UNTUK INDONESIA
Enam Menu Sarapan Khas Makassar
Sarapan membantu tubuh bugar dalam menjalani hari-hari, warga Makassar memiliki beragam menu makanan yang dapat dipilih.
Nasi Kuning. (Foto: Tagar/Aan Febriansyah)

Makassar - Sarapan membantu tubuh bugar dalam menjalani hari-hari, warga Makassar memiliki beragam menu makanan yang cocok sebelum beraktifitas di pagi hari.

Menu sarapan di Kota Daeng, nama lain Makassar, sangat beragam mulai dari yang ringan hingga menu sarapan yang berat. Berikut beberapa menu sarapan yang biasa dikonsumsi.

1. Nasi Kuning

Nasi KuningNasi Kuning. (Foto: Tagar/Aan Febriansyah)

Nasi kuning adalah salah satu menu sarapan yang menjadi primadona bagi kalangan di Makassar. Meski terbilang berat untuk sebagian orang karena memiliki bahan dasar nasi ditambah dengan lauk yang juga cukup beragam.

Dalam satu porsi nasi kuning, lauk yang ditawarkan cukup komplet seperti telur pindang, paru goreng, sayur labu, sayur nangka, abon, kentang, kerupuk hingga sambal yang cukup pedas.

Bahkan, menu sarapan nasi kuning di Makassar juga menjadi salah satu fovorit oleh mantan presiden RI keenam, Susilo Bambang Yudhoyono. SBY saat berada di Makassar biasanya memesan nasi kuning yang terletak di Jalan Riburane.

2. Songkolo

SongkoloSongkolo. (Foto: Tagar/Aan Febriansyah)

Berbeda dengan nasi kuning, songkolo, sokko atau nasi ketan (putih/hitam) umumnya hanya disajikan bersama serundeng dan teri kacang. Walaupun sederhana, songkolo begitu memikat dengan tambahan sambal tumisnya yang sangat menggoda.

Songkolo biasanya terbungkus daun pisang, daun pisang inilah yang menambah cita rasa khas pada songkolo. Namun songkolo tidak hanya sering dijadikan sarapan, juga dijadikan teman begadang.

3. Hidangan Coto

Hidangan CotoHidangan Coto. (Foto: Tagar/Aan Febriansyah)

Meski makanan ini sangat berlemak, namun sebagian warga di Makassar juga menjadikan hidangan Coto Makassar sebagai menu sarapan, dan ini sangat lumrah dilakukan oleh beberapa kalangan. 

Coto termasuk kuliner terpopuler di Makassar, terbuat dari daging dan jeroan sapi yang direbus dengan bumbu racikan khusus.

Bahkan di wilayah utara Makassar, banyak warung coto yang hanya buka dari pukul 07.00 pagi hingga 11.00 siang.

4. Pallubasa

PallubasaPallubasa. (Foto: Tagar/Aan Febriansyah)

Sepintas, makanan ini persis belaka dengan coto. Sama-sama terbuat dari jeroan dan daging sapi atau kerbau. Namun terdapat perbedaan mencolok pada bumbu dan rempahnya. 

Coto, misalnya, berbahan dasar kacang tanah goreng yang dihaluskan dan direbus bersama daging. Sedangkan pallubasa menggunakan kelapa parut yang disangrai sehingga mengeluarkan wangi khas.

5. Bassang

BassangBassang. (Foto: Tagar/Aan Febriansyah)

Bassang adalah bubur jagung, jagung yang sudah direndam dan sisihkan kulitnya dimasak dengan santan. Kuah bassang yang dari santan membuat kuliner yang satu ini memiliki rasa yang gurih dan nikmat dengan sedikit rasa manis.

Manis dari bassang bukanlah berasalah dari gula, melainkan dari jagungnya. Dan jika menginginkan rasa yang lebih manis, tentu saja tak ada salahnya menambahkan sedikit gula. 

Tak hanya gula pasir, sekarang bubur jagung bassang ini juga mempunyai opsi topper yang beragam, coklat bubuk dan keju misalnya.

6. Buroncong

BuroncongBuroncong. (Foto: Tagar/Aan Febriansyah)

Kue ini biasanya dijajakan dengan gerobak keliling di pagi hari. Terbuat dari tepung terigu yang dicampur dengan parutan kepala muda dan santan. 

Paling nikmat disajikan saat masih hangat. Ada lelucon yang menyebut buroncong sebagai kue terberat di dunia, karena saat diangkat dari pemanggang mesti menggunakan alat cungkil yang menyerupai galah atau gancu.

Saat berkunjung ke Makassar, jangan lupa untuk mencicipi salah satu menu sarapan yang menjadi fovorit warga Makassar ini. Kira-kira kalau kamu mau coba yang mana dulu?

Berita terkait
Lima Menu Sarapan Pagi yang Menggugah Selera
Sarapan pagi dibutuhkan untuk mengisi energi tubuh agar lebih prima untuk beraktivitas sebelum bekerja. Terdapat lima makanan lezat khas Indonesia.
Komposisi Tepat untuk Sarapan, Makan Siang, dan Makan Malam
Komposisi tepat untuk sarapan, makan siang, dan makan malam.
Berbahaya, Hindari Makanan Ini Saat Sarapan
Berikut Tagar News rangkum beberapa makanan yang dihindari saat sarapan.
0
Relawan Sandiaga Uno Bagi Sembako di Makassar
Relawan Indonesia Bersatu Lawan Covid-19 membagikan 450 paket Sembako dan 1.000 masker di Makassar, Sulawesi Selatan.