Enam Cara Jitu Lakukan Diet Hemat

Diet tidak harus identik dengan pengeluaran besar. Berikut ini ada beberapa tips jitu diet dengan bujet minim.
Ilustrasi. (Foto: Pixabay)

Jakarta - Memiliki bentuk badan ideal merupakan keinginan sebagian besar orang. Oleh karena itu, program diet dipilih sebagai salah satu metode menurunkan berat badan. 

Namun bagaimana agar program diet dapat berjalan lancar dengan budget minim?

Berikut Tagar merangkum enam tips jitu diet hemat.

1. Mengatur Jadwal Makan

Mengatur jadwal makan menjadi cara terampuh untuk diet. Aturlah jadwal makan secara terukur dengan cara dua kali sehari, yakni sarapan dan makan sore. 

Mengatur jadwal makan ini membuat asupan lemak, gula, dan karbohidrat lebih terkendali sehingga berat badan dapat terkendali atau bahkan berkurang.

Mengatur jadwal makan menjadi dua kali sehari juga dapat membuat pengeluaran lebih hemat.

2. Stop Kebiasaan Makan Makanan Cepat Saji (Junk Food)

Kebiasaan makan makanan cepat saji sering ditemui di kota-kota besar. Meski terkenal dengan rasa yang lezat, namun makanan cepat saji cenderung mahal ketimbang makanan warteg. 

Selain itu, tidak sedikit sajian cepat saji tersebut memiliki kandungan lemak dan gula tinggi yang di dapat dari soda atau ayam goreng tepung.

Oleh sebab itu, ketika sedang diet dengan bujet minim, ada baiknya menghentikan kebiasaan tersebut.

3. Mengganti Menu Cemilan

Biasanya, keripik dan coklat merupakan makanan wajib untuk cemilan di rumah atau kantor. Ternyata, kebiasaan ngemil dengan menu makanan seperti itu sangat efektif untuk menambah berat badan

Daripada menghabiskan banyak uang untuk membeli cemilan yang membuat tubuh gemuk, mending mengganti menu cemilan dengan makanan yang mendukung program diet seperti buah-buahan. 

Buah seperti apel, kiwi, melon, atau pisang dijual di pasar dengan harga yang cenderung lebih murah. Selain itu, buah-buahan ini membuat kita lebih mudah kenyang.

4. Masak Makanan Sendiri

Memasak makanan yang kamu makan merupakan salah satu tips yang jitu untuk diet dengan biaya yang cenderung lebih murah ketimbang makan di luar. Tidak hanya untuk menghemat pengeluaran, masak sendiri dapat mengasah kemampuan kamu.

Selain itu, dengan masak sendiri kamu dapat mengetahui menu makanan apa dan apa saja yang terkandung di dalamnya ketimbang membeli makanan dari rumah makan atau warteg.

5. Membeli Makanan Sehat yang Sedang Diskon dan Promo

Bagi kamu yang terbiasa belanja di swalayan, tidak ada salahnya mencoba cermat membeli komoditas makanan sehat yang berdiskon. Selain mendapat manfaat yang baik untuk kesehatan, jenis makanan seperti ini dapat mengurangi beban belanjamu.

Selain itu, cermati bahan makanan yang sedang promo. Tidak sedikit makanan seperti buah atau sayur di swalayan yang memberikan promo beli satu dapat dua (buy one get one).

6. Lebih Banyak Makan Sayur dan Buah

Selama diet, kebiasaan makan sayur dan buah merupakan menu wajib, Makanan seperti ini memiliki harga yang jauh lebih murah ketimbang ikan dan daging.

Agar lebih menarik, buatlah olahan sayur dan buah yang menggunggah selera seperti cap cai dan salad. []

Berita terkait
Bahaya Konsumsi Ciu untuk Kesehatan Tubuh
Ciu sudah dikenal di kalangan masyarakat luas, yang dampaknya sangat berbahaya jika sudah mengonsumsinya.
Manfaat Lima Macam Daun Buah-Buahan untuk Kesehatan
Daun buah-buahan ternyata memiliki kandungan nutrisi yang menyehatkan tubuh.
Tips Merawat Wajah Tetap Cantik Tanpa Makeup
Terlihat cantik merupakan hal utama yang diinginkan kebanyakan kaum hawa. Tapi tahukah Anda, wanita dapat terlihat cantik tanpa make up loh.
0
Penduduk Asli Pertama Amerika Jadi Bendahara Negara AS
Niat Presiden Joe Biden untuk menunjuk Marilynn “Lynn” Malerba sebagai bendahara negara, yang pertama dalam sejarah Amerika Serikat (AS)