Jakarta, (Tagar 19/2/2019) - Kelebihan berat badan atau obesitas banyak dialami masyarakat di Indonesia. Penyebab utamanya pola makan yang tidak terjaga.

Tangan seolah tak letih menyendok atau menggapai kudapan yang ada di hadapan. Sementara lambung selalu terbuka dengan beragam camilan yang tiba dari tenggorokan setelah dikunyah di ruang mulut.

Mulai dari lezatnya kuah santan gulai yang kental, manisnya gula-gula di lantai bibir, segarnya ice cream yang mulai meleleh, gurihnya tempe mendoan yang kemudian dibasuh dengan cairan soda, nyaamm...nyaamm..

Tapi... Stop! Gak sehat guys.

Menurut data Riset Kesehatan Dasar Kementerian Kesehatan, jumlah penderita obesitas saat ini terus meningkat. Dari 18,8 persen pada tahun 2007, melonjak menjadi 26,6 persen pada 2013 dan telah mencapai 31 persen pada 2018.

Di usia 22 tahun, bobotnya 250 kgKelebihan berat badan atau obesitas banyak dialami masyarakat di Indonesia. Penyebab utamanya pola makan yang tidak terjaga. (Foto: Antara/Aji Styawan)

Menjaga berat tubuh sangat penting. Pasalnya obesitas rawan terhadap berbagai masalah kesehatan. Salah satunya penyakit yang menghantui adalah jantung.

Mengonsumsi makanan 4 sehat 5 sempurna sudah wajib hukumnya. Terlalu banyak mengonsumsi camilan pun tidak baik. Solusinya mengganti kudapan dengan buah atau sayur dengan maksud tanpa menghilangkan hobi untuk terus ngemil. Ngemil yang sehat pastinya. 

Baca juga: Ikan Terbang Indonesia Banyak Peminatnya, 48 Ton Dilepas ke Jepang

Olahraga rutin untuk menjaga metabolisme tubuh tak kalah bermanfaat. Tubuh menjadi sehat dan bugar. Berat badan menjadi stabil terbebas dari penyakit.

Solusi lainnya mencegah obesitas dengan menjalani diet. Salah satu diet yang dapat dilakukan menggunakan ikan tongkol. Ikan yang hidup di laut itu mengandung protein dan lemak sehat yang tinggi.

Riset menyebutkan protein dan lemak sehat dalam ikan tongkol dapat menjaga agar lambung tetap kenyang. Selain itu, dua kandungan itu dapat menahan kadar ghrelin muncul. Ghrelin diketahui hormon yang merangsang rasa lapar.

Mix max ikan tongkol dengan makanan yang memiliki kadar protein tinggi lainnya untuk diet mencegah obesitas. Iringi juga dengan menu kaya serat agar pencernaan lancar serta hasil diet maksimal. Selamat mencoba.

Baca juga: Rambut Jagung Ternyata Mampu Turunkan Kolesterol, Begini Mengolahnya