Menu Diet ala Solar Mamamoo, Turun 2 Kilogram dalam 3 Hari

Ini dinamai diet buah-buahan, jalankan selama 3 hari dan rasakan manfaatnya.
Solar Mamamoo. (Foto: Tagar/Ist)

Jakarta - Bagi Anda yang berniat untuk diet sehat dengan masih mengonsumsi nasi, diet ala Solar Mamamoo dapat menjadi referensi. Namun, sebelum mengikuti menu diet berikut, ada baiknya Anda berkonsultasi dengan dokter atau ahli gizi agar tidak menimbulkan masalah kesehatan.

Solar adalah seorang penyanyi kelahiran 1991 dan saat ini menjadi ketua dari grup K-Pop bernama Mamamoo. Dalam video yang diunggah pada kanal Youtube-nya, dia hendak menjalankan diet dan mempersiapkan menunya. Dia menamai ini dengan diet buah-buahan. Hari pertama, saat menimbang berat badannya adalah 46,5 kg.

Berikut menu diet yang dia jalankan selama 3 hari beserta manfaatnya.


1. Pagi hari

Saat menjalankan program diet ini, Solar bangun antara pukul 10-12 siang, mendekati waktu makan siang. Dia mengonsumsi setengah buah apel, susu kedelai kemasan, dan 2 buah ubi jalar yang dipotong tipis-tipis kemudian direbus.

Menurut laman Hellosehat, satu buah apel mengandung 100 kalori, bila dia hanya mengonsumsi setengah buah, maka dia mendapat 50 kalori. Selain itu, apel mengandung antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas, serat dan vitamin C yang baik untuk tubuh.

Sementara, dalam satu kotak susu kedelai, kalorinya dapat berbeda-beda tergantung tempat produksinya. Anda dapat melihat komposisi gizi di balik kemasan sebelum membelinya.

Susu kedelai bermanfaat untuk menurunkan kolesterol, mengontrol gula darah, mencegah obesitas, dan menjaga kekuatan tulang. Bahkan susu kedelai lebih bagus dibanding susu sapi bagi penderita tekanan darah.

Sama seperti apel, ubi jalar juga menjadi salah satu menu favorit bagi seseorang yang sedang menjalankan diet. Umbi-umbian mengandung karbohidrat yang dapat menggantikan fungsi nasi saat di pagi hari. Selain itu, ubi jalar mengandung vitamin C, B kompleks, kalium, kalsium, dan antioksidan.


2. Siang hari

Menu makan siang yang dipilih oleh Solar adalah setengah porsi beras coklat (brown rice), dada ayam, dan anggur jenis Campbell. Brown rice sudah terkenal sebagai menu diet selain nasi konjac di Korea Selatan. Beras coklat dipilih karena lebih baik dari nasi putih dalam segi gizi dan nutrisinya.

Lauk pendampingnya adalah dada ayam yang sudah dipotong kecil. Dilansir dari Alodokter, sekitar 80 persen kalori dalam dada ayam berasal dari protein dan hanya 20 persen yang berasal dari lemak. Jika dibandingkan dengan bagian ayam lain, dada ayam memiliki kandungan protein dan kalori lebih tinggi, bahkan mencapai 3 kali lebih banyak.

Sedangkan anggur, cocok untuk dikonsumsi setelah manyantap makanan berat. Kandungannya yang kaya akan serat, vitamin K, dan bebas gula dapat membuat Anda tidak mudah lapar sehingga cocok untuk menu diet.


3. Malam hari

Solar memiliki 2 jadwal makan pada malam hari yaitu jam 7 dan pada tengah malam antara jam 11 atau jam 1 pagi. Buah yang wajib disantap pada makan malam adalah buah kesemek. Buah kesemek kaya akan mineral, vitamin, antioksidan, dan serat seperti vitamin A, E, dan C, sehingga bagus untuk pencernaan. Makanan pendamping buah kesemek adalah dada ayam dan telur rebus tanpa kuningnya. []

(Sekar Aqillah Indraswari)



Baca Juga :

Berita terkait
Buah-buahan Beserat Tinggi untuk Memaksimalkan Program Diet
Dapatkan tubuh ideal dengan konsumsi buah dengan kandungan serat yang tinggi.
Mengenal Diet Pegan yang Jadi Tren di Tahun 2021
Diet pegan menggabungkan prinsip paleo dan vegan tetapi mendorong konsumsi daging.
5 Macam Buah Rendah Kalori, Cocok untuk Kamu yang Sedang Diet
Secara umum semua buah baik untuk kesehatan tapi ada beberapa buah lebih rendah kalori daripada yang lainnya.
0
Surya Paloh Sebut Nasdem Tidak Membajak Ganjar Pranowo
Bagi Nasdem, calon pemimpin tak harus dari internal partai. Ganjar Pranowo kader PDIP itu baik, harus didukung. Tidak ada membajak. Surya Paloh.