UNTUK INDONESIA
Tips Menjaga Ketajaman Otak Hingga Lanjut Usia
Menjaga ketajaman otak hingga lanjut usia sangat penting. Berikut ulasannya.
Ilustrasi Lanjut Usia. (Foto: Pixabay/sabinevanerp)

Jakarta - Otak sangat berperan penting dalam menggerakan sistem tubuh, termasuk untuk mengingat atau berpikir. Semakin bertambah usia, fungsinya akan menurun secara perlahan. 

Namun, kondisi tersebut jangan diabaikan begitu saja. Tetapi, sebaiknya mulailah mencari cara yang mudah dilakukan untuk menjaga ketajaman otak sampai lanjut usia (Lansia). 

Berikut Tagar rangkumkan tips menjaga otak tetap tajam dan awet muda

1. Konsumsi Makanan Sehat

Konsumsi makanan sehat bisa membantu ketajaman otak, meski usia semakin tua. Bukan hanya itu saja, nyatanya menjaga makanan juga baik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh hingga membuat tidur semakin nyenyak. 

Menjaga ketajaman otak bisa dengan cara mengonsumsi buah, seperti blueberry karena fungsinya dapat mencegah penyakit demensia (penurunan daya ingat) dan meningkatkan kemampuan motorik.  

Menurut hasil penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Neurology, mengonsumsi satu porsi sayuran berdaun hijau juga bisa membuat otak 11 tahun lebih muda.

2. Mendengarkan Musik

Mendengarkan musik menjadi salah satu solusi mengatasi kecemasan, tekanan darah, depresi hingga meningkatkan daya ingat. Rutin melakukannya, tentu akan meningkatkan ketajaman otak. 

Dengan mendengarkan atau memainkan alat musik tentu juga dapat merangsang dan melatih otak semakin lebih baik berpikir. 

"Jika kalian ingin agar otak tetap bagus selama proses penuaan, mendengarkan atau bermain musik adalah alat yang hebat, ini menyediakan latihan otak total," kata ahli otolaringologi di Johns Hopkins Medicine. 

3. Kontrol Tekanan Darah 

Menurut National Institute of Aging, usia 50 tahun rentan pada hipertensi yang bisa meningkatkan risiko gangguan kesehatan mental pada tahap selanjutnya. Mencegah hal itu, Anda dianjurkan mengonsumsi cokelat hitam, memperbaiki postur tubuh, dan melatih pola pernapasan untuk membantu menurunkan tekanan darah.

4. Bersosialisasi

Berdasarkan berbagai penelitian, bila seseorang mengalami kesepian, justru berisiko terkena penyakit demensia yang meningkat hingga 65 persen.

"Ini hampir tidak dapat dipercaya, tapi kita tahu bahwa kesepian lebih buruk bagi kesehatan daripada 15 batang rokok sehari, menjadi pecandu alkohol dan obesitas yang tidak sehat," kata Profesor James Goodwin, seorang pemimpin ilmuwan di Age UK. []

Baca juga:

Berita terkait
Lima Tips Menjaga Kesehatan Otak Bagi Lansia
Salah satu organ yang harus dijaga khususnya bagi orang lanjut usia adalah otak. Karena otak menjalankan peran kesadaran dan kemampuan berfikir.
4 Makanan Tidak Boleh Dikonsumsi Penderita Kanker
Penderita kanker sudah harus mengetahui makanan yang harus dihindari untuk dikonsumsi. Berikut ulasannya.
Makanan yang Cocok Dikonsumsi Saat Depresi
Makanan sangat berpengaruh saat mengalami depresi, ada beberapa makanan yang cocok dikonsumsi untuk mengembalikan suasana hati, apa saja?
0
Data Bansos Dampak Covid-19 Kemensos di Bantul Kacau
Lurah di Bantul, Yogyakarta, dipusingkan data penerima bansos dampak Covid-19 dari Kemensos.