ilustrasi Mata Silinder. (Foto: Pixabay/JESHOOTS-com)

Jakarta - Mata silinder tentu menjadi masalah besar bagi si penderitanya. Tetapi, bukan berarti hal tersebut tidak bisa diatasi dan diobati karena masih banyak cara untuk memulihkannya. 

Penyakit mata itu disebabkan karena kondisi bentuk kornea mata yang tidak sempurna. Berikut Tagar rangkumkan cara alami mengurangi mata silinder.

1. Menggunakan Kacamata atau Lensa Kontak

Ukuran mata silinder tidak akan bertambah, jika penderitanya menggunakan kacamata yang tepat. Namun, bagi yang tidak terbiasa menggunakan aksesoris yang satu ini, bisa mencoba lensa kontak sebagai alternatif.

Meski begitu, disarankan bagi penderita mata silinder segera konsultasi terlebih dahulu dengan dokter maupun ahli mata sebelum melakukan langkah tersebut. Hal itu bertujuan mencegah efek berbahaya ke depannya. 

2. Olahraga Mata

Olahraga mata sangat bagus dilakukan setiap hari, minimal pagi dan malam menjelang tidur. Caranya mudah, hanya perlu menggerakan mata ke kiri dan kanan, lalu pandangan lurus ke depan.

Selanjutnya, pijat pelipis kanan dan kiri searah jarum jam dan kemudian perlahan bagian bawah kepala. Hal itu bertujuan melatih mata agar lentur dan mendapatkan cukup oksigen.

3. Berhenti Melakukan Kebiasaan Buruk

Sebaiknya, penderita mata silinder sudah seharusnya mulai menghentikan kebiasaan buruk, seperti menonton televisi terlalu dekat, bermain komputer, dan ponsel pintar dengan penerangan yang buruk. 

Disarankan buatlah mata senyaman mungkin dan jangan sampai mata menjadi terlalu lelah dan tegang.

Menjaga kebersihan mata juga penting dilakukan terlebih untuk penderita silinder. Caranya mudah, cukup dengan merendam kapas dengan air bersih, lalu seka bagian mata dari sisi kiri ke kanan untuk menghilangkan kotoran yang mengganjal.

4. Kompres Mata

Kompres mata dengan air hangat menjadi salah satu cara sederhana yang bisa dilakukan. Tujuannya untuk membuat otot mata menjadi rileks, tidak tegang, dan lentur.

Mulai sekarang, jangan membiasakan menggunakan kacamata. Pasalnya, jika sering digunakan dalam jangka panjang justru akan memperburuk kondisi mata. Menghindari hal itu, sebaiknya sesegera mungkin melakukan langkah ini untuk mengurangi efek buruk yang akan terjadi.  

5. Konsumsi Suplemen Mata

Mengonsumsi suplemen alami, seperti wortel, ikan salmon, blueberry, dan tomat bisa mengurangi mata silinder.

Semua bahan utama ini memang memiliki manfaat yang sangat baik bagi kesehatan mata seseorang. Cara ini menjadi suatu solusi yang paling ampuh dan praktis dilakukan untuk mengurangi mata agar tidak semakin parah. []

Baca juga:

Berita terkait
Mata Sehat Segala Usia, Ini yang Harus Dilakukan
Untuk memiliki mata sehat segala usia, ini yang harus dilakukan.
Cara Efektif Menjaga Kesehatan Mata dengan Rumus 20-20
Penerapan rumus 20-20 tersebut untuk menjaga mata agar tidak terjadi kelainan refraksi seperti mata minus, plus, atau silinder.
Dampak Gas Air Mata Bagi Kesehatan Tubuh
Gas air mata merupakan gas kimia yang digunakan untuk melumpuhkan dengan menyebabkan iritasi pada mata.
0
Bupati Waropen Tersangka Gratifikasi Rp 19 Miliar
Kejaksaan Tinggi Papua menetapkan Bupati Waropen, Yeremias Bisay sebagai tersangka dalam kasus dugaan gratifikasi dengan total Rp 19 miliar