UNTUK INDONESIA
Bahaya dan Pencegahan Tidur Mendengkur
Mendengkur atau mengorok ternyata tidak baik untuk kesehatan dan dapat menimbulkan penyakit yang berbahaya.
Ilustrasi Tidur. (Pixabay/Free-Photos)

Jakarta - Mendengkur atau mengorok selalu dianggap sebagai gangguan saat tidur. Memang suara yang ditimbulkan itu bisa menganggu teman sekamar. Namun, tidak ada yang menyangka hal itu bisa membahayakan kesehatan Anda. 

Dalam istilah kedokteran, mendengkur itu disebut dengan sleep apnoea. Artinya, henti nafas saat tidur. Akibatnya, ketersedian oksigen yang minim, bisa mempengaruhi seluruh organ, seperti jantung dan otak bekerja lebih keras dari sebelumnya. 

Sleep apnea terjadi ketika otot-otot saluran napas melemas saat tidur. Sehingga, berbagai penyakit bisa saja timbul akibat mendengkur, di antaranya darah tinggi, jantung, strok, kerusakan otak, depresi, diabetes, kegemukan hingga kematian. 

Dengan banyaknya efek buruk yang disebabkan dari mendengkur, sebaiknya Anda sudah memikirkan cara mengantisipasi dan memperhatikan kesehatan. 

Jangan khawatir, Tagar akan memberikan sejumlah solusi untuk menghentikan kebiasaan mendengkur agar tubuh tetap sehat. 

1. Berhenti minum alkohol dan obat tidur

Alkohol dan obat tidur bisa mempengaruhi saraf dan relaksasi otot leher. Dengan kandungan zatnya tersebut menyebabkan Anda mendengkur. 

Alkohol dan obat tidur ini akan membuat otot lidah dan tenggorokan semakin rileks. Dengan begitu, kemungkinan besar Anda akan mendengkur. Sebaiknya, Anda tidak mengonsumsi alkohol sampai lima jam sebelum tidur, supaya menghindari hal itu terjadi. 

2. Menurunkan berat badan

Jika kelebihan berat badan, terutama di bagian leher bisa menyebabkan Anda mendengkur. Hal itu bisa terjadi karena adanya tekanan pada sistem pernapasan.

Jadi, cobalah untuk diet. Dengan cara demikian, Anda bisa terhindar dari faktor mendengkur, sekaligus mendapatkan kemolekan tubuh karena Anda berhasil merampingkan badan. 

3. Mengubah posisi tidur

American Association of Oral and Maxillofacial Surgeons (AAOMS) menyebutkan seseorang yang kerap mendengkur karena posisi tidurnya terlentang. 

Dengan alasan tersebut, para peneliti menyarankan kepada Anda untuk mengubah posisi tidur dengan menyamping, supaya tidur lebih nyaman. Jadi, sekarang cobalah mulai memperhatikan posisi tidur Anda. 

4. Berhenti merokok

Rokok juga bisa menyebabkan seseorang itu tidur mendengkur. Itu karena zat yang di dalam rokok dapat membahayakan sistem pernapasan. 

Racun yang ada di dalam asap rokok akan membuat dinding saluran pernapasan menjadi iritasi, membengkak hingga menyumbat aliran udara. Jadi, sebaiknya Anda sudah memulai menghentikan kebiasaan yang tidak baik itu. 

5. Latihan untuk lidah dan tenggorokan

Dilansir dari Medical Daily, Dr. Joseph Mercola menyarankan untuk melatih lidah dan tenggorokan agar memperkuat bagian tubuh itu. Anda bisa memulainya dengan meletakkan bagian atas dan bawah molar atau gigi geraham (gigi di kedua sisi bagian belakang rahang) bersamaan, perlahan-lahan.

Selanjutnya, bukalah mulut dan fokuslah pada penekanan molar selebar mungkin. Ulangi ini sepuluh sampai 20 kali. Setelah 5 atau 10 menit akan merasakan otot rahang menguat. []

Baca juga:

Berita terkait
Berbahaya, Hindari Makanan Ini Saat Sarapan
Berikut Tagar News rangkum beberapa makanan yang dihindari saat sarapan.
Penjelasan Bahaya Konsumsi Makanan Cepat Saji
Makanan cepat saji mengandung banyak lemak dan gula dan tidak banyak kandungan seratnya.
Kandungan dan Bahaya Air Keras
Air keras merupakan larutan asam kuat yang jika mengenai kulit akan menimbulkan nyeri yang bisaj jadi akan membuat kulit mengalami luka bakar.
0
Acer Gelar Kompetisi Asia Pacific Predator League
Acer kembali menyelenggarakan Asia Pacific Predator League 2020 dengan cakupan lebih besar dan spektakuler. Kompetisi ini diikuti 17 negara.