6 Cara Memperbaiki Pola Diet Agar Lebih Sehat

Pola diet yang salah akan merugikan kesehatan Anda.
Ilustrasi. (Foto: Tagar/Ist)

Jakarta - Memperbaiki pola diet Anda adalah hal yang bagus untuk dilakukan jika Anda ingin menikmati hidup yang bahagia dan sehat. Jika diet adalah sesuatu yang Anda minati saat ini, cobalah untuk melakukannya dengan sungguh-sungguh. Dilansir dari Health Benefits Time, berikut adalah 6 cara memperbaiki pola diet.


1. Lakukan riset online

Ada banyak situs web di luar sana dengan berbagai informasi gratis tentang makan sehat. Mereka dapat membantu Anda menurunkan berat badan, menambah massa otot, atau apa pun yang Anda cari. Ada banyak artikel tentang diet spesialis, seperti diet keto, pilihan vegetarian atau vegan.


2. Lakukan bersamaan dengan gaya hidup sehat

Cobalah untuk melakukan latihan aerobik setiap hari selama setengah jam. Tidak harus sekaligus, tetapi bisa dibagi menjadi beberapa sesi latihan singkat jika perlu. Beberapa contoh kegiatannya adalah jogging, jalan cepat, bersepeda, atau berenang.


3. Makan buah dan sayuran

Dalam hal pola makan yang sehat, buah dan sayuran seringkali menjadi makanan yang dikesampingkan. Buah padat nutrisi yang berarti Anda mendapatkan banyak vitamin dan mineral tanpa makan terlalu banyak kalori. Beberapa contoh yang bisa Anda makan adalah jeruk, blueberry, stroberi, dan kiwi. Anda dapat menambahkan buah ke sarapan Anda dalam bentuk smoothie, atau Anda bisa meminumnya dengan yogurt untuk camilan sore.


4. Sarapan sehat

Sarapan adalah waktu makan yang paling penting karena membuat tubuh Anda siap untuk melakukan aktivitas dan memungkinkan Anda pergi makan siang dengan berenergi, bukannya lesu dan lapar. Berikut adalah beberapa contohnya: Oatmeal dengan buah beri dan almond, Telur dadar sayur dengan roti panggang alpukat di atas roti gandum atau roti panggang, dan puding Chia dengan buah segar.


5. Tetap terhidrasi

Sangat penting untuk tetap terhidrasi, mengkonsumsi setidaknya dua liter air setiap hari. Dalam hal manfaat kesehatan, hidrasi membantu mengeluarkan racun dari sistem kita. Air juga penting untuk fungsi organ tubuh Anda, termasuk jantung dan ginjal.


6. Hindari hal berikut ini

Jika Anda pecinta kopi maksimalkan hanya tiga cangkir sehari, karena kopi adalah minuman asam dan mengandung kafein. Bersifat diuretik, artinya menyebabkan tubuh kehilangan air. Hal lain yang harus Anda hindari adalah pemanis buatan seperti aspartam, sakarin, dan sucralose. Mereka semua adalah bahan kimia yang tidak alami dan mereka akan membuat Anda menginginkan lebih banyak makanan dari biasanya yang mengakibatkan makan berlebihan dan penambahan berat badan. []

(Ghariza Syifa Riyashi)


Baca Juga


Berita terkait
Ciri-ciri Diet yang Merugikan Menurut Para Ahli
Melakukan diet dengan metode yang tidak benar bisa memberikan dampak negatif pada tubuh Anda.
Hal yang Perlu Diperhatikan dalam Menjalani Diet
Terapkan pola makan seimbang dan olahraga teratur
5 Efek Samping Diet Keto yang Harus Anda Ketahui
Meskipun dapat menurunkan berat badan, diet ini masih menuai banyak kontroversi.