Perbedaan Nasi Lemak dan Nasi Uduk

Nasi lemak yang dikenal sebagai makanan khas Malaysia ternyata memiliki kemiripan dengan nasi uduk, Misalnya sama-sama berakar dari tanah Melayu.
Nasi Uduk. (Foto: Tagar/Pinterest)

Jakarta - Nasi lemak yang dikenal sebagai makanan khas Malaysia ternyata memiliki kemiripan dengan nasi uduk, yaitu sama-sama dimasak dengan santan sehingga rasanya gurih.

Akar sejarah keduanya juga sama-sama berasal dari tanah Melayu. Hasil pertemuan budaya Melayu dan Jawa di Batavia pada masa VOC menghasilkan nasi lemak yang dimodifikasi menjadi nasi uduk.

Tak hanya di Malaysia, nasi lemak sudah dikenal terlebih dahulu di Sumatera dari bangsa Melayu yang bermigrasi setelah Portugis memasuki Malaka. Begitu juga dengan negara-negara yang berdekatan semenanjung Malaya juga akrab dengan nasi lemak. 

Jadi, nasi lemak juga menjadi konsumsi sehari-hari di Singapura, Brunei, dan Indonesia, khususnya Riau, Sumatera Barat, dan Sumatera Utara. Nasi lemak mulanya diolah untuk bekal petani yang pergi ke sawah, pekerja penoreh karet, atau pekerja kebun sawit.

Proses akulturasi di daerah yang berlainan menyebabkan bermacam-macam lauk pelengkap kedua hidangan ini memiliki perbedaan.

Sementara nasi uduk yang identik dengan makanan khas Betawi menggunakan lauk jengkol, semur tahu, dan tempe goreng serta empal.

Sedangkan nasi lemak biasa digandengkan dengan lauk rendang dan sambal. Kedua hidangan ini sama-sama disajikan ketika waktu sarapan. Terlepas dari persamaan dan perbedaan nasi lemak dan nasi uduk, dua-duanya merupakan kuliner khas yang menggambarkan kekayaan budaya bangsa. []


Baca juga


Berita terkait
Resep Nasi Goreng Spesial Ala Restoran Bikin Ketagihan
Nasi goreng ala restoran dapat Anda buat di rumah saat akhir pekan bersama keluarga selaian cara membuatnya yang mudah harganya pun terjangkau.
Rujak Juhi Khas Betawi yang Terinspirasi Kuliner Tiongkok
Beragam rujak di Tanah Air, salah satunya rujak juhi. Makanan ini khas Betawi terinspirasi kuliner Tiongkok. Berikut resep dan cara membuatnya.
7 Jam Mengaduk di Tungku Panas demi Dodol Betawi Nikmat
Dodol Betawi dikenal dengan rasanya yang manis. Namun ternyata tak mudah untuk membuatnya. Pembuat dodol harus mengaduk 7 jam di depan tungku.
0
Video Jokowi 'Menghadap' Megawati Sangat Tidak Elok Dipertontonkan
Tontonan video Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) yang sedang bertemu dengan Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarno Putri, sangat tidak elok.