UNTUK INDONESIA
Tujuh Khasiat Jamur Enoki yang Lezat untuk Kesehatan
Jamur enoki yang dikenal lezat, ternyata baik untuk kesehatan tubuh, salah satunya dapat menjaga daya tahan tubuh.
Jamur enoki berkhasiat untuk kesehatan. (Foto: onegreenplanet.org)

Jakarta - Jamur enoki terbukti berkhasiat untuk kesehatan, khususnya menjaga daya tahan tubuh. Jenis sayuran ini memang sudah digunakan sejak zaman dahulu sebagai bahan pengobatan tradisional Tiongkok.

Spesies jamur yang tumbuh di Asia ini mengandung protein, mineral, vitamin, asam lemak tak jenuh, rendah kalori, serta serat yang baik untuk tubuh. 

Jamur enoki juga biasanya dijadikan campuran sup, jenis masakan shabu-shabu atau hot pot.

Berikut Tagar rangkumkan sejumlah khasiat jamur enoki bagi kesehatan.

1. Menjaga Daya Tahan Tubuh

Jamur enoki memiliki senyawa protein yang mampu meningkatkan kekebalan tubuh terhadap penyakit. Selain itu, spesies jamur tersebut sangat kaya akan kandungan tiamin, kalium, niasin, riboflavin, kalsium, asam pantotenat, tembaga, besi, selenium, dan rendah kolesterol.

Asam amino, valine, lisin, dan ergothioneine juga terdapat pada jamur enoki. Jadi semua kandungan gizi itu digunakan untuk pengobatan tradisional China dan Jepang, seperti tonik untuk infeksi hati, penyakit perut, hipertensi, serta peningkatan kadar kolesterol.

2. Melancarkan Pencernaan

Jamur enoki bisa dijadikan salah satu hidangan untuk meningkatkan asupan serat penikmatnya. Bahkan, semua kandungan zat yang ada di dalam  jamur itu juga mampu melancarkan pencernaan dan mencegah sembelit.

3. Melindungi Jantung

Selain rasanya yang lezat, ternyata jamur enoki bisa mengurangi kadar kolesterol jahat (LDL) dan trigliserida. Senyawa tersebut dapat meningkatkan risiko penyakit jantung.

Spesies jamur ini juga mengandung serat jenis beta-glukan. Sehingga, dengan mengonsumsi jamur tersebut menjadi suatu cara yang efektif untuk menurunkan kolesterol tinggi.

4. Makanan Diet

Jamur enoki tidak memiliki tingkat karbohidrat, kalori, gula, ataupun lemak yang rendah. Mengganti bahan makanan dengan jamur enoki tentunya menjadi cara ampuh untuk mengurangi jumlah kalori yang dikonsumsi setiap harinya. Dengan begitu, jamur ini sangat cocok untuk menjadi pilihan ketika menjalankan program diet.

5. Mencegah Risiko Diabetes

Jamur enoki memiliki kandungan serat yang tinggi untuk membantu mencegah beragam jenis penyakit kronis, seperti diabetes tipe 2.

Bahan makanan ini juga telah dibuktikan mampu meningkatkan produksi insulin dalam tubuh. Sehingga, tubuh akan membantu memperlambat penyerapan gula dalam aliran darah yang mampu menurunkan risiko diabetes.

6. Menurunkan Tekanan Darah

Kandungan kalium yang cukup tinggi dalam jamur enoki mampu mengurangi tekanan darah dan menjaga kesehatan jantung.

Kalium akan bekerja sebagai vasodilator yang bisa mengurangi ketegangan pembuluh darah dan mengalirkan darah dengan lancar melalui arteri. Sehingga, bisa membantu menurunkan tekanan darah tubuh dan mencegah berbagai masalah kesehatan kardiovaskular, seperti hipertensi.

7. Meningkatkan Daya Ingat

Jamur enoki menjadi sumber asam amino yang baik. Sehingga dari kandungannya tersebut mampu meningkatkan daya ingat dan mengolah kemajuan mental. 

Selain meningkatkan daya ingat, ternyata juga dapat membentuk kecerdasan anak. Sedangkan pada orang dewasa, tentu baik untuk meningkatkan memori. jadi, jika ingin menikmati khasiatnya sebaiknya konsumsilah jamur enoki. []

Baca juga:

Berita terkait
Teh Telur Nikmat Berkhasiat dari Ranah Minang
Teh telur merupakan minuman alami dari Ranah Minang yang memiliki khasiat untuk kesehatan dan menambah stamina.
Khasiat dan Cara Penggunaan Pohon Pule
Pohon Pule saat ini tengah populer saat Pemprov DKI menjadikannya sebagai pohon Mahoni yang telah ditebang di Monas.
Lima Khasiat Minum Air Hangat Setiap Pagi
Minum air hangat setiap pagi memiliki manfaat terbaik untuk kesehatan. Mau tau apa saja?
0
India Bantah Tudingan FPI Diskriminasi Umat Muslim
Duta Besar India untuk Indonesia Pradeep Kumar Rawat membantah tudingan pemerintahannya mendukung diskriminasi terhadap warga muslim di India