UNTUK INDONESIA
Manfaat Sarapan Sehat Bagi Tubuh
Menu sarapan sehat penting bagi semua usia. Sarapan yang disarankan memiliki unsur yang dibutuhkan tubuh agar tetap prima dalam beraktivitas.
Kampanye ‘Gerakan Nasional Sarapan Sehat Setiap Hari’ di Alun-alun Selatan Yogyakarta pada Minggu 16 Februari 2020 pagi.(Foto: Tagar/hidayat)

Yogyakarta – Menu sarapan sehat tidak bisa disepelekan, baik bagi anak-anak, remaja, maupun mereka yang sudah dewasa. Disarankan memenuhi unsur yang dibutuhkan tubuh supaya bisa tetap menjaga stamina dalam beraktivitas.

Perwakilan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Raissa E. Djuanda mengatakan orang tua harus mendukung tumbuh kembang anak melalui sarapan sehat. “Anak yang sarapan konsentrasi belajarnya tinggi di sekolah dan meningkatkan mood selama seharian,” katanya saat ditemui di Alun-alun Selatan Yogyakarta pada Minggu, 16 Februari 2020.

Raissa mengatakan anak yang tidak melakukan sarapan akan cenderung lamban dalam beraktivitas dan memiliki tingkat konsentrasi yang rendah. Ia mengungkapkan otak menggunakan metabolisme glukosa untuk dapat berfungsi dengan baik.

Untuk menjaga kadar metabolisme yang baik pada otak anak, asupan konstan dari glukosa tentunya sangat dibutuhkan. “Karena itu mengonsumsi sarapan bernutrisi setiap hari sangat penting untuk memberikan energi yang cukup di pagi hari agar kinerja otak bisa maksimal,” katanya.

Raissa juga mengungkapkan saat ini banyak orang dewasa yang sering menomor duakan sarapan karena berbagai alasan seperti sibuk, malas, tidak sempat sarapan hingga menu sarapan yang membosankan.

Anak yang sarapan konsentrasi belajarnya tinggi di sekolah dan meningkatkan mood selama seharian.

“Orang dewasa yang secara teratur sarapan sehat setiap pagi, lebih mungkin mengonsumsi cukup vitamin dan mineral, mengontrol berat badan, dan hanya sedikit makan lemak dan kolesterol,” ucapnya.

Sementara Ketua Umum PERGIZI Pangan Indonesia, Hardinsyah menambahkan sarapan yang baik juga tidak hanya asal kenyang. Namun harus dengan menu sarapan bergizi. “Menu sarapan bergizi adalah yang mengandung karbohidrat, lemak, protein, vitamin, mineral dan air. Semua gizi ini harus terpenuhi dan ada saat sarapan,” katanya.

Sementara Senior Brand Manager Energen, Cynthia Ruslan mengungkapkan untuk menekankan budaya sarapan sehat ini pihaknya menggelar kampanye bertajuk Gerakan Nasional Sarapan Sehat Setiap Hari.

“Sarapan sehat bernutrisi lengkap secara rutin sangat penting bagi tubuh sebagai sumber energi untuk mengawali hari yang penuh dengan semangat dan konsentrasi. Melalui kampanye ini kami mengajak keluarga Indonesia untuk menerapkan kebiasaan sarapan sehat setiap hari dengan segelas Energen yang bernutrisi lengkap,” ucapnya.

Kampanye ini digelar di 15 kota di seluruh Indonesia, termasuk di Yogyakarta pada Minggu, 16 Februari 2020. “15 kota yang kami pilih, dimulai dari Yogyakarta dan nanti akan ditutup di Aceh,” paparnya.

Baca Juga:

Berita terkait
Lima Makanan yang Harus Dihindari Saat Sarapan
Sarapan memang sangat penting dilakukan sebelum memulai aktivitas sehari-sehari.
Enam Menu Sarapan Khas Makassar
Sarapan membantu tubuh bugar dalam menjalani hari-hari, warga Makassar memiliki beragam menu makanan yang dapat dipilih.
Lima Menu Sarapan Pagi yang Menggugah Selera
Sarapan pagi dibutuhkan untuk mengisi energi tubuh agar lebih prima untuk beraktivitas sebelum bekerja. Terdapat lima makanan lezat khas Indonesia.
0
Aksi Barbar Debt Collector di Kantor Grab Yogyakarta
Sebelum bentrok, puluhan DC datang ke kantor Grab Yogyakarta penuh emosi. Mereka mengamuk dan memukul staf.