Diet dan Suplemen Terbaik untuk Jerawat Hormonal

Beberapa penelitian selama dekade terakhir telah mengarahkan ahli kulit untuk hubungan potensial antara diet dan jerawat.
Ilustrasi. (Foto: Tagar/Ist)

Jakarta - Diet jerawat hormonal mungkin terlihat berbeda setiap orang, tergantung pada pemicu masing-masing dan kebutuhan diet mereka. Hubungan antara diet dan jerawat sangat kontroversial. Beberapa penelitian selama dekade terakhir telah mengarahkan ahli kulit untuk  hubungan potensial antara diet dan jerawat.

Hubungan antara diet dan jerawat tidak bisa lagi diabaikan. Bukti yang meyakinkan menunjukkan bahwa diet beban glikemik tinggi dapat memperburuk jerawat. Penelitian telah menunjukkan bahwa mengubah kebiasaan diet tertentu dapat secara signifikan mengurangi gejala jerawat. Dilansir dari Helthline, berikut ini adalah diet dan suplemen terbaik untuk jerawat.


1. Makan untuk mengontrol gula darah

Menghindari fluktuasi gula darah dengan mengikuti diet indeks glikemik rendah untuk mengendalikan jerawat adalah salah satu teori yang telah mendapatkan momentum di dunia sains. Indeks glikemik (GI) adalah ukuran seberapa lambat atau cepat suatu makanan meningkatkan kadar gula darah Anda. Memilih makanan dengan GI tinggi, seperti soda, roti putih, permen, sereal manis, dan es krim, menyebabkan fluktuasi dramatis dalam gula darah dan dapat memperburuk jerawat.


2. Coba kurangi susu dan protein whey

Demikian pula, penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi protein whey - protein yang berasal dari susu - dapat dikaitkan dengan jerawat. Satu studi 2 bulan pada 30 orang berusia 18-45 mengamati bahwa penggunaan protein whey dikaitkan dengan timbulnya jerawat. Beberapa studi kasus melaporkan hubungan antara protein whey dan jerawat juga.


3. Makan yang memiliki banyak nutrisi

Mengikuti diet anti-inflamasi yang padat nutrisi adalah salah satu cara terbaik untuk mengobati dan mencegah jerawat secara alami. Mengingat peradangan menyebabkan jerawat, memilih makanan yang mengurangi peradangan sangatlah penting. Mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan berwarna adalah cara lain untuk mengurangi peradangan dan gejala jerawat. Makanan ini memberikan antioksidan anti-inflamasi dan nutrisi pendukung kulit penting lainnya, seperti vitamin C, ke tubuh Anda


4. Suplemen lain yang mungkin membantu

Selain vitamin D dan ekstrak teh hijau, suplemen berikut dapat membantu mengurangi gejala jerawat: Minyak ikan, vitamin B, Seng, Vitex, Barberry, Probiotik, dan Cannabidiol. Vitamin D, ekstrak teh hijau, vitamin B, dan seng hanyalah beberapa suplemen yang mungkin bermanfaat bagi penderita jerawat. []

(Ghariza Syifa Riyashi)


Baca Juga




Berita terkait
6 Makanan Tinggi Protein Rendah Lemak, Cocok Untuk Diet
Mengonsumsi protein dianjurkan selama diet karena dapat meningkatkan hormon leptin, yang dapat membuat Anda merasa kenyang lebih lama.
Mengenal Diet Pegan yang Jadi Tren di Tahun 2021
Diet pegan menggabungkan prinsip paleo dan vegan tetapi mendorong konsumsi daging.
5 Macam Buah Rendah Kalori, Cocok untuk Kamu yang Sedang Diet
Secara umum semua buah baik untuk kesehatan tapi ada beberapa buah lebih rendah kalori daripada yang lainnya.
0
Diet dan Suplemen Terbaik untuk Jerawat Hormonal
Beberapa penelitian selama dekade terakhir telah mengarahkan ahli kulit untuk hubungan potensial antara diet dan jerawat.