Tips Memasak Ketan Supaya Pulen dan Legit

Ketan merupakan makanan yang populer di Indonesia. Beras dapat diolah menjadi berbagai varian makanan. Supaya semakin nikmat, ketan harus pulen.
Ketan. (Foto: Tagar/Pixabay)

Jakarta - Ketan merupakan makanan yang populer di Indonesia. Beras dapat diolah menjadi berbagai varian makanan. Agar ketan enak untuk dikonsumsi, maka teksturnya harus pulen. Nah berikut ini tips supaya ketan jadi pulen. Ada dua cara, silakan dipilih, ya!


Dengan Menggunakan Kukusan

Ini adalah cara memasak ketan paling lazim dan sudah ada semenjak dahulu kala. Setelah dibersihkan dan direndam selama beberapa jam, kukus beras ketan selama kurang lebih lima belas menit.

Sambil menunggu, panaskan panci/wajan berisi air santan, garam, dan daun pandan. Keluarkan ketan dari dandang/kukusan lalu masukkan ke dalam panci/wajan tadi. Aduk dan masak beras ketan sampai rebusan santan jadi surut.

Setelah itu, kukus kembali ketan selama lima belas menit atau sampai benar-benar matang.


Dengan Menggunakan Rice Cooker

Memasak beras ketan dengan menggunakan rice cooker memang sangat praktis bahkan hampir sama seperti saat anda akan memasak nasi.

Anda hanya perlu mencuci beras ketan sampai bersih dan masukkan ke dalam panci rice cooker. Tambahkan garam, santan, dan daun pandan, aduk hingga rata lalu tekan tombol cook. Tinggal tunggu sampai matang. Mudah dan cepat, bukan?

Di sisi lain, kualitas rice cooker juga mempengaruhi hasil dari ketan yang anda buat, lho. Kalau anda menggunakan rice cooker yang anti lengket dan bebas PFOA, ketan yang dihasilkan akan lebih pulen dan empuk. Ketan yang menempel pada sisi-sisi panci juga tidak akan kering lagi.

Berita terkait
Cobain Resep Es Teh Cincau Ini
Es Teh adalah minuman populer di Indonesia. Minuman ini mudah murah dan mudah didapat. Agar tak membosankan, es teh bisadikresikan dengan cincau.
Resep Es Teh Yakult
Es teh Yakult merupakan kreasi minuman yang nikmat. Sangat cocok menjadi minuman pelepas dahaga dengan rasa yang tidak membosankan.
Resep Es Teh A La Sosro
Teh sosro menjadi idaman pelepas dahaga karena rasa yang khas. Kita dapat membuat rasa teh yang mirip dengan bahan-bahan yang mudah.
0
KSP: Masyarakat Harus Paham Pandemi Persoalan Bersama
Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden (KSP) Ade Irfan Pulungan mengatakan masyarakat harus memahami bahwa pandemi ini adalah persoalan bersama.