Pemerintah Kota Makassar

5 Alasan Memulai Investasi Emas Sekarang

Anda dapat melihat kenaikan harga emas yang tajam, walaupun setiap kali ada turbulensi di pasarnya.
Ilustrasi investasi emas. (Foto: Tagar/Pixabay)

Jakarta - Emas adalah aset unik, namun langka. Barang mewah ini sekaligus bisa dijadikan investasi. Emas bukanlah tanggung jawab siapa pun dan tidak membawa risiko pihak lawan. Dengan demikian, ia dapat memainkan peran mendasar dalam investasi. Ada banyak manfaat memilih emas sebagai investasi karena dikenal untuk melindungi investasi Anda dalam jangka panjang.

Teori ini dipercaya semua orang tergantung ketika aset lain tidak menawarkan stabilitas. Untuk alasan ini, Anda dapat melihat kenaikan harga emas yang tajam, walaupun setiap kali ada turbulensi di pasarnya atau ketika ada ketegangan politik antar negara. Dilansir dari Policybazaar, berikut 5 alasan memulai investasi emas.


1. Menyimpan uang untuk masa depan

Menyimpan uang untuk masa depan sangatlah penting ketika Anda memiliki penghasilan tetap. Hal sederhana yang dapat Anda lakukan adalah berinvestasi dalam emas fisik. Ini akan melindungi uang Anda untuk masa depan dan Anda juga akan bisa mendapatkan pengembalian yang baik dalam jangka panjang.


2. Mudah dibeli dan mudah dijual di pasar

Anda dapat dengan mudah membeli emas fisik dari toko perhiasan mana pun. Namun, perlu diingat untuk membelinya dari toko perhiasan tepercaya yang dapat memberikan sertifikat jaminan pada produk.

Keuntungan terbesar membeli dari sumber terpercaya adalah Anda akan mendapatkan kualitas asli tanpa risiko apa pun dan Anda juga akan memiliki tanda terima yang tepat untuk referensi Anda di masa mendatang.


3. Tidak membutuhkan banyak perawatan

Bagian terbaik tentang berinvestasi dalam emas adalah tidak memerlukan perawatan. Anda dengan mudah menyimpannya di tempat yang aman selama ratusan tahun. Berbeda jika Anda menginvestasikan uang, Anda harus menjaganya dengan baik.


4. Stabilitas harga adalah keuntungan tambahan

Jika dibandingkan dengan opsi lain di pasar, harga emas agak stabil dan tidak turun dengan margin besar bahkan selama krisis. Faktanya, setiap kali ada krisis di pasar keuangan, orang beralih ke investasi emas dan harganya melonjak dalam waktu singkat.


5. Investasi aman jika dibandingkan dengan aset lainnya

Tidak perlu khawatir tentang investasi ketika Anda memilih untuk membeli emas fisik karena ini tidak akan terlalu berfluktuasi di pasar. Ketika membandingkan harga emas hari ini dengan kurs masa lalu, Anda akan melihat bahwa itu kurang lebih stabil jika dibandingkan dengan aset lain di pasar. Bahkan setelah bertahun-tahun, emas akan memiliki nilai bagus di pasar dan ini menjamin keamanan penuh untuk masa depan Anda.

(Ghariza Syifa Riyashi)


Baca Juga








Berita terkait
Tips Investasi Emas Bagi Pemula
Buat kamu yang ingin mulai berinvestasi emas, yuk simak beberapa tips ini.
Bagaimana Emas Jadi Pilihan Investasi Menarik
Sepanjang sejarah, hanya sedikit investasi yang mampu menyaingi popularitas emas sebagai lindung nilai terbaik terhadap semua masalah.
Imbas Covid-19, Tugure Incar Emas Sebagai Investasi
Tugu Reasuransi Indonesia berencana membidik instrumen baru sebagai alternatif di tengah ketidakpastian akibat penyebaran virus corona.
0
Begini Cara Menentukan Jangka Waktu Investasi
Kunci utama dalam menentukan jangka waktu investasi adalah profil risiko dan kebutuhan dari masing-masing investor