Pemerintah Kota Makassar

5 Tips Investasi Properti untuk Pemula

Investasi properti yang banyak digemari ialah perumahan, karena dianggap lebih menguntungkan dalam jangka panjang.
Ilustrasi investasi properti. (Foto: Tagar/Pixabay)

Jakarta - Salah satu investasi yang sangat digemari sekarang adalah investasi properti. Kenapa investasi properti bayak digemari? Karena nilai jual properti tetap stabil dan kian menaik tiap tahunnya. Banyak juga yang menganggap investasi ini memiliki risiko yang minim dibanding investasi lainnya.

Investasi properti yang banyak digemari ialah perumahan, karena dianggap lebih menguntungkan dalam jangka panjang. Apalagi bagi investor pemula, ini adalah suatu yang bisa dibanggakan memiliki investasi properti. Untuk pemula yang baru memulai investasi properti, ada baiknya untuk mengetahui tips investasi property di bawah ini.


1. Memilih lokasi strategis

Lokasi yang strategis harus anda ketahui terlebih dahulu, sebelum hendak membeli rumah. Biasanya orang-orang membangun rumah karena lokasinya yang strategis dan sangat mempengaruhi harga jual properti. Lokasi strategis misalnya mudah dijangkau dan dekat dengan pusat keramaian.


2. Menyiapkan biaya

Biaya adalah salah satu faktor yang akan menentukan investasi properti ini. Anda harus menyiapkan biaya untuk menanggung biaya pokok dan biaya lainnya yang dibutuhkan. Biaya yang harus disiapkan sebelum memulai investasi properti yaitu biaya tanda jadi, uang muka, dan angsuran.


3. Cek harga pasar

Sebelum memutuskan membeli ada baiknya Anda perhatikan harga pasar yang sedang berlaku dan lebih baiknya mengetahui harga pasaran rumah terlebih dahulu. Pengecekan harga pasar ini bisa melalui online atau riset langsung. Dengan itu, Anda bisa mendapatkan harga terbaik dari investasi properti.


4. Fasilitas memadai

Setelah pengecekan harga pasar, Anda harus tau fasilitas apa saja yang disediakan oleh pengembang. Karena fasilitas yang memadai memiliki nilai jual yang tinggi, seperti fasilitas internal dan eksternal. Hal ini sangat penting untuk dilihat bagi Anda yang baru memulai investasi properti.


5. Mempersiapkan dana tambahan

Menyiapkan dana tambahan ini sangat penting, karena tidak menutup kemungkinan adanya biaya tambahan yang ditanggung proses pembelian investasi properti ini. Biaya tambahan yang mungkin ada saat transaksi jual beli property seperti biaya bank, biaya asuransi, biaya notaris, dan pajak. []

(Ghariza Syifa Riyashi)


Baca Juga








Berita terkait
Inilah 3 Investasi Properti Sangat Menguntungkan
Investasi properti berjenis indekos sangat cocok diaplikasikan di daerah perkotaan, tidak terkecuali Jakarta.
3 Alasan Utama Mengapa Harus Memiliki Properti Sendiri?
Properti tidak hanya akan menjadi aset Anda yang paling berharga, tetapi juga menciptakan kekayaan.
Menteri ATR/BPN: UUCK Mendorong Investasi di Bidang Properti
Menteri ATR/Kepala BPN Sofyan Djalil memastikan bahwa kelima peraturan pelaksana tersebut akan bermanfaat bagi masyarakat dalam investasi properti.
0
3 Alasan Mengapa Kita Harus Menghindari Tidur Tengkurap
Ternyata posisi tengkurap tidak baik bagi tubuh terutama tulang bagian belakang dan bahu.