UNTUK INDONESIA
Kebiasaan Buruk yang Tidak Disadari Bisa Rusak Otak
Kebiasan buruk yang kerap dilakukan manusia bisa mengakibatkan kerusakan otak. Berikut kebiasaan buruk yang perlu diwaspadai.
Ilustrasi Otak Manusia. (Foto: Pixabay)

Jakarta - Kebiasaan buruk yang kerap dilakukan sehari-hari, ternyata tanpa disadari bisa merusak otak hingga dapat mengganggu kesehatan. Hal tersebut sudah seharusnya diwaspadai. 

Berikut Tagar rangkum kebiasaan buruk manusia yang bisa merusak kinerja otak, jika dilakukan terus-menerus. 

1. Merokok

Dari berbagai penelitian menyebutkan merokok dapat merusak sel membran otak yang mengatur keseimbangan dan kerja motorik tubuh. Bahkan, efek asap rokok juga mempengaruhi kesehatan tubuh. 

Zat nikotin yang terkandung dalam rokok bisa menipiskan lapisan kulit otak. Hal ini sangat berbahaya karena fungsi kerja otak untuk memproses bahasa, ingatan, dan depresi, dan lain sebagainya akan terganggu. 

2. Jarang Minum

Air memiliki peranan penting dalam fungsi kerja otak dan organ tubuh lainnya. Dari berbagai studi membuktikan dehidrasi bisa memacu penurunan fungsi kognitif otak manusia. 

Biasanya, seseorang yang mengalami dehidrasi pasti akan sulit mencerna informasi dan pusing. Bahkan, jika kondisinya sudah parah akan menyebabkan kejang-kejang. Mencegah hal tersebut, sudah seharusnya seseorang itu mengonsumsi 2 liter air setiap harinya. Hal itu bertujuan menjaga kesehatan otak dan tubuh. 

3. Tidak Sarapan

Jika tidak sarapan akan menyebabkan kadar gula rendah. Akibatnya bisa berdampak buruk pada kerusakan otak, terutama jika itu dilakukan secara terus-menerus. 

Sebuah penelitian di Jepang menyebutkan seseorang yang sering melewatkan sarapan justru akan rentan terkena serangan strok dan tekanan darah tinggi. 

4. Minum Alkohol

Para peneliti dari University of Oxford dan University College London menyebutkan seseorang yang konsumsi banyak alkohol bisa menderita atrofi hippocampal. Penyakit tersebut menyerang area otak yang terlibat dalam memori dan navigasi spasial. 

Jika kebiasaan buruk itu terus dilakukan, tentu akan memicu kerusakan otak. Akibatnya, hal itu bisa berdampak pada kesehatan tubuh. Mencegah hal buruk tersebut, kini seharusnya mulai menata pola hidup sehat dengan cara rutin berolahraga, konsumsi makanan sehat dan bergizi, tidur secukupnya, dan lain sebagainya. []

Baca juga:

Berita terkait
Tujuh Makanan dan Minuman Pemicu Kanker Otak
Kanker otak menjadi salah satu penyakit yang menakutkan bagi banyak orang. Berikut Tagar ulas Makanan yang dapat memicu kanker.
12 Jenis Teh dengan Khasiat Berbeda untuk Kesehatan
Teh memiliki macam jenis dengan aneka manfaat untuk kesehatan. Berikut Tagar ulas khasiatnya.
Kajian Ilmiah Ganja untuk Kesehatan
Beberapa kajian ilmiah memperlihatkan beberapa manfaat ganja untuk kesehatan. Apa efek yang diberikan?
0
Wanita asal Simalungun Tewas di Sungai Asahan
Seorang wanita asal Kabupaten Simalungun, ditemukan tak bernyawa di aliran Sungai Silau, Kabupaten Asahan.