UNTUK INDONESIA
Manfaat Minyak Pohon Teh untuk Kecantikan
Dalam dunia kecantikan minyak pohon teh (tea tree oil) menjadi salah satu produk perawatan kulit yang baik karena khasiat kandungan alaminya.
Minyak Pohon Teh. (Foto: boldsky)

Jakarta - Dalam dunia kecantikan minyak pohon teh (tea tree oil) menjadi salah satu produk perawatan kulit yang baik karena khasiat kandungan alaminya. Penasaran? Apa saja khasiat tea tree oil?

Penelusuran Tagar dari laman Boldsky pada Selasa, 15 Oktober 2019, tea tree oil yang lebih dikenal dengan minyak pohon teh merupakan tanaman yang tumbuh di Australia.

Awalnya, minyak ini ampuh mengobati infeksi kulit dan alergi. Namun, saat ini minyak ini dipercaya sangat baik untuk kulit wajah karena mengandung antiseptik.

Berikut sejumlah manfaat minyak pohon teh bagi kulit yang telah dirangkum Tagar.

1. Menguatkan Kuku

Karena merupakan antiseptik yang kuat, minyak pohon teh mampu melawan infeksi jamur yang dapat menyebabkan kuku menjadi rapuh. Minyak ini juga bisa membantu mengobati kuku yang kuning atau berubah warna. 

Cukup mencampur setengah sendok teh minyak vitamin E dengan beberapa tetes minyak pohon teh. Gosokkan larutan pada kuku dan pijat selama beberapa menit. Diamkan selama 30 menit, setelahnya bilas campuran tersebut dengan air hangat, tidak terlalu panas. Tepuk kering dan gunakan lotion pelembab. Lakukan ini dua kali sebulan dapat memberikan kamu hasil yang diinginkan.

Selain itu, bisa juga menambahkan minyak zaitun, kelapa, argan, dan pohon teh ke dalam mangkuk. Rendam kuku ke dalam campuran selama sekitar 10 menit. Hal ini dapat membantu meremajakan kuku kamu.

University of Maryland Medical Center, menyatakan membubuhkan minyak pohon teh murni (menggunakan kapas) sekitar tiga sampai empat kali sehari dapat menyembuhkan infeksi bakteri atau jamur.

2. Mengobati Jerawat

Kebanyakan krim anti-jerawat mengandung ekstrak pohon teh. Hal itu karena zat benzoyl peroxide yang terkandung di dalamnya dapat memerangi jerawat serta mengurangi produksi minyak sebum oleh kulit.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, campurkan dua sampai tiga tetes minyak pohon teh dengan satu sendok makan masing-masing madu dan yogurt. Oleskan campuran ini pada jerawat kamu.

 Biarkan selama sekitar 20 menit, setelah itu bersihkan muka dengan air dan ulangi setiap hari. Dengan begitu, minyak pohon teh akan membantu meredakan jerawat. Bahkan jika menderita bintik-bintik gelap atau jerawat kamu pecah, minyak ini bisa menyelamatkan kulit wajah.

Cukup oleskan beberapa tetes minyak pada kapas dan dengan lembut terapkan ke area yang terinfeksi. Biarkan selama 10 menit lalu bilas. Kamu juga bisa menggunakan gel dan pencuci wajah yang mengandung minyak pohon teh. 

3. Memutihkan Kulit

Minyak pohon teh juga bisa berfungsi dengan baik untuk memutihkan kulit. Hanya perlu menggabungkan satu sendok teh minyak jojoba dengan empat tetes minyak pohon teh. 

Masukan satu buah tomat ke dalam mixer dan tambahkan minyak pohon teh untuk dijadikan masker. Oleskan masker ke wajah dan biarkan selama sepuluh menit. Bilas dengan air hangat dan keringkan.  

Masker ini juga membantu menghilangkan warna kecokelatan pada wajah karena paparan sinar matahari. Jangan khawatir minyak pohon teh tidak akan menghilangkan warna kulit asli kamu.

Sementara, untuk kulit kering, bisa menggabungkan lima sendok makan minyak pohon teh dengan satu sendok makan minyak almond. Pijat dengan lembut ke kulit kamu dan biarkan. 

Setelahnya, mandi dan cuci muka seperti biasa. Penggunaan biasa masker wajah ini dapat menjaga kulitmu terhidrasi untuk waktu yang lebih lama.

4. Mengatasi Jamur Kulit

Minyak ajaib ini juga ternyata sangat efektif dalam memerangi berbagai infeksi bakteri. Cukup tetesi 2-4 minyak di daerah yang terkena penyakit kulit seperti jamur cincin, kapalan, atau kutil.

Mendapatkan hasil yang maksimal, lakukan pengobatan ini secara rutin. Pada umumnya, minyak pohon teh ini relatif cepat dalam mengobati penyakit kulit.

5. Merawat Kulit Kepala

Tea tree oil terbukti bermanfaat bagi kesehatan rambut dan kulit kepala. Seperti minyak kelapa, minyak pohon teh punya kemampuan untuk menenangkan kulit mati yang mengelupas pada rambut, menghilangkan ketombe dan bahkan untuk merawat rambut agar terhindar dari kutu.

Anda bisa membuat sampo dari ekstrak minyak pohon teh dengan mudah. Campurkan sekitar 10 tetes cairan minyak pohon teh, tambahkan gel lidah buaya, santan tiga sendok teh, dan boleh tambahkan minyak lavender untuk menambah wewangian. 

Gunakan untuk keramas, dengan pemakaian dua hari sekali. Lihat hasilnya selama pemakaian. []

Berita terkait
Tiga Ramuan Masker Rambut dari Minyak kelapa
tanpa perawatan yang efektif akan menganggu pertumbuhan rambut. Ternyata, cukup menggunakan minyak kelapa mendapatkan rambut bagus.
Gaya Cantik dan Sehat Donna Agnesia
Dalam setiap penampilannya mengisi acara program televisi, Donna selalu tampil dengan balutan dandanan natural.
Manfaat Ganja untuk Kecantikan Kulit dan Rambut
dalam jurnal Cannabidiol exerts sebostatic and antiinflammatory effects on human sebocytes, ganja untuk perawatan kulit dan rambut.
0
Kemenag Mimika Imbau Warga Jaga Situasi Jelang Natal
Kemenag Mimikia, Papua, imbau warga agar jaga situasi jelang Natal dengan cara tidak terprovokasi isu menyesatkan jelang HUT OPM 1 Desember