Booming Investasi Uang Digital, Apa Itu Uang Kripto?

Mata uang kripto adalah mata uang digital yang hanya ada di dunia maya. Kripto kian digandrungi masyarakat milenial Indonesia.
Ilustrasi mata uang kripto. (Foto: Tagar/Freepik/Averystep)

Jakarta - Fenomena tentang mata uang kripto atau cryptocurrency kian digandrungi masyarakat milenial Indonesia belakangan ini. Apa sih kripto itu?

Mata uang kripto adalah mata uang digital yang hanya ada di dunia maya. Selain bitcoin yang sangat populer, contoh mata uang kripto lainnya adalah ethereum, ripple, litecoin, dogecoin, mrai, dashcoin, dan sebagainya.

Investasi kripto, terutama bitcoin diperkenalkan Satoshi Nakamoto pada Januari 2009, digunakan untuk berbagai transaksi, seperti pembelian jasa game dan sebagainya.

Dari situ, jual beli bitcoin makin marak dan populer hingga muncul uang kripto lainnya. Tetapi kamu perlu tahu, investasi jenis ini masuk kategori high risk high return.

Aset-aset kripto merupakan aset yang bergejolak. Buat kamu yang ingin memulai berinvestasi terhadap aset digital ini harus memperhitungkan risiko investasi di aset tersebut.

Sebagai calon investor, kamu harus pahami bahwa aset kripto selalu mengalami perubahan harga. Sebab itu, investor yang ingin memiliki produk investasi dengan risiko rendah tidak akan cocok dengan aset kripto.

Kamu juga perlu memahami bahwa aset kripto satu dengan yang lainnya tidak sama. Sebab itu investor harus memastikan bahwa aset kripto yang dimiliki memiliki tingkat likuiditas yang tinggi. []

Baca Juga: Sejarah Dogecoin, Koin Kripto Favorit Elon Musk

Berita terkait
Antivirus Norton Hadirkan Fitur Keamanan Penambangan Kripto
Perusahaan antivirus Norton menghadirkan layanan penambangan cryptocurrency.
Saingi Coinbase, Kraken Rilis Aplikasi Kripto di AS
Platform trading saingan dari Coinbase Kraken merilis aplikasi kriptonya di Amerika Serikat setelah sebelumnya hadir di Eropa.
China Larang Lembaga Keuangannya Layani Transaksi Uang Kripto
Pemerintah China esmi melarang lembaga keuangan seperti bank, asuransi dan fintech pembayaran untuk menyediakan layanan transaksi uang kripto.
0
Calo Jual Harga Tiket Final Piala Eropa Rp 340 Juta
Walaupun tiketnya telah terjual habis di situs resmi UEFA, namun para penggemar tim Three Lions tak kehabisan akal.