Jakarta - Di zaman saat ini, memanfaatkan kekuatan media sosial adalah suatu keharusan jika Anda ingin mengembangkan bisnis Anda. Jangkauan media sosial sangat luas dan sangat berdampak terhadap bisnis jika Anda telah melakukannya dengan benar.
Hampir semua kalangan usia saat ini memiliki pasarnya tersendiri di media sosial, tentukan target Anda dan rencanakan strategi pemasaran yang akan Anda lakukan. Berikut adalah 4 tips yang dapat membantu pengusaha mana pun yang ingin memperluas bisnis mereka dengan memanfaatkan media sosial.
1. Konsisten
Dalam memposting dan seberapa sering Anda menggunakan media sosial, ingatlah konsistensi. Ini merupakan kunci sukses memanfaatkan media sosial apa pun. Buat rencana untuk apa yang akan Anda posting dan seberapa sering Anda akan memposting, dan patuhi itu. Idealnya beberapa kali sehari atau seminggu, tergantung pada tujuan Anda dan pengikut Anda.
2. Gunakan semua jejaring sosial
Anda mungkin memiliki satu jejaring sosial yang Anda sukai daripada yang lain, tetapi itu tidak berarti bahwa semua pengikut Anda merasa seperti itu. Jika Anda ingin sukses dengan media sosial, maka Anda perlu memposting di semua media sosial seperti Twitter, LinkedIn, Facebook, dan Instagram.
3. Format konten untuk dioptimalkan untuk setiap platform
Mempertahankan akun di semua platform media sosial utama tidak berarti memposting hal yang sama di empat situs berbeda setiap hari. Ini berarti memformat konten yang khusus dimaksudkan untuk setiap platform. Anda memerlukan foto untuk Instagram, posting panjang untuk LinkedIn, video dan meme untuk Facebook dan pengumuman singkat untuk Twitter. Semua postingan Anda harus berbeda, bahkan jika postingan tersebut menyampaikan pesan yang sama.
4. Pastikan konten Anda selaras dengan pesan Anda
Dalam hal membangun kehadiran media sosial yang kuat, Anda harus mendapatkan like dan pengikut yang banyak. Namun, Anda mungkin tergoda untuk mengirimkan posting yang hanya mendapat banyak perhatian, tetapi itu tidak akan berpengaruh apa-apa untuk merek Anda, jika Anda tidak memastikan bahwa kontennya selaras dengan pesan Anda. Semuanya harus sesuai dengan identitas merek Anda dan mempromosikan apa yang ingin Anda katakan kepada pengikut Anda. []
(Fauzi Maulana Rizqi)
Baca Juga
- Komitmen Jokowi Indonesia Bantu Pelaku UMKM Perempuan
- Ternyata Ini Penyumbang Terbesar Lapangan Kerja UMKM
- Begini Cara Daftarkan UMKM Jadi Waralaba atau Franchise
- Luhut Minta OJK Sosialisasi DigiKU di Festival UMKM Toba Vaganza