Mau Mulai Bisnis? Pahami Dulu Analisa SWOT dan Penerapannya

Analisis SWOT bertujuan membantu institusi untuk menyadari dan mengembangkan strategi serta pengambilan keputusan dalam bisnis. Ini Ulsannya.
Ilustrasi - Bisnis. (Foto: Tagar/Pixabay/Werner Heiber)

Jakarta - Dalam kehidupan sehari-hari, kamu pasti tidak asing lagi dengan analisa swot yang mengidentifikasi strengths (kekuatan), weaknesses (kelemahan), opportunities (peluang), dan terakhir threats (ancaman).

Platform konsultan bisnis UMKM, Konsultanku, menjelaskan bahwa analisa SWOT merupakan teknik perencanaan strategi yang digunakan para pelaku bisnis hingga menemukan peluang baru dalam pengembangan usaha.

Profesor Stanford University, Albert S. Humphrey adalah orang yang pertama kali mengenalkan SWOT pada 1960-an. Ide dasarnya adalah mempertimbangkan faktor internal yakni strength dan weakness yang dikombinasikan dengan faktor eksternal (opportunity dan threat) dalam menyusun strategi bisnis.

Analisis SWOT bertujuan membantu institusi untuk menyadari dan mengembangkan strategi serta pengambilan keputusan dalam bisnis. Strength mencerminkan komponen kekuatan yang terdapat dalam instansi atau perusahaan, baik berwujud benda seperti infrastruktur, lokasi kantor, maupun bukan benda seperti skema kerja dan manajemen perusahaan. 

Sama seperti strength, weakness adalah segala komponen yang menjadi kelemahan perusahaan seperti kekurangan modal atau tenaga kerja.

Dua faktor eksternal yang mesti dipertimbangkan dalam menjalankan sebuah bisnis adalah opportunity dan threat. Opportunity diperoleh dengan dukungan eksternal seperti kebutuhan masyarakat, peluang bisnis untuk berkembang, hingga kebijakan pemerintah terkait pengusaha dan keberjalanan usaha.

Terakhir, threat merupakan elemen yang diprediksi dapat menghambat perkembangan bisnis seperti adanya kompetitor, faktor cuaca, hingga krisis ekonomi. Keempat faktor ini kemudian bisa dikombinasikan untuk menganalisis bisnis, misalnya menganalisis S-O, S-T, W-O, dan W-T.

Analisis SWOT yang diterapkan langsung dalam strategi bisnis juga perlu mempertimbangkan banyak hal. Pertama lakukan analisis SWOT terhadap keberjalanan bisnis kamu.

Analisislah kekuatan, kelemahan, peluang, dan faktor penghambat yang berpotensi terjadi selama bisnis berjalan. Dengan analisis SWOT, kamu bisa menyusun atau bahkan mengubah strategi dalam menjalankan bisnismu.

Namun, akan lebih baik jika SWOT juga dilakukan sebelum kamu memulai usaha. Dengan menggunakan analisa SWOT kamu bakal mengetahui seberapa peluang product-market fit dari barang yang akan kamu luncurkan ke pasaran.

Jika tidak, bisa melakukan langkah mitigasi lebih awal untuk mencegah kebangkrutan misalnya dengan mengubah strategi pemasaran.

(Alwin Widiyantoro)

Berita terkait
6 Tips Ampuh Memilih Bisnis Franchise Agar Sukses
Bisnis franchise adalah usaha yang akhir-akhir ini sedang banyak diminati karena cukup menguntungkan untuk dicoba.
Patut Dicoba! Tips Sukses Bangun Bisnis Ala Keturunan China
Keturunan Cina juga diklaim lebih piawai dan sukses dalam berbisnis karena berpegang teguh pada prinsip hidup untuk meraih kesuksesan. Ini tipsnya.
Wow! Begini 4 Tips Berbisnis dari Jeff Bezos Agar Profit
CEO Amazon Jeff Bezos dikenal sebagai orang terkaya di dunia sejak 2017. Nah bagi kamu yang sedang berbisnis ada baiknya ikuti tips berikut.
0
Biden dan Para Pemimpin G7 Disebut Sepakati Larangan Impor Emas Rusia
Sebuah langkah yang bertujuan untuk semakin mengisolasi Rusia dari ekonomi global dengan mencegah partisipasinya di pasar emas