Tips Diet Sehat Ala Soyou Sistar

Jika melakukan diet, hindari melakukan usaha yang terlalu berlebihan dan memberatkan di awal.
Soyou Sistar. (Foto: Tagar/Ist)

Jakarta - Biasanya saat awal memulai diet, orang berpikir mereka harus mengurangi banyak porsi makan agar berat badannya dapat turun, tetapi itu hanya akan membuat Anda susah mempertahankan berat badan saat sudah turun dan meningkatkan keinginan untuk makan banyak.

Soyou, seorang penyanyi asal Korea Selatan dan merupakan mantan anggota grup Sistar mengatakan hal tersebut di kanal Youtubenya. Dia menyarankan jika ingin melakukan diet sehat dan berat badan ideal tetap terjaga, hindari melakukan usaha yang terlalu berlebihan dan memberatkan di awal.

Dia pun memberikan tips diet yang lebih baik yang dilakukannya selama 2 bulan sebagai berikut.


1. Makan dalam 3 waktu dalam sehari

Makan 3 hari dalam sehari tetap harus dijalankan meskipun dengan porsi setengah dari biasanya. Jika Anda tidak biasa sarapan, Anda bisa mencoba mengonsumsi makanan yang mudah dibuat tetapi mengandung protein pula.

Untuk memenuhi kebutuhan karbohidrat Anda bisa mengganti nasi putih dengan nasi konjac dan brown rice.

Untuk makan siang dan malam, Soyou biasa menyantap salad atau makanan yang mengandung protein. Biasanya dia membuat saladnya sendiri, tetapi apabila dia sedang bekerja dia akan membeli di luar.

Saat diet penting untuk mengetahui apa saja yang Anda makan dalam sehari. Soyou sendiri sampai mengunduh aplikasi bernama Time Stamp dimana dia akan memotret apa saja yang dia makan seperti susu, biskuit, atau buah. Aplikasi tersebut akan memberikan tanda waktu dan tanggal kapan foto itu diambil.

Cara ini untuk mengevaluasi makanan apa yang menjadi penyebab jika suatu saat berat badan Anda naik padahal sedang menjalankan diet. Apabila merasa sulit untuk setiap makan memotretnya, Anda dapat mencatatnya di ponsel atau buku.


 2. Olahraga

Menurutnya, saat melakukan diet tidak ada alasan tidak mempunyai waktu untuk olahraga, itu berarti Anda tidak siap untuk diet. Dia mengatakan meskipun lelah selepas bekerja, dia akan mengusahakan untuk pergi berolahraga.

Dalam seminggu Soyou melakukan yoga sebanyak 2-3 kali. Sedangkan untuk angkat beban dia melakukan 5 kali dalam seminggu.

  • Yoga

Soyou melakukan Yoga saat pikirannya sedang kacau. Dengan yoga, energi negatif yang dia rasakan dapat berganti menjadi energi positif sehingga sangat membantunya.

Yoga dapat menjadi pilihan bagi Anda yang enggan olahraga, cukup melakukannya sebelum tidur. manfaat yang didapat ialah antara tubuh dan pikiran Anda seimbang.

Yoga biasa didahulukan dengan melakukan meditasi. Gerakannya yakni duduk dengan tegap dan meletakkan tangan pada lutut. Kosongkan pikiran sembari mengatur napas perlahan.

Gerakan yoga yang pertama adalah genggam tangan Anda, angkat bokong ke atas lebih tinggi dari badan, sanggah badan dengan jari kaki dan siku tangan selama 10 kali sembari bergerak ke depan dan belakang.

Gerakan berikutnya bernama Surya Namaskara. Gerakan ini mengacu pada salam atau hormat kepada matahari. Ini bagus untuk seseorang yang kerap melakukan postur badan yang sama dalam waktu yang lama.

  • Angkat beban

Soyou melakukan angkat beban berbarengan dengan kardio. Angkat beban dapat membantu Anda mempunyai otot, sementara kardio dapat mengurangi lemak tubuh.

Jika keduanya terasa berat, Anda bisa berjalan sebanyak 10.000 langkah dalam sehari atau membeli alat stepper yang dapat dilakukan di rumah saja. Selain itu, Anda bisa menonton video olahraga dari Youtube.

Olahraga yang biasa dia lakukan saat di gym adalah Lat Pull Down dengan beban seberat 15 kg selama 12 kali dalam 3 sesi. Kedua, Chest Press sebanyak 10 kali dalam 3 sesi. Ketiga, Leg Press sebanyak 15 kali dalam 3 sesi. Terakhir adalah Hanging Leg Raise sebanyak 15 kali dalam 3 sesi. []

(Sekar Aqillah Indraswari)


Baca juga


Berita terkait
Kenali 4 Efek Samping Diet Vegan Sebelum Anda Memulainya
Para peminat metode diet ini benar-benar menghindari segala asupan yang berasal hewan, termasuk madu, telur, dan produk susu.
6 Cara Memperbaiki Pola Diet Agar Lebih Sehat
Pola diet yang salah akan merugikan kesehatan Anda.
Ciri-ciri Diet yang Merugikan Menurut Para Ahli
Melakukan diet dengan metode yang tidak benar bisa memberikan dampak negatif pada tubuh Anda.
0
Tips Diet Sehat Ala Soyou Sistar
Jika melakukan diet, hindari melakukan usaha yang terlalu berlebihan dan memberatkan di awal.